6 Tahap Pembuatan Software yang Baik

Apakah kalian tahu, bahwa zaman pada saat ini sangatlah berkembang secara cepat. Banyak sekali software yang bahkan saat ini sangat memudahkan masyarakat untuk menggunakannya.

Tapi, apakah kalian tahu bagaimana proses pembuatan software tersebut? Apakah kamu juga tahu gaji seorang programmer itu berapa?

Jika kalian belum mengetahuinya, maka penjelasan berikut ini bisa membantu kalian untuk mengetahui beberapa tahapan atau proses yang pada saat membuat sebuah software.

Langsung saja daripada semakin penasaran, yuk simak penjelasan berikut ini!

Tahapan Pembuatan Software

tahap pembuatan software

Software atau perangkat lunak ini mempunyai beberapa bagian tertentu yang tentunya menjadi perhatian oleh seorang programmer, bagian tersebut diantaranya input, proses. dan juga output.

Software memang memiliki tiga bagian tersebut yang sangat penting dalam pembuatannya. Selain bagian tersebut, terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui dalam pembuatan sebuah software diantaranya:

  • Menganalisis kebutuhan

Sebelum membuat sebuah software, tahap pertama yang harus dilewati terlebih dahulu adalah mengetahui dan menganalisa apa yang dibutuhkan oleh calon pengguna software.

Pada tahap ini kalian bisa melakukan sebuah observasi atau wawancara terhadap calon pengguna.

  • Melakukan perencanaan

Selanjutnya, apabila kalian sudah mengetahui apa kebutuhan dari calon pengguna atau konsumen, maka lakukan penyusunan jadwal yang berkaitan dengan pembuatan software tersebut.

Jadwal ini tentunya juga harus lengkap dengan pembagian tugas atau alur dari software yang akan dibuat nantinya.

  • Pembuatan Desain

Setelah itu, software bisa dialihkan kepada seorang UI/UX, dimana alur yang yang sudah direncanakan akan diubah kedalam bentuk flowchart atau bisa juga dengan bentuk prototipe.

Tujuan dari desain ini adalah agar seseorang yang bertugas sebagai programmer bisa langsung mengimplementasikan kode program tersebut dengan bentuk yang sudah direncanakan.

  • Implementasi

Apabila prototipe tersebut sudah selesai, maka sekarang giliran seorang developer lah yang bekerja. Dimana seorang developer ini bisa langsung untuk membuat kode program yang tentunya disesuaikan dengan prototipe yang sudah dibuat oleh tim UI/UX.

  • Dokumentasi

Apabila proses pembuatan sudah selesai, maka jangan lupa untuk mendokumentasikan agar nantinya kalian bisa menjelaskan kepada konsumen mengenai tahap pengembangan software yang lebih transparan.

  • Testing atau uji coba

Selanjutnya adalah melakukan uji coba serta melakukan pengevaluasian apakah di dalam software masih terdapat kesalahan, baik itu dari segi ketepatan, kegunaan, kinerja dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tahap testing atau uji coba ini juga dibagi menjadi beberapa tahapan yang lain, diantaranya adalah pengujian yang dilakukan terhadap setiap unit bagian software.

Pengujian digunakan untuk mengetahui apakah software bisa berinteraksi dengan baik, dapat menginput sebuah data dengan baik.

Selain itu pengujian yang dilakukan secara keseluruhan, apakah software memang siap untuk dipakai.

  • Maintenance dan Update

Apabila semua proses pembuatan dan pengujian serta peluncuran sudah dilakukan, maka software akan melakukan tahapan yang terakhir, yakni peluncuran

Apabila software tersebut dapat dijalankan dengan baik, maka software bisa diluncurkan kepada pengguna dan terus dilakukan pembaharuan.

Namun, apabila terdapat sebuah kesalahan maka tim harus melakukan perbaikan dan pengujian ulang.


Demikianlah tahapan untuk membuat sebuah software, dimana memang membuat sebuah software dibutuhkan tingkat ketelitian yang sangat tinggi.

Selain itu, tahapan belajar pemrograman juga bisa kamu ketahui dari banyak artikel yang ditulis oleh banyak praktisi.

Semoga artikel ini bisa membantu kalian untuk memahami bagaimana proses pembuatan software tersebut!