Perbedaan PHP dan JavaScript

Dalam bidang pemrograman, nama JavaScript serta PHP sudah tidak asing lagi. Perbedaan Php dan JavaScript terletak pada sifat yang dimilikinya.

Meski begitu, kedua bahasa pemrograman ini sama-sama direkomendasikan untuk siapa saja yang ingin belajar tentang web programming.

Keunggulannya yakni mudah dipelajari dan tutorialnya banyak ditemukan di internet. Jadi, apa perbedaan antara keduanya?

Apa itu PHP dan JavaScript

mengenal php dan js

PHP merupakan bahasa pemrograman website dengan sifat server side programming. Hal ini berarti, seluruh proses maupun eksekusi dari kode PHP ini dilakukan pada web server. Sedangkan klien hanya menerima hasil dari prosesnya.

Tidak hanya memerlukan web server sehingga bisa difungsikan, kode PHP juga wajib disimpan menggunakan ekstensi .php. Nantinya, file HTML dengan kode PHP ini ekstensinya bisa diubah dari semula .html menuju .php.

Sama dengan PHP, JavaSript juga termasuk bahasa pemrograman website. Hal yang membedakannya dengan PHP terletak pada jenis web, yakni client side programming.

Dalam JavaScript, seluruh program melalui proses eksekusi serta dijalankan pada sisi klien yang merupakan web browser. Kode JavaScript akan ditulis langsung di file HTML serta ditulis di file yang terpisah menggunakan ekstensi .js.

Baca juga: Apa Itu Bahasa Pemrograman PHP dan Keunggulannya

Manfaat PHP dan JavaScript

php js

Perbedaan PHP dan JavaScript juga terlihat dari manfaat yang dimiliki. PHP umumnya digunakan dalam pembuatan website yang sifatnya dinamis.

Website seperti ini memerlukan tindak manajemen data misalnya database, mengunggah file, dan lain sebagainya. PHP dikenal sebagai penguasa dalam pengembangan dari sisi server. Bahasa yang digunakan di sini menyediakan skrip berisi instruksi yang ditafsirkan ketika runtime. 

Contohnya, PHP sebagai bahasa pengembangan backend yang berarti skrip ditafsirkan pada bagian server. Pengelolaan cookie, mengumpulkan berbagai informasi melalui halaman web, hingga menghasilkan web yang lebih dinamis.

Dengan memanfaatkan PHP, pemilik web dapat memberi tambahan efek dinamis. Keunggulan dari PHP yaitu membuka kesempatan membuat situs yang dinamis dengan MySQL.

JavaScript memiliki fungsi utama yang berkaitan dengan interface (tampilan) sehingga lebih luwes dan tidak kaku.

Tujuannya membantu agar halaman di website bisa semakin interaktif dan dapat membuat pengunjung tertarik. Beberapa contohnya seperti menangani event, membuat animasi, hingga membuat data kalkulasi yang unik.

Keunggulan yang dimiliki oleh JavaScript yaitu memungkinkan web dalam melakukan banyak tindakan, misalnya memperbarui beberapa halaman tanpa harus memuat ulang situs websitenya. JavaScript juga dapat menampilkan pop up, memasukkan animasi berformat 2D hingga 3D.

Bila dilihat secara menyeluruh, fungsi JavaScript lebih berfokus pada sisi klien untuk berkembang. Meski begitu, belakangan ini fungsinya semakin berkembang sehingga mulai menyasar tindakan dalam sisi server.

Cara Kerja PHP dan JavaScript

cara kerja php dan js

Setelah mengetahui definisi serta manfaat dari PHP serta JavaScript, pengembang web juga perlu tahu bagaimana cara kerja dari kedua bahasa pemrograman ini. Perbedaan PHP dan JavaScript akan terlihat pada penjelasan berikut:

  • Baik JavaScript maupun PHP bisa ditafsirkan menjadi bahasa skrip, namun interpretasinya berlainan. Browser populer sudah memiliki penafsir untuk JavaScript, sedangkan PHP harus diinstal sebelum digunakan pada sisi server.
  • PHP mampu berkomunikasi dengan beberapa basis data misalnya Oracle dan MySQL, sedangkan JavaScript tidak.
  • PHP mampu memproses pernyataan di satu waktu, dengan kata lain menunggu hingga pernyataannya berakhir sebelum memulai yang lain. JavaScript melakukan hal sebaliknya, yaitu mampu bertugas ganda (multitasking).

Sekarang, perbedaan PHP dan JavaScript sudah lebih terlihat. Banyak yang penasaran apakah PHP lebih sederhana penggunaannya daripada JavaScript?

Sebenarnya hal ini bergantung dengan level pemrograman dari penggunanya. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing yang dapat digunakan sesuai kebutuhan.