Full Review OPPO A92 – Spesifikasi dan Harga Terbaru

TahooTech – Hadirnya OPPO A92 sepertinya membuat netizen semakin tertarik untuk melirik ponsel ini.

Tak terelakan karena OPPO memang sedang gencar memasarkan HP ini di televisi untuk menargetkan pasar Indonesia.

Memang bukan main karena HP ini dijual dengan harga 4 jutaan di kelas range menengah-keatas yang ditargetkan pada sasaran mahasiswa dan pekerja kantoran.

Mungkin, jika membidik anak sekolahan dengan harga segitu memang terlalu mahal. Bila di jual dengan harga 2 jutaan saja pasti akan banyak netizen yang lebih tertarik lagi.

Akan tetapi semua kembali pada seberapa berharganya ponsel ini untuk dimiliki, layak tidaknya ponsel bergantung pada spesifikasi dan harga.

Review OPPO A92

Lantas, apa yang membuat spesial OPPO A92?

Ulasan lengkap OPPO A92 berikut ini akan memberikan gambaran yang rasional seberapa worth it barang tersebut dikelas range 4 jutaan.

Desain dan Tampilan

Tidak ada perbedaan yang mencolok dengan yang lainnya mengenai desain pada seri A miliki OPPO yang satu ini. A92 tidak  jauh berbeda dengan A72 yang sudah dirilis bulan kemarin untuk pasar tertentu.

Melihat dibagian depan layar menggunakan IPS LCD yang mampu mencapai kecerahan cahaya hingga 480 nits. Ini membuat layar sedikit bisa bersaing dengan AMOLED yang notabene merupakan layar tangguh pada pewarnaan dan kecerahan. Tapi itu bukanlah masalah besar, karena layar IPS LCD sudah cukup bagus untuk perangkat mobile.

Kamera depan tersedia dengan model infinity-O namun terletak pada bagian pojok kiri, jika biasanya model ini digunakan Samsung berada di tengah.

Pada bagian belakang kalian akan melihat 4 buah kamera yang disusun rapi berbentuk segiempat + LED Flashnya.

Tersedia dengan pilihan warna Twilight Black, Aurora Purple, dan Stream White yang bisa menjadi opsi pada bagian karakter kalian.

Dalam segi tampilan rasanya cukup memuaskan. Meskipun tidak ada proteksi yang mengimbanginya pada harga 4 jutaan.

Kamera 48MP OPPO A92

Mengusung 4 kamera dengan spesifikasi 48MP, 8MP, 2MP, 2MP untuk bagian belakang, sedangkan pada bagian depan dibekali dengan kamera berlensa 16MP.

Ketika digunakan mengambil sebuah gambar dengan fokus yang dekat memberikan hasil yang bagus dan mengagumkan. Kerapatan pixel yang dihasilkan sangat rapi dan padat, bahkan ketika gambar di zoom ke mode 3x gambar tetap bagus.

Fitur fokus juga bekerja dengan sangat baik, ketika menentukan titik fokus kamera langsung bekerja dengan sigap dan mengunci sasaran. Dalam penggunaannya kamera 48MP memberikan performa yang handal.

Dalam pengambilan video kamera 48MP mampu menangkap resolusi mencapai 4K.

Tidak berbeda dengan OPPO lainnya, A92 memiliki mode malam yang menggunakan waktu pencahayaan lebih lama untuk menangkap pemotretan malam agar lebih baik. Ada juga mode Pro dengan kontrol yang dikhususkan untuk ISO, kecepatan rana, pencahayaan, dan banyak mode kecantikan seperti ponsel biasanya.

Overall, untuk bagian kamera sangat bagus dan cukup memuaskan.

Chipset

Hadir dengan chipset tangguh Qualcomm Snapdragon 665 yang bekerja pada fabrikasi 11 nm dan digunakan GPU Adreno 610 untuk mengatasi grafis pada saat bermain game.

Tampaknya sedikit tertinggal di belakang oleh Mediatek Helio P70 pada A91 meskipun tolok ukur sintetis tidak selalu menceritakan keseluruhan kualitas.

Pada penggunaan praktis di lapangan, Oppo A92 berjalan dengan cara yang mulus dan menyenangkan. Beberapa tab peramban dibuka tanpa lag yang signifikan dan telepon dapat dengan baik bertukar di antara beberapa aplikasi karena RAM 8GB.

Bekerja dengan sangat baik ketika digunakan untuk permainan seperti Call of Duty Mobile, PUBG dan Asphalt 9 pada pengaturan tinggi tanpa penurunan frame yang signifikan dan gameplay yang relatif mulus meskipun masih ada penundaan beberapa detik ketika membuka aplikasinya.

Pada bagian chipset bisa dikatakan cukup kurang performanya jika melihat dengan bandrol harga yang lumayan besar.

Performa dan Pengalaman Pengguna

Oke, pada user experience ponsel ini membawakan android 10 dengan basik ColorOS 7.1. Untuk sisi penggunaan yang didapatkan adalah sebuah tema default dengan estetika yang cukup memuaskan. Tapi, bila bosan dengan menu yang diberikan, bisa mengganti dengan yang lebih baik sesuai selera.

Sayangnya membuat cukup kecewa pada aplikasi yang terpasang oleh pihak ketiga, pertama yang didapatkan adalah aplikasi tidak penting seperti Agoda, Lazada, webNovel, dan lainnya, yang tentunya akan menyita ruang simpan ponsel tersebut.

Ya, walaupun beberapa juga bisa dihapus, dan memang itu cukup mengganggu ketika ada aplikasi yang tidak penting langsung terpasang pada ponsel kita.

Mungkin akan menghabiskan beberapa waktu untuk mengelola estetika tampilan panel dan icon sehingga menjadi seperti apa yang diinginkan.

Konektivitas dan Baterai

Apa yang paling penting dalam konektivitas pada sebuah ponsel sekarang ini?

Tentunya NFC, sayangnya pada OPPO A92 tidak tersedia fitur tersebut sehingga cukup mengecewakan dengan harga 4 jutaan tapi tidak dapat NFC.

Baterai bisa dibilang cukup lumayan gede karena tersedia kapasitas 5000 mAh dengan dilengkapi fast charging 18W. Entah kenapa tidak menggunakan VOOC 3.0 yang diklaim akan mempercepat pengisian daya baterai.

Kekurangan dan Kelebihan

Kekurangan bisa terlihat pada bagian chipset yang terlampau jauh dengan milik Xiaomi Redmi Note 9 Pro. Terlebih lagi, pada ponsel ini tidak ada NFC karena pada dasarnya penggunaan ponsel saat ini memerlukan fitur tersebut untuk kebutuhan transaksi e-Money.

Kelebihan ada pada kamera yang bagus ketika digunakan untuk mengambil gambar. Selain itu, UI pada ponsel ini terlihat mewah, meskipun kita harus mengatur polanya sendiri untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Kesimpulan

Di beberapa tempat saat ini menawarkan harga 250 EUR atau setara dengan 4 jutaan rupiah. Tapi, apakah dengan uang segede itu kalian masih akan memungut ponsel ini?

Kenapa tidak mencoba dengan Xiaomi Redmi Note 9 Pro yang dalam konteks spesifikasi lebih bagus dengan adanya chipset Snapdragon 720G dan sudah mendukung NFC, harganya pun juga relatif sama 4 jutaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like