19 Rumus Excel Dasar Lengkap yang Wajib Kalian Hafal

TahooTech – Bagi sobat Tahoetech pernah kesulitan dalam membuat penginputan data. Biasanya data yang Anda urutkan sangat beragam dan terkadang membuat Anda bingung.

Untuk memudahkan kita mengurutkan data biasanya menggunakan Microsoft excel. Excel sangat berguna untuk menginput suatu data Anda yang kini sedang melakukan tugas kerjaan ataupun sekolah.

Terkadang kita bingung untuk menggunakan Excel karena rumus yang sangat banyak dan membingungkan.

Untuk itu kini banyak rumus Excel yang sangat mudah untuk Anda dapatkan. Bahkan kini rumus Excel sudah bisa dibuat di smartphone ataupun di PC.

Rumus Excel Lengkap

Dengan memanfaatkan rumus Excel, maka penyelesaian pekerjaan Anda akan semakin mudah. Untuk itu, dari banyaknya rumus yang disediakan oleh Excel, berikut beberapa rumus yang paling sering digunakan dan populer yang wajib Anda hafalkan.

Untuk lebih jelas mengenai praktek rumus Excel di atas, simaklah penjelasannya berikut ini dan disertai dengan contoh prakteknya.

1. Rumus SUM

Rumus Excel Dasar

Fungsi utama rumus Excel SUM adalah untuk mencari penjumlahan atau menjumlahkan, rumus SUM ini sering kali digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat. Selain itu fungsi SUM juga dapat menambahkan data per cell, data dalam satu range, maupun data dalam beberapa range sekaligus. Cara menggunakannya, langkah pertama, buatlah tabel penjumlahan dan masukkan rumus SUM berikut ini. Setelah itu, jika sudah dimasukkan rumus SUM tersebut kemudian tekan enter dan Anda akan mengetahui jumlahnya.

Baca juga: Cara Membuat Daftar Isi di Microsoft Word [ Trik Mudah ]

2. Rumus AVERAGE

Rumus Excel Dasar

AVERAGE merupakan rumus excel yang memiliki fungsi untuk mencari nilai rata – rata suatu variabel. Cara penggunaan rumus AVERAGE yaitu yang pertama, Buatlah suatu tabel untuk nilai – nilai siswa dan setelah itu masukkan rumus AVERAGE untuk mengetahui nilai rata – rata siswa. Misalnya =AVERAGE(A1:A3): Jika sudah dimasukkan rumus AVERAGE tersebut kemudian tekan enter dan anda akan mengetahui hasilnya.

3. Rumus AND

Rumus Excel Dasar

Fungsi rumus excel AND yaitu untuk menghasilkan nilai TRUE jika semua argumen yang diuji tersebut bernilai BENAR dan FALSE jika semua atau salah satu argumen bernilai SALAH. Untuk menggunakan fungsi rumus ini, langkah pertama Anda harus membuat tabel dan masukkan rumus AND untuk mengetahui TRUE atau FALSE. Misalnya =AND(A1>A3), atau seperti gambar di atas Kemudian, jika rumus AND tersebut sudah dimasukkan kemudian tekan enter dan akan diketahui hasilnya TRUE atau FALSE

4. Rumus NOT

Rumus Excel Dasar

Rumus excel NOT memiliki fungsi utama yang justru kebalikan dari rumus AND, yaitu menghasilkan TRUE jika kondisi yang diuji SALAH dan FALSE jika yang diuji BENAR. Dalam memanfaatkan rumus ini, langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu buatlah tabel dan masukkan rumus NOT untuk mengetahui hasilnya. Misalnya =NOT(A1<a3) seperti=”” gambar=”” di=”” atas.=”” langkah=”” kedua,=”” jika=”” rumus=”” not=”” tersebut=”” sudah=”” dimasukkan=”” kemudian=”” tekan=”” enter=”” dan=”” akan=”” diketahui=”” hasilnya.=”” <h3=””>5. Rumus OR
Rumus Excel Dasar

Fungsi rumus Excel OR ini akan menghasilkan TRUE jika beberapa argumen bernilai BENAR dan FALSE jika semua argumen SALAH. Berikut adalah contoh penulisan rumus fungsi OR yang benar. Hasil dari penghitungan rumus di atas bisa Anda lihat pada gambar di atas.

