Review Redmi Note 9 Pro – Spesifikasi dan Harga Terbaru

TahooTech – India menjadi tempat pertama kali mendapatkan peluncuran Redmi Note 9 Pro, namun ada perbedaan mendasar dengan yang diluncurkan versi global. Dimana perbedaan terlihat jelas pada bagian kamera, versi India 48MP dan Global 64MP.

Pada bulan Mei 2020 Redmi Note 9 Pro mulai dirilis secara resmi dengan menawarkan banyak sekali fitur unggulan yang dibandrol pada harga 3-4 jutaan.

Mungkin ini akan sedikit menggeser peradaban Redmi Note 8 Pro yang sempat axis di tahun lalu.

Sebagai dasar fundamental, semakin penting bagi Xiaomi untuk membuat produk yang tidak hanya memenuhi daftar market/pasar tetapi mendorong lebih maju pada kualitasnya.

Review Redmi Note 9 Pro

Apakah Redmi Note 9 Pro merupakan perangkat yang lebih baik dari sebelumnya?

Ulasan sederhana ini mungkin akan membantu dalam menentukan adopsi ponsel di tahun ini.

Desain dan Tampilan

Hadir dengan ukuran layar 6.67 inci dengan rasio aspek 20: 9 yang membuat ponsel ini nampak besar.

Bagian layar menggunakan IPS LCD dengan kemampuan yang cukup handal dikelasnya untuk sebuah layar ponsel.

Terdapat kamera yang menggunakan model infinity-O tepat dibagian tengah-atas. Ponsel ini tidak mengemas panel refresh rate yang tinggi.

Sementara manfaat dari panel 90 Hz atau bahkan 120 Hz pada ponsel kelas menengah masih bisa dipertimbangkan.

Dan untuk mengatasi kekurang itu layar tetap mendapatkan proteksi dari Gorilla Glass 5 sehingga akan tetap aman dari benturan.

Pada bagian belakang mengusung elemen desain yang paling khas dan berbeda. Mendapatkan panel proteksi Gorilla Glass 5 sehingga nampak glossy dan cemerlang (bisa buat ngaca).

Kamera di desain dalam bentuk persegi dengan LED flash di bawahnya.

Baca juga: 12 HP dengan Kamera Terbaik Rekomendasi di Tahun 2020

Pada sisi kanan terdapat volume dan sidik jari (side-mounted) yang sekaligus menjadi tombol power.

Di sebelah kiri ada slot gabungan untuk kartu nano-SIM ganda serta kartu microSD untuk ekspansi memori yang lebih besar. Port USB-C di sepanjang tepi bawah serta jack headphone.

Beberapa varian yang bisa dipilih tropical green, interstellar gray, dan glacier white.

Chipset Handal

Tentu saja menghadirkan sebuah chipset yang tangguh di kelas harga 3-4jutaan. Dengan adanya Qualcomm Snapdragon 720G yang merupakan chipset difokuskan pada penggunaan gaming dan foto.

Chipset ini merupakan kombinasi dari dua core Kryo 465 Gold, serta enam core Kryo 465 Silver. Selain itu, ada GPU Adreno 618 yang menangani tugas grafis.

Meskipun merupakan chipset kelas menengah, Snapdragon 720G lebih dari mampu menjalankan aplikasi atau game apa pun yang ingin dimainkan.

Uji coba sudah dilakukan pada game PUBG dengan grafik diubah ke mode maksimal (high grafik) tanpa adanya lag yang terlihat.

Terdapat RAM 6GB yang mampu mengatasi setiap aplikasi yang ingin kalian buka dengan sangat cepat dan mudah tanpa adanya penundaan (jeda start).

Kamera dengan Lensa Gede

Kamera mengusung desain quad dengan masing-masing lensa 64MP untuk kamera utama dengan bukaan f/1.9, kamera kedua 8MP sebagai ultra wide dengan bukaan f/2.2, ketiga dengan kamera 5 sebagai kamera makro yang memiliki bukaan f/2.4, dan terakhir kamera sensor kedalaman 2MP dengan bukaan f/2.4.

