Samsung Rilis Ponsel Pintar 5G Berteknologi Kuantum

TahooTech – Samsung, selaku raksasa teknologi di negeri ginseng Korea Selatan bersama perusahaan telekomunikasi SK Telecom merilis ponsel Quantum.

Seperti umum diketahui, hingga sekarang satu unit komputer Quantum sangat jarang dan berharga mahal. Pada saat bersamaan berkat fenomena fisika perangkat ini mampu menciptakan partikel di banyak negara. Selain itu, komputer ini juga memiliki sistem keamanan yang hampir mustahil ditembus karena angka acak yang dihasilkan.

Kedua perusahaan besar tersebut mengembangkan suatu generator nomor acak kuantum lalu memasukkan ke dalam sebuah ponsel pintar. Ponsel tersebut bernama Samsung Galaxy A Quantum dengan perangkat Galaxy A71 5G yang kemudian diubah penamaannya sebab adanya chipset kuantum tersebut.

Pihak SK Telecom mengatakan bahwa chipset tersebut akan membantu pengguna ponsel pintar dalam penggunaan suatu layanan. Generator itu akan menghasilkan angka acak murni yang tentu sudah ditebak dan bahkan tak berpola.

Ukuran chip kuantum tersebut hanya berukuran 2,5×2,5mm saja yang mana LED sebagai sumber cahaya penghasil foton.

Menurut hukum fisika, jumlah foton yang terdeteksi oleh sensor CMOS tak dapat diprediksi dalam area dan waktu tertentu. Oleh sebab itu, maka generator nomor acak diperlukan.

Samsung Quantum via www.idquantique.com

Bukan hanya gimmick semata, Samsung Galaxy A Quantum akan mendukung beberapa layanan dengan keamanan kuantum ini. Salah satunya yakni, untuk pembayaran seluler dan juga identifikasi pengguna.

Di masa mendatang, SK Telecom merencanakan perluasan ekosistem ini agar tercipta keamanan kuantum yang mampu diterapkan di banyak layanan di seluruh dunia.

Hingga saat ini, Samsung Galaxy A Quantum hanya tersedia secara pre-order di Korea Selatan tertanggal 15 Mei sampai 21 Mei, yang mana penjualan resmi akan diadakan pada tanggal 22 Mei. Harga ponsel kuantum ini adalah senilai 649.000 won atau setara 7,9 juta rupiah.

Namun sangat disayangkan, informasi detail mengenai peluncuran secara global masih tidak diketahui. Walaupun begitu, ponsel Galaxy A Quantum ini menjadi satu langkah nyata dalam sejarah manusia melahirkan teknologi komputasi kuantum ke tangan para konsumen. (AZK/THT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like