Pemanfaatan Javascript Yang Perlu Diketahui Programer

Suatu istilah dalam bahasa pemrograman yang cukup populer yaitu bernama Javascript. Jika berbicara mengenai hal ini maka tidak dapat terlepas dari pemanfaatan Javascript itu sendiri.

Mengingat jumlahnya yang cukup terbilang banyak. Mulai dari pembuatan aplikasi hingga dengan slide presentasi. Walaupun pemanfaatan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman ini terbilang cukup beragam.

Akan tetapi pemakaiannya lebih sering diterapkan pada aplikasi yang terdapat pada web. Pada mulanya Javascript hadir sebagai pelengkap dari HTML dan CSS.

Contoh Pemanfaatan Javascript

Bagi yang penasaran apa saja pemanfaatan dari Javascript ini dapat menyimak ulasannya seperti berikut:

1. Membuat Aplikasi Mobile

pemanfaatan javascript

Daftar pertama untuk pemanfaatan Javascript yang perlu diketahui oleh para pecinta dunia pemrograman yaitu membuat aplikasi mobile.

Pada umumnya dalam melakukan pembuatan aplikasi tersebut memakai suatu kerangka kerja yang dinamakan Framework.

Adapun pemanfaatan dari kerangka kerja yang disebutkan tadi tidak lain yaitu untuk melakukan pengembangan bagian perangkat lunak dari aplikasi.

Untuk perangkat mobile Framework yang dipakai bernama React Native. Dengan menggunakan Framework ini nantinya pihak pengembang dari aplikasi tidak perlu lagi melakukan penulisan kode satu per satu.

Baik untuk perangkat mobile bertipe android maupun iOS. Pasalnya pihak pengembang hanya perlu menuliskan kode satu kali saja.

2. Mengembangkan Game

pemanfaatan javascript

Pemanfaatan dari Javascript berikutnya yaitu untuk membuat maupun mengembangkan suatu game. Yang perlu diketahui yaitu game yang dimaksud terbilang cukup terbatas katakan hanya bisa diterapkan pada jenis game online semata.

Selain itu bahasa pemrograman yang terdapat pada Javascript dinilai kurang pas untuk jenis game yang sudah mempunyai skala besar.

Walaupun begitu, akan tetapi sejumlah orang menilai bahwa pengembangan game menggunakan Javascript terbilang menguntungkan untuk pemakainya.

Hal ini lantaran para pengguna tidak perlu repot-repot melakukan proses pengunduhan terlebih dahulu. Di sini juga pengguna juga bisa melakukan pemasukan suara agar game lebih interaktif.

Baca juga: Perbedaan PHP dan JavaScript

3. Menyusun Slide Presentasi

pemanfaatan javascript
revealjs.com

Bagi orang yang merasa bosan dengan menggunakan aplikasi power point saat merancang tampilan presentasi yang bakal dilakukan bisa mencoba menggunakan Javascript sebagai pilihan solusi.

Tentunya nanti presentasi yang dimaksud akan dibuat menjadi website. Yang ingin mencoba hal ini bisa memakai library Javascript, seperti Reveal.js maupun BespokeJs.

4. Menciptakan Aplikasi Desktop

pemanfaatan javascript

Untuk pemanfaatan dari Javascript kali ini bisa dibilang hampir sama dengan pemanfaatan dalam pembuatan aplikasi mobile. Saat melakukan pembuatan aplikasi pada desktop, kode yang dilakukan penulisan dapat dijalankan dengan cara langsung menggunakan suatu sistem operasi yang tidak sama.

Misalnya saja seperti kode yang ditulis yaitu untuk Windows, namun pengguna pun bisa memakai kode tadi pada Linux maupun Mac.

5. Membuat Website Lebih Interaktif

pemanfaatan javascript
sencha.com

Tidak cuma sekedar game saja yang dapat dirancang untuk lebih interaktif memakai Javascript, akan tetapi website juga bisa.

Pasalnya tampilan dari website bisa dikatakan lebih menarik dengan memakai bahasa pemrograman ini. Contoh kecilnya bisa dilihat dari Google Maps pada fitur zoom out pada bagian peta.


Demikian pembahasan mengenai pemanfaatan Javascript yang perlu diketahui oleh orang yang berkecimpung dalam dunia pemrograman.