6. Rumus SINGLE IF

Fungsi IF akan mengembalikan sebuah nilai jika kondisi yang dicek BENAR/SALAH dan mengembalikan sebuah nilai lainnya jika kondisi yang dicek SALAH/FALSE. Fungsi IF adalah salah satu rumus excel yang paling sering digunakan. Pada gambar di atas Anda dapat melihat contoh dari penulisan rumus SINGLE IF. Dari perhitungan rumus di atas.

7. Rumus MULTI IF

Rumus Excel Dasar

Fungsi ini hampir sama dengan fungsi SINGLE IF, akan tetapi dambil dari dua kondisi atau bisa ditumpuk beberapa perintah. Gambar di atas merupakan contoh penulisan Rumus Multi IF.

8. Rumus AREAS

Rumus Excel Dasar

Fungsi rumus AREAS adalah menampilkan jumlah area (range atau sel) dalam suatu referensi (alamat sel atau range yang di sebutkan). Contohnya bisa dilihat melalui gambar di atas:

9. Rumus CHOOSE

Rumus Excel Dasar

Rumus excel CHOOSE memiliki fungsi utama yaitu menampilkan hasil pilihan berdasarkan nomor indeks atau urutan pada suatu referensi (VALUE) yang berisi data teks, numeric, formula atau nama range. Pada gambar di atas Anda dapat melihat contoh penulisan rumus CHOOSE.

Baca juga: Cara Aktivasi Microsoft Office dengan Mudah

10. Rumus HLOOKUP

Rumus Excel Dasar

Rumus HLOOKUP memiliki fungsi untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar atau horizontal. Syaratnya penyusunan tabel yaitu data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar/menaik. Misalnya; 1,2,3,4…, atau huruf A-Z. Jika sebelumnya mengetikkan secara acak silakan diurut melalui menu Ascending.

11. Rumus VLOOKUP

Rumus Excel Dasar

Fungsi utama dari rumus VLOOKUP hampir sama dengan HLOOKUP bedanya adalah rumus VLOOKUP menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak atau vertikal. Syaratnya Anda harus menyusun tabel data, pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar atau menaik. Misalnya: 1,2,3,4… atau huruf A-Z. Jika anda sebelumnya mengetik secara acak silakan urutkan melalui menu Ascending. Rumus VLookUp yaitu vlokup(lookup_value,lookup_array,[match_type])

12. Rumus MATCH

Rumus MATCH berfungsi untuk menampilkan posisi suatu alamat sel yang ditetapkan sebelumnya yang terdapat dalam sekelompok data. Rumus Match yaitu match(lookup_value,lookup_array,[match_type])

13. Rumus COUNT IF

Fungsi dari rumus COUNT IF adalah untuk menghitung jumlah cell dalam suatu range dengan kriteria tertentu. Rumus yang biasa digunakan yaitu =COUNTIF(range;kriteria).

14. Rumus COUNTA

Rumus Excel Dasar

Selain itu ada rumus COUNTA yang berfungsi untuk menjumlah cell yang terisi. Misalnya, dalam sebuah tabel terdapat 12 kolom dan kita ingin mengetahui berapa kolom atau cell yang sudah terisi.

15. Rumus PROPER

Rumus Excel Dasar

Terakhir, terdapat rumus PROPER yang berfungsi untuk mengubah karakter pertama semua kata menjadi huruf kapital dan sisanya huruf kecil. Untuk meggunakannya, Anda hanya perlu menuliskan perintah PROPER (text). Maka, huruf pertama disemua teks menjadi huruf kapital.

Baca juga: Cara Membuat Footnote di Word + Trik Shortcut

16. Rumus DAY

Selanjutnya terdapat rumus DAY yang berfungsi untuk digunakan dalam mencari hari (dalam angka 1-31) dari data type DATE. Contohnya fungsi DAY (kolom B). Data type DATE dikolom A akan diekstrak dan menghasilkan angka 1-31

17. Rumus DATE

Rumus excel DATE memiliki fungsi untuk mendapatkan type data DATE dengan memasukan angka tahun, bulan dan hari. Fungsi DATE kebalikan dari fungsi DAY, MONTH, dan YEAR yang melakukan ekstraksi bulan dan tahun dari data type DATE. Contoh fungsi DATE (kolom D) data year, month dan day dalam bentuk angka digabungkan dengan fungsi DATE menghasilkan data dengan type DATE.

