Sifat-Sifat Algoritma Lengkap dan Ciri-Cirinya

Algoritma merupakan sebuah susunan yang tersusun secara sistematis yang berguna untuk memecahkan sebuah masalah.

Biasanya algoritma ini akan menghasilkan sebuah output yang singkat. Belajar algoritma bagi programmer merupakan hal yang sangat krusial.

Lalu apakah kalian sudah tahu apa sifat-sifat dari algoritma serta ciri-ciri dari algoritma tersebut? Apabila belum, yuk simak penjelasan dibawah ini!

Sifat-Sifat Algoritma

sifat algoritma

Algoritma akan menghasilkan sebuah output dengan waktu yang relatif lebih singkat dan tentunya juga tidak memakan memori yang cukup banyak. 

Selain itu, algoritma juga dituntut untuk melalui semua proses pengerjaan yang bisa membuat sebuah hasil yang baik.

Algoritma juga mempunyai beberapa sifat yang harus diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

  • Algoritma tidak menggunakan simbol tertentu

Ternyata algoritma mempunyai sifat yakni tidak menggunakan sebuah simbol yang berasal dari bahasa pemrograman tertentu loh. Maka dari itulah algoritma bisa kita kombinasikan dengan berbagai macam bahasa pemrograman. 

Hal ini juga tentunya akan mempermudah seorang pengembang program, karena mereka tidak perlu untuk belajar kembali mengenai bahasa pemrograman. 

  • Bersifat umum

Hal yang perlu kalian ketahui adalah algoritma mempunyai sifat yang umum, maksudnya disini adalah sebuah algoritma tidak akan bergantung dalam satu bahasa pemrograman tertentu.

Maka dari itulah bisa dibilang bahwa dengan algoritma kita bisa menyelesaikan sebuah masalah dengan cukup mudah. 

  • Bisa dimanfaatkan dalam bahasa pemrograman apa saja

Algoritma tidak terikat dengan satu bahasa pemrograman saja sehingga notasi dari sebuah algoritma ini bisa kita implementasikan ke dalam seluruh bahasa pemrograman.

Hal ini membantu para programmer untuk bisa langsung menyelesaikan masalah tanpa harus belajar bahasa pemrograman yang lainnya.

  • Mempunyai sifat yang logis

Sifat algoritma yang terakhir adalah bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan sebuah masalah dengan cara yang logis.

Bukan hanya permasalahan pada pembuatan software, melainkan juga permasalahan yang sangat sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. 

Ciri-Ciri Algoritma

ciri algoritma

Pada penjelasan diatas kita sudah mengetahui bukan apa saja sifat-sifat yang ada dari algoritma ini. Tentunya tidak enak bukan apabila kita tidak membahas ciri-ciri dari algoritma.

Sebenarnya ada beberapa hal yang harus kalian ketahui bahwa ternyata tidak semua masalah yang logis itu disebut sebagai algoritma loh, lalu apa saja ciri penting dari sebuah algoritma?

  • Keterbatasan

Algoritma tidak bisa berjalan secara terus menerus, melainkan sebuah akhir juga harus mempunyai akhir dalam menyelesaikan sebuah proses. 

Hal ini dikarenakan agar masalah yang dikerjakan oleh algoritma ini bisa berakhir dan tidak terus berjalan. Meskipun memang bisa dikatakan bahwa proses atau keterbatasan pengerjaan bisa memakan waktu yang cukup lama.

  • Kepastian

Sebuah algoritma seharusnya mempunyai langkah yang sudah pasti, hal ini bertujuan agar para pembaca bisa dengan mudah memahami setiap alur atau langkah yang dikerjakan oleh sebuah algoritma.

  • Input

Apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan input? Jadi, input merupakan sebuah masukan yang diberikan pada algoritma sebelum dijalankan, dimana biasanya algoritma hanya mempunyai nol atau lebih sebuah data masukan.

  • Output

Tentunya apabila ada input pasti dilengkapi dengan output, dimana output adalah solusi dari sebuah masalah yang dilengkapi dengan sebuah penyelesaian menggunakan sebuah algoritma.

  • Efektivitas

Ciri yang terakhir adalah efektivitas, yakni pengerjaan dari sebuah algoritma usahakan agar sesuai dengan rentan waktu yang memang sudah ditentukan.


Demikianlah penjelasan secara singkat mengenai sifat-sifat algoritma yang dilengkapi dengan ciri-cirinya.

Semoga pembahasan ini bisa pembaca cerna dengan baik dan tentunya semoga juga bisa menambah wawasan dari para pembaca sekalian.