Lagi-lagi, Facebook Akuisisi GIPHY Senilai US$400 Juta

TahooTech – Setelah tak lama mengakuisisi WhatsApp, kini raksasa media sosial besutan Mark Zuckerberg kembali melakukan akuisisi.

Kali ini, Facebook mengakuisisi GIPHY selaku situs web pencari gambar berformat GIF. Situs ini diakuisisi dengan nilai US$400 juta atau setara dengan Rp 6 triliun.

GIPHY yang dinahkodai Alex Chung sebagai cofounder dan Jace Cooke mulai beroperasi pada Februari 2013 dengan menarik satu juta pengguna pada minggu pertamanya.

Akan tetapi, pihak Facebook sendiri tak memberikan pengumuman secara pasti terkait harga transaksi yang dilakukan.

Axios, sebuah library open source mengatakan bahwa akusisi terhadap GIPHY bernilai angka tersebut.

Berkat akuisisi, kini GIPHY akan mampu memberikan penggunanya akses posting dan berbagi gambar GIF di akun Facebook masing-masing.

Hingga sekarang, diketahui bahwa traffic web GIPHY sendiri setengahnya berasal dari aplikasi milik Facebook, Instagram, Messenger, dan juga dari WhatsApp.

Dikutip dari laman Phone Arena, pihak Facebook juga memberikan pernyataan bahwa kedua layanan tersebut merupakan pendukung besar bagi komunitas seniman dan kreator dan akan berlanjut.

Pengguna akan dapat dengan mudah membagikan karya mereka dengan menggabungkan dua situs ini menjadi satu. Stiker dan GIF digunakan sebagai pengguna untuk mengekspresi perasaan mereka.

Facebook juga menambahkan bahwa mereka tahu penyatuan antara kreativitas dan bakat tim GIPHY akan mempercepat komunikasi dan terhubungnya orang-orang secara visual.

Vishal Shah, selaku vice president of product dari Instagram menyatakan bahwa pengguna masih dapat mengunggah GIF berikut akses yang sama dengan para mitra dan pengembang.

Para komunitas kreatif GIF pun juga masih dapat memproduksi karya dan konten yang hebat dengan GIPHY.

Selain Facebook, ada banyak aplikasi yang juga menggunakan GIPHY sebagai penunjang bisnis mereka.

Sebut saja, TikTok, Tinder, Trello, Twitter, aplikasi messenger seperti Telegram, dan penyedia layanan surat elektronik seperti MailChimp. (AZK/THT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like