Hadirnya kamera ini memberikan hasil bidikan yang sangat alami, pengaturan temperatur warna dan white balance adalah titik yang sangat baik untuk mengambil sebuah gambar. Hasilnya pun terlihat lebih halus ketika sudah tertangkap kamera.

Kamera ini pada dasarnya menggunakan mode pixel-binning ke pengaturan 12MP, ada banyak butiran dan noise yang terlihat ketika menggunakan fitur pixel-peeping, dan ini tidak terpengaruh kondisi pencahayaan.

Dalam kebanyakan kasus, itu bukan masalah yang serius, tetapi nampak jelas ketika memotong frame.

Dukungan video pada kamera 64MP sudah mencangkup resolusi 4K. Sehingga hasilnya nampak lebih bagus dibandingkan versi HD+, ya tentunya akan memakan banyak sekali memori penyimpanan.

Pada kamera depan tersedia lensa 16MP dengan dukungan pengambilan video HD+. Bisa dikatakan sudah cukup istimewah dengan adanya kamera selfie 16MP.

Bisa dikatakan tidak ada masalah serius untuk bagian kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro.

Performa dan Pengalaman Pengguna

Dukungan OS menggunakan Android 10 dengan platform berbasis MIUI 11.

MIUI mengintegrasikan dunia fungsionalitas dan tweak langsung dari panel. Mulai dari bisa mengubah gerakan, menambahkan tema, mengatur wallpaper layar kunci yang berputar, hingga menyertakan manajer file.

Sayangnya, banyaknya aplikasi pihak ketiga yang dimasukkan ke dalam sistem tetap tidak menyenangkan.

Jumlah inklusi aplikasi meningkat dan pada rilis yang terjadi tidak semua ini dapat dihapus.

Jelas ini tidak terlalu buruk mengingat ponsel China memang banyak aplikasi pihak ketiga. Tapi, itu tidak menjadi sebuah masalah yang khusus.

Memang yang jadi masalah ketika ingin menghapus aplikasinya tetapi tidak bisa.

Konektivitas dan Baterai

Konektivitas sudah dilengkapi dengan NFC yang akan membantu dalam melakukan transaksi e-Money.

Dukungan yang lain seperti WLAN, Bluetooth, GPS, dan Infrared juga tersedia dengan versi paling baru.

Tidak tanggung-tanggung untuk bagian baterai dibekali dengan kapasitas yang sangat besar mencapai 5020 mAh dengan fitur fast charging 30W.

Kurang lebih akan membutuhkan waktu 1 jam 30 menit untuk mengisi daya hingga 100%.

Kelebihan dan Kekurangan

Nampak ada pada refresh rate yang ditiadakan, padahal kebutuhan ini sangat diperlukan melihat pasar gadget sekarang berlomba untuk memberikan layanan yang terbaik.

Jika menelisik pada bagian kamera Redmi Note 9 Pro merupakan juara yang memberikan Quad kamera dengan lensa 64MP pada range harga 3 jutaan.

Padahal ponsel lain masih belum mampu untuk memberikan paket seperti itu di dalam ponsel mereka.

Dari sisi chipset sendiri sudah lebih dari cukup dengan adanya Snapdragon 720G yang mampu mengangkat banyak game seperti PUBG mobile, Call of Duty mobile, Free Fire, dan masih banyak yang lainnya.

Adanya dukungan NFC juga termasuk dari kelebihan yang dimilikinya.

Kesimpulan

Tidak banyak yang harus dikatakan pada bagian ini. Selalu memberikan spesifikasi yang tinggi tetapi tetap pada harga yang terjangkau adalah prinsip dari Xiaomi. Secara keseluruhan dengan harga 3 jutaan, mendapatkan ponsel ini merupakan anugerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like