Perbedaan HTML dan PHP yang Kamu Wajib Tahu

Memang tidak dapat dielakkan bahwa pada masa sekarang ini, kebutuhan masyarakat Indonesia akan keberadaan website menjadi semakin besar berdasarkan berbagai aktivitas.

Namun sayangnya, pada saat yang sama masih banyak yang tidak tahu mengenai perbedaan HTML dan PHP padahal informasi tersebut penting. Belum lagi jika memiliki rencana untuk menggunakan web secara lama.

Oleh sebab itu, pastikan kamu belajar coding pemrograman dari platform terbaik yang mimin rekomendasikan. Yuk, kita simak dulu  apa bedanya HTML dan PHP.

Perbedaan HTML dan PHP

bahasa html

Secara garis besar, kedua kode yang seringkali muncul dan dipakai di situs web tersebut memiliki banyak perbedaan dalam berbagai aspek.

Ditambah lagi, mulai dari tipe bahasa bahkan sampai waktu penggunaannya pun memiliki perbedaan satu dengan lainnya sehingga nanti perlu diperhatikan. Simak penjelasannya di bawah ini untuk mempermudah pemahaman secara tepat!

1. Tipe Bahasa

Aspek pertama yang membedakan antara HTML dan PHP sebenarnya terletak pada tipe bahasa yang berpengaruh besar pada perannya terhadap web.

HTML sejak awal telah memanfaatkan tipe bahasa yang dikenal dengan istilah seperti mark-up language yang seringkali ditemukan untuk Front-End website selain juga CSS. Untuk PHP, bahasa yang dipakai biasanya bertipe seperti bahasa pemrograman.

2. Kode yang Dipakai

Tidak kalah menarik pula untuk dipahami sebelum menentukan pilihan, pahami juga aspek kedua ini yang membedakan antara HTML dengan PHP.

Secara garis besar sampai saat ini, kode yang dipakai oleh HTML dikenal sebagai kode yang bersifat sama untuk berbagai output. Sedangkan untuk PHP, kode yang dipakai lebih dinamis dan bervariasi.

3. Kompatibilitas

Jangan sampai dilewatkan begitu saja, ada juga jenis perbedaan HTML dan PHP yang tentunya dapat diketahui dengan mudah oleh pengguna.

Secara sederhana dapat dipahami bahwa keberadaan HTML sejak awal disediakan untuk lebih gampang dalam berinteraksi pada semua browser. Sedangkan PHP lebih cocok dipakai untuk database khusus seperti Oracle.

4. Jenis Developer

Selanjutnya, perbedaan yang dimiliki oleh kedua komponen penting dalam web ini terletak pada tipe developer yang sejak awal memang dipakai.

HTML lebih berfokus memakai bantuan dari sebuah developer yang memang besar karena memiliki tujuan untuk aktif melakukan peningkatan. Sementara dengan PHP yang lebih mencoba memakai developer demi pengoptimalan.

5. Bentuk Integrasi

Memang tidak dapat dimungkiri bahwa jenis perbedaan HTML dan PHP yang berikutnya ini bisa dimasukkan ke dalam kategori yang penting.

Kali ini, aspek integrasi yang dimiliki oleh HTML dapat dilihat dari proses pembuatan laman yang dinilai lebih dinamis dan berkembang. Sementara itu, PHP lebih banyak melakukan proses integrasi dengan AJAX.

6. Waktu Penggunaan

Secara sederhana, HTML sejak awal lebih banyak digunakan ketika seorang pemilik web ingin melakukan proses klasifikasi konten sesuai dengan kategori masing-masing.

Tidak heran jika HTML akhirnya memiliki peran yang besar dalam memastikan beberapa jenis konten yang nantinya akan ditampilkan di website. Sedangkan untuk PHP lebih digunakan ketika ingin melakukan pengiriman email.

7. Ekstensi File

Terakhir, perbedaan yang dimiliki keduanya dapat dikatakan terlihat secara jelas pada bagian ekstensi file yang ada sehingga lebih mudah dikenali.

Sama seperti nama yang dipakai sejak awal, HTML akan memakai sebuah ekstensi file dengan akhiran seperti .html di bagian akhir. Sedangkan PHP juga mengakhiri ekstensi file dengan tanda seperti .php.


Penjelasan yang penting dan detail terkait dengan beberapa perbedaan HTML dan PHP seperti di atas tentu saja dapat dimanfaatkan nantinya.

Ditambah lagi, saat ini masih banyak yang merasa kebingungan pada kedua kode tersebut memiliki perbedaan baik untuk fungsi sampai ekstensinya. Selain itu, tipe bahasa yang dipakai pun spesifik dan berbeda.