Pengertian dan Fungsi CSS Bagi Tampilan Website

Bagi yang berkecimpung dalam dunia website, mungkin pernah mendengar tentang CSS. Disebut juga dengan cascading style sheet, fungsi CSS berfokus dalam pengaturan tampilan elemen.

Sejak pembuatannya di tahun 1996, CSS memiliki keterkaitan erat dengan HTML dan tidak terpisahkan kinerjanya. Untuk memahami lebih jauh seputar CSS, mari membahasnya dalam ulasan berikut:

Pengertian CSS

apa itu css

CSS merupakan kumpulan perintah berupa bahasa style sheet dengan manfaat menggambarkan penyajian pada dokumen dengan bahasa markup, khususnya HTML.

Ini termasuk bahasa pemrograman yang paling standar dan umum dipakai di pembuatan halaman. Hubungan antara CSS sendiri lekat dengan HTML karena CSS menjadi kode yang digunakan dalam desain halaman HTML.

Seandainya HTML diibaratkan dengan manusia, maka CSS merupakan pakaian untuk membuat tampilannya lebih menarik.

CSS bertugas membantu web designer dalam memodifikasi tampilan pada teks dari bentuk, ukuran, font, hingga warnanya.

CSS bisa dioperasikan dengan memakai tag <style>. Semisal ingin mengganti warna tulisan, cukup dengan menuliskan tag <span> dan tidak perlu menulis ulang perintahnya.

Berkat pengoperasiannya yang mudah, CSS dapat menghemat waktu melalui perintah pendek dan efisien.

Tujuan dikembangkannya CSS memang difokuskan untuk mengganti tampilan halaman tanpa merubah isi kontennya yang cukup memakan waktu.

Peran CSS menjadi sangat penting, karena jika hanya bergantung dengan HTML akan terasa hambar. Selain itu, waktu yang dibutuhkan juga relatif lama dengan mengetik perintah berulang kali.

Fungsi CSS dan Macam-Macamnya

fungsi css

CSS berfungsi dalam mengatur tata letak serta konten yang terdapat di tampilan halaman website. Di sini tersimpan berbagai pekerjaan, karena CSS mampu mengontrol tata letak di berbagai halaman website sekaligus.

Dengan menyajikan dokumen, berarti ada perubahan menuju bentuk lain yang bisa digunakan secara visual pada layar komputer.

Contohnya Chrome, Microsoft Edge, Opera. Berdasarkan fungsinya, terdapat beberapa macam CSS yang memiliki penggunaan berbeda. Berikut tiga jenis CSS yang manfaatnya umum digunakan web designer:

1. Inline Style Sheet

Secara sederhana, CSS menggunakan perintah pemrograman yang terletak di objek. Contohnya, ingin mengganti tulisan suatu halaman pada website yang dimiliki.

Inline style akan menempel di elemen tulisannya. Cukup dengan menambahkan tag berupa <style> untuk menerapkannya.

2. External Style Sheet

Jenis yang kedua ini terletak di tempat yang berlainan dengan halaman yang hendak diubah. Dengan cara ini, pemilik web lebih praktis dalam penghematan ruang serta penggunaan berulang kali untuk halaman yang berbeda-beda.

Siapa saja dapat mengenali tipe ini melalui tag <link rel>. Fungsi tag tersebut adalah menghubungkan halaman coding menuju CSS external style yang terpisah.

3. Embedded Style Sheet

Jenis yang terakhir ini sedikit menyerupai tipe inline style. Keduanya berada di satu halaman coding. Tidak mengherankan bahwa jenis ini disebut sebagai internal style.

Umumnya CSS embedded diapit dengan tag <head> atau </head> diawali tag <style>. Embedded style seringkali dipakai untuk mengatur halaman website agar menghasilkan tampilan unik. Contohnya, di suatu paragraf tulisan terdapat kalimat berbeda dan terus berulang.

CSS menjadi Inovasi dalam bidang pengembangan website yang dibekali sederet keunggulan. Dengan beberapa klik sudah bisa memerintahkan berbagai hal untuk memperbaiki tata letak di website. Berikut beberapa contoh penerapannya:

  • Membuat font yang beragam selain default pada browser.
  • Menentukan warna serta ukuran dari teks dan tautan.
  • Menerapkan berbagai pilihan warna untuk latar belakang.
  • Memasukkan style di style sheet.

Pada ulasan di atas telah dijelaskan mengenai pengertian hingga fungsi CSS yang memiliki peran penting di pembuatan website.

Jika tidak ada CSS, tampilan yang ada di website akan terlihat membosankan karena serupa. Web designer atau yang baru belajar bahasa pemrograman untuk web bisa lebih menghemat waktu dalam mengetikkan perintah.