18. Rumus LOWER

Rumus Excel Dasar

Perlu anda ketahui, bahwa kemampuan utama Microsoft Excel ada pada pengolahan data dengan memanfaatkan formula atau fungsi. Ada banyak jenis data yang dapat diolah, salah satunya adalah string atau teks. Microsoft Excel mempunyai beberapa fungsi yang masuk kategori fungsi-fungsi string.

Salah satu fungsi yang masuk kategori fungsi-fungsi string dan cukup sering digunakan di Microsoft Excel adalah LOWER. Fungsi LOWER digunakan untuk mengkonversi text (teks) atau string menjadi huruf kecil. Fungsi LOWER akan mengembalikan (return) teks atau string yang telah dirubah ke huruf kecil semua. Berikut ini adalah sintaksis penulisan fungsi LOWER di Microsoft Excel:

Di excel, Anda dapat memberi argumen text berupa alamat sel (cell address) yang berisi teks atau string yang akan dikonversi ke huruf kecil atau menuliskan teks atau string tersebut langsung dengan diapit tanda petik dua (“). Rumus Lower yaitu lower(text)

19. Rumus UPPER

Rumus Excel Dasar

Selain fungsi lower pada Microsoft Excel ada rumus UPPER juga lho! Fungsi dari rumus UPPER digunakan untuk mengubah semuah text yang berisikan huruf kecil menjadi huruf besar semuah kebalikan dari fungsi LOWER. Contohnya, Anda bisa mengetikkan perintah UPPER(text) maka tulisanmu akan menjadi huruf kapital semua. Contoh Penerapan Rumus Upper =upper(“tahootech”)

Fungsi PROPER adalah rumus terakhir yang dibahas pada artikel ini. Masih banyak lagi rumus excel lainnya yang bisa digunakan, namun untuk rumus yang telah tertulis di atas adalah rangkuman dari rumus-rumus yang paling sering digunakan, khususnya bagi Anda yang masih dibangku pendidikan atau yang sudah bekerja.

Cara Membuat Formula Pada Microsoft Excel

Untuk memasukkan formula Excel anda dapat memasukkan langsung di sel maupun formula bar Microsoft Excel.

  1. Klik Sel yang akan dimuat formula Excel
  2. Tekan tanda “=” untuk mendefinisikan suatu ekspresi formula Excel
  3. Anda dapat memasukkan alamat sel secara manual atau klik sel yang akan dilakukan operasi hitung atau rumus excel
  4. Teken Enter untuk menghitung
  5. Anda dapat melakukan autofill jika sel yang anda hitung berada dalam suatu range

Cara Membuat Angka Acak Tanpa Duplikat

Untuk tidak membuat angka yang berulang maka Anda tahoetech perlu menerapkan beberapa cara yang bisa Anda lakukan supaya tidak duplikat. Untuk itu berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda coba :

  1. Buatlah 10 angka random dengan fungsi RAND, jika hanya butuh sekali pakai konversi angka random yang dihasilkan oleh fungsi Rand ini menjadi angka dengan cara copy paste as value ditempat.
  2. Pada kolom sebelahnya gunakan rumus perangkingan dengan fungsi RANK excel untuk membuat nilai rangking dari angka acak yang dihasilkan tadi.
  3. Selesai. Sekarang tentunya anda sudah berhasil membuat angka acak 1-10 yang unik dan tidak berulang.

Rumus Angka Acak Tidak Berulang

Bila Anda tahoetceh ingin angka acak tidak berulang antara 20 hingga 50 maka Anda perlu menggunakan rumus angka menggunakan Rand. maka caranya adalah:

  1. Buatlah angka random dengan fungsi RAND sebanyak selisih rentang yang dikehendaki, dalam contoh ini selsihnya adalah (30-20 = 10)
  2. Berikutnya gunakan fungsi RANK dan tambah hasilnya dengan nilai minimal dari rantang angka yang diinginkan. Pada contoh ini nilai minimal yang dimaksud adalah 20.

Demikian beberapa penjelasan mengenai rumus Excel beserta manfaat menggunakan Microsoft Excel. Dengan nenggunakan rumus Excel ini tentu saja akan memudahkan anda untuk mengerjakan tugas kantor ataupun tugas harian sekolah.

Pada dasarnya rumus Excel mudah dipelajari. Karena rumus Excel hanya dibuat untuk keperluan mengerjakan berbagai pekerjaan yang menggunakan angka yang dapat dibilang mudah digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like