Ukuran Kartu Nama untuk Kepentingan Bisnis

TahooTech – Jika sobat ingin membangun sebuah bisnis, kartu nama bisa menjadi salah satu media promosi yang cukup bagus.

Sebelum memutuskan memakai yang seperti apa, terlebih dahulu kamu harus punya pengetahuan dulu tentang ukuran kartu nama untuk dipakai berbisnis.

Kenapa pengetahuan tentang ini penting? Karena, kartu nama yang tepat akan bisa menggambarkan dengan tepat pula bisnis seperti apa yang kamu geluti sekarang. Apalagi kartu nama punya berbagai ukuran, ragam, jenis, dan model.

Pastikan kamu memilih ukuran kartu nama untuk dipakai berbisnis yang paling tepat. Informasi di bawah ini mungkin bisa membantu kamu.

Ukuran Kartu Nama untuk Dipakai Berbisnis

Ukuran Kartu Nama
grahamaya.com

Ukuran kartu nama untuk dipakai bisnis bervariasi. Tergantung pada jenis apa yang kamu butuhkan. Berikut informasinya

1. Kartu Nama Ukuran Standar

Idealnya sebuah kartu nama dimensinya sama seperti ukuran SIM, KTP, atau kartu sejenis agar mudah disimpan di dompet atau saku.

Ukuran kartu nama menurut standar ISO 74 x 52 mm atau 7,4 x 5,2 cm. Sedangkan, di Indonesia menerapkan standar sedikit berbeda, yaitu 90 x 55 mm atau 9 x 5,5 cm.

2. Mini Card

Kartu mini ini jauh lebih kecil daripada kartu ukuran standar. Panjang dan lebarnya hanya sekitar 70 x 28 mm atau 7 x 2,8 cm.

Selain bisa digunakan untuk dipertukarkan, kartu ini bisa disematkan ke barang seperti baju atau tas untuk memudahkan orang yang membeli dapat melihat informasi kontak tentang bisnismu.

Baca juga: 6 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android 2020

Jenis Kartu Nama

Ukuran Kartu Nama
eannovate.com

Selain punya ukuran yang bervariasi, kartu nama juga punya beberapa jenis seperti yang tercantum di informasi berikut.

1. Kartu Satu Sisi

Benda ini hanya memuat informasi di halaman depan saja. Biasanya digunakan untuk menuliskan nama orang, nama perusahaan/bisnis, nomor telepon, dan alamat kantor.

2. Kartu Dua Sisi

Menggunakan kartu nama bisnis dua sisi adalah ide yang baik ketika kamu membutuhkan lebih banyak ruang untuk promosi. Kartu nama dua sisi bisa memberikan penawaran khusus atau info tambahan tentang perusahaan atau produkmu yang bisa dituliskan di halaman belakang kartu.

3. Kartu Bisnis Lipat

Barang ini bukan cuma bisa digunakan sebagai kartu nama saja, namun bisa juga sebagai alternatif brosur mini atau kartu ucapan.

Model Kartu Nama

Ukuran Kartu Nama
pinterest.com

Berita baiknya, selain punya variasi jenis serta ukuran, kartu nama juga memiliki beberapa model yang bisa menambah daftar keunggulannya.

1. Bundar atau Persegi

Kartu nama ternyata tidak hanya melulu persegi panjang saja. Bagi kamu yang ingin punya kartu nama sedikit berbeda, bisa saja memesan kartu nama berbentuk bundar. Selain unik, model ini juga mempermudah kamu untuk menyimpan kartu di dalam saku atau dompet.

2. Potret atau Lanskap

Format kartu nama lanskap mungkin lebih populer dipakai di Indonesia. Misalnya untuk bank, perusahaan, agen penjualan, atau firma hukum.

Sedangkan yang model potret lebih menunjukkan bisnis di kalangan startup teknologi, perusahaan desain, atau sektor kreatif lainnya.

3. Klasik atau Modern

Kartu dengan tampilan klasik mungkin sangat disukai oleh pebisnis yang lebih berumur, kaku, disiplin, bekerja di bidang keuangan dan hukum seperti bank atau firma hukum.

