5 Perbedaan Windows Original dan Bajakan

Windows merupakan sistem operasi yang diciptakan oleh Microsoft. Dikarenakan banyaknya fitur yang tersedia membuat sistem operasi ini banyak digunakan diberbagai kalangan.

Namun disisi lain harga yang ditawarkan juga lumayan tinggi, sehingga banyak yang memilih untuk menggunakan Windows bajakan.

Cara Mengetahui Perbedaan Windows Original dan Bajakan

Hal ini sangat perlu diperhatikan jika ingin membeli Laptop atau Komputer. Jangan sampai Windows yang digunakan adalah bajakan, tentu sangat mengerikan bukan.

Simak ulasan berikut untuk mengetahui letak perbedaannya:

1. Segi Tampilan Atau Display

Perbedaan Windows Original dan Bajakan

Apabila ingin mengetahui perbedaan Windows original dan bajakan yang paling mendasar adalah melihat tampilannya.

Sekilas memang hampir sama, tetapi orang yang sudah paham mengenai Windows pasti akan tahu letak perbedaannya. Windows yang ori memiliki tampilan elegan dan terlihat simple.

Berbeda dengan Windows bajakan yang memiliki tampilan menyerupai tapi masih dapat dibedakan dengan jelas. Selain itu, fitur yang tersedia juga tidak sebanyak dengan Windows ori.

2. Sistem Windows Update

Perbedaan Windows Original dan Bajakan

Windows update menjadi sesuatu yang paling dihindari bagi pengguna Windows bajakan. Bagaimana tidak, apabila ada aplikasi yang perlu diperbarui maka Windows akan memberi informasi bahwa Windows yang digunakan adalah bajakan. Tidak hanya itu, juga terdapat beberapa aplikasi yang tidak bisa diakses.

Cara yang dapat pengguna lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menonaktifkan Windows update.

Tetapi untuk pengguna Windows ori tidak usah khawatir karena aplikasi yang ada di laptop akan terupdate otomatis apabila terhubung ke internet. Selain itu, Windows update akan membuat performa dan keamanan laptop menjadi baik.

3. Kemudahan Penggunaan

Perbedaan Windows Original dan Bajakan
wwwsalmanbiroecom

Perbedaan selanjutnya yaitu dari kemudahan penggunaan. Windows bajakan penggunaannya lebih ribet dibanding dengan yang ori.

Bagaimana tidak, Windows bajakan harus sering diaktivasi. Selain itu, Windows ori cara pemakaiannya lebih fleksibel dan tidak ribet.

Dari segi harga barang bajakan memang selalu lebih unggul. Namun jika dilihat dari segi kualitasnya barang yang ori tentu jauh lebih unggul.

Terlebih apabila Windows sedang melakukan update maka harus dilakukan aktivasi kembali untuk membuat laptop menjadi normal.

4. Sistem Keamanan

Perbedaan Windows Original dan Bajakan

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah Windows ori memiliki sistem keamanan yang tinggi dibanding Windows bajakan.

Windows ori akan lebih mudah terhindar dari virus yang dapat merusak file penting di dalam laptop. Bagaimana tidak, ada lebih banyak fitur yang dapat digunakan apabila menggunakan Windows ori.

Salah satunya adalah pengguna dapat mengatur antivirus pada laptop.

Berbeda halnya dengan Windows bajakan yang sewaktu-waktu terdapat layanan yang tidak dapat diakses.

Windows bajakan juga rentan terserang virus karena sistem keamanan yang dimiliki masih lemah dan tergolong rendah. Hal ini mewajibkan pengguna harus lebih waspada apabila menggunakan Windows bajakan.

5. Install Ulang Windows

Perbedaan Windows Original dan Bajakan

Perbedaan Windows original dan bajakan yang terakhir adalah sering melakukan install ulang Windows. Bagi pengguna Windows bajakan hal ini akan sering dilakukan.

Penyebabnya adalah Windows telah mendeteksi bahwa Windows yang digunakan adalah bajakan.

Selain itu, akan ada banyak pesan yang masuk sehingga membuat laptop menjadi lemot. Oleh karena itu pengguna harus melakukan aktivasi untuk membuat laptop kembali normal.


Ulasan tadi telah memberikan gambaran tentang perbedaan Windows original dan bajakan. Pengguna harus lebih berhati-hati apabila ingin memilih sesuatu.

Jangan asal memilih, kenali terlebih dahulu perbedaan yang dimiliki sebelum membeli. Dibalik harga yang mahal tentu juga ada kualitas yang sudah tidak diragukan lagi.

You May Also Like