Sedangkan desain yang lebih modern cenderung disukai oleh yang lebih muda, berjiwa dinamis, serta bekerja di industri kreatif seperti perusahaan teknologi dan desain.

4. Besar atau kecil

Kartu nama besar menawarkan keuntungan lain. Ini bisa berguna untuk seseorang yang perlu banyak melakukan promosi, misalnya seorang pengusaha dengan beberapa proyek yang sedang berjalan atau seseorang yang menawarkan berbagai layanan profesional.

Artis, fotografer dan desainer mungkin memilih kartu besar karena mereka ingin ruang ekstra untuk memamerkan karya visual mereka untuk mendapat keuntungan sebaik mungkin.

Sedangkan, kartu nama mini lebih ringan dan lebih portabel sehingga mudah disematkan jika ingin menaruhnya di pakaian, tas, atau benda lain sebagai sarana informasi sekaligus promosi. Benda ini tidak akan nampak terlalu mencolok dan mengganggu penglihatan.

5. Tebal atau tipis

Ketebalan sebuah kartu nama ditentukan oleh pemesannya yaitu kamu. Tentu saja ini juga tergantung dari banyaknya budget yang kamu sediakan untuk memesan kartu nama.

Kartu nama yang tebal pastilah lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Hanya saja harganya pasti lebih mahal karena menggunakan kertas yang lebih berkualitas.

Sebaliknya kartu nama yang tipis, cenderung lebih murah. Namun, di sisi lain tidak menawarkan ketahanan jangka panjang untuk digunakan.

Cara Membuat Kartu Bisnis Sendiri

Ukuran Kartu Nama
juragankreatif.com

Untuk kamu pemilik bisnis atau perancang grafis yang ingin membuat kartu nama bisnis yang menarik, ada baiknya kamu tahu dari mana harus memulai.

Sangat mudah untuk membuat kartu nama yang terlihat profesional menggunakan aplikasi atau program apa pun yang kamu miliki di komputer atau smartphone.

Kamu dapat menggunakan Microsoft Word atau PowerPoint serta program grafik tradisional seperti Adobe Photoshop dan Illustrator. Bisa juga mengunduh program khusus untuk desain seperti Corel Draw.

Apabila kamu tidak punya kemampuan mengoperasikan beberapa program di atas atau merasa terlalu ribet menggunakan komputer, kamu bisa belajar memakai aplikasi Canva yang dapay digunakan di telepon genggam

Untuk ukuran dapat kamu sesuaikan dengan keperluan dan informasi sebanyak apa yang ingin dicantumkan ke kartu tersebut.

Saat membuat file desain kartu bisnismu di komputer, bisa menggunakan beberapa tips, seperti jadikan ukuran halaman dokumen sama dengan ukuran kartu atau lebar 3,75 inchi x 2,25 inchi untuk tinggi.

Jika kamu mendesain kartu vertikal dengan ukuran panjang ke atas, cukup ganti lebar dan tinggi halaman sehingga kamu tidak perlu memutar kartu untuk melihat desain seperti yang kamu inginkan.

Dalam sistem metrik, ukuran kartu nama standar adalah 8,9 x 5,1 cm (sentimeter) atau 88,9 x 50,8 mm (milimeter).

Karena teknik ‘memotong’ dokumen perlu hati-hati, ada baiknya menyimpan semua informasi teks dan logomu yang berharga di dalam zona aman desain. Zona ini adalah 1/8 inci di sekitar tepi kartu.

Pastikan teks berada dalam area 3,25 x 1,75 inci dari kartu. Kamu pasti tidak ingin digit terakhir nomor teleponmu terpangkas.

Mendesain menggunakan frame bisa menjadikan usahamu membuat kartu nama sedikit sulit dan rumit. Batas tipis di luar zona aman yang tebalnya kurang dari 1/8 inci mungkin tidak rata.

Untuk menghindari tampilan “di luar”, jauhkan frame atau garis tipis lainnya dari tepi kartu nama kamu. Ingat untuk selalu berada di dalam zona aman.


Itulah beberapa informasi tentang ukuran kartu nama untuk dipakai berbisnis. Kartu nama tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan banyaknya promosi yang sobat TahooTech inginkan. Entah dari segi ukuran, jenis, atau modelnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like