Kelebihan JavaScript yang Kamu Wajib Tahu

Javascript tentu sudah bukan hal asing bagi seseorang yang familiar dalam dunia pemrograman. Namun, tentu hal ini belum begitu dikenal oleh orang awam.

JavaScript sendiri pada dasarnya memang cukup banyak dimanfaatkan dalam dunia website. Berbagai kelebihan Javascript tentu menjadi penunjang sistem ini banyak disukai. 

Melalui adanya Javascript ini nantinya suatu website akan seolah memiliki nyawa dan terlihat lebih menarik untuk dikunjungi dibandingkan website polos tanpa Java.

Kelebihan JavaScript

Kelebihan JavaScript

Lalu, apa saja sih sebenarnya kelebihan lain dari JavaScript ini? Mari simak ulasannya berikut: 

1. Ringan 

Kelebihan Javascript yang pertama adalah sistem yang kecil dan ringan. Hal ini menjadi kelebihan yang cukup menguntungkan server karena tidak membutuhkan memori besar untuk menyimpan.

Nantinya setiap proses dari sistem akan berjalan pada sisi klien. 

Tentunya dengan ringannya sistem yang digunakan ini maka, proses peramban pun juga akan lebih mudah digunakan dan berjalan lebih cepat.

Tidak heran bila pada akhirnya Javascript menjadi bahasa pemrograman yang sampai sekarang diminati. 

2. Dinamis

JavaScript sendiri juga menawarkan sistem yang mudah digunakan dengan fleksibel. Hal inilah yang menunjang kemudahan dalam penggunaan sistem ini dalam website.

Mudahnya penggunaan Javascript inilah yang membuat sistem ini begitu diminati untuk terus digunakan. 

Pada Javascript nantinya juga akan ditunjang dengan kemudahan dalam penambahan fitur-fitur baru. Tentunya hal ini bisa disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan fitur dari website yang dikembangkan. 

Baca juga: Pemanfaatan Javascript Yang Perlu Diketahui Programer

3. Mudah Dipelajari 

Mudahnya sistem yang disusun dalam Javascript juga seringkali menjadi bentuk pembelajaran bagi orang awam khususnya siswa dalam mempelajari website.

Sistem yang sederhana dan mudah membuat penggunanya akan lebih mudah dalam menggunakan bahasa pemrograman satu ini. 

Tidak heran bila pada akhirnya JavaScript menjadi bahasa pemrograman yang banyak diminati bahkan untuk digunakan dalam sistem pembelajaran.

Bahkan Javascript juga memiliki berbagai sumber yang mudah untuk ditemukan. Tentunya dengan adanya banyak sumber ini maka, pengguna akan lebih mudah mempelajari. 

4. Bisa Digunakan dalam Berbagai Platform 

Bisa digunakan untuk berbagai platform juga menjadi bahasa pemrograman yang mudah dan canggih dalam waktu bersamaan menjadi kelebihan JavaScript berikutnya.

Linux, Windows bahkan Android bisa menggunakan JavaScript sebagai bahasa pemrograman untuk mendukung sistem website. 

Tentunya hal inilah yang kemudian juga menjadikan JavaScript masih menjadi favorit sebagai bahasa pemrograman hingga sekarang.

Penggunaan mudah dan bisa multi platform tentu memungkinkan penggunanya menggunakan sistem ini dimana saja. 

5. Mempermudah Proses Pengembangan 

Platform yang menggunakan JavaScript pun juga mudah untuk dikembangkan. Hal ini tentu ditunjang dengan sistem ringan yang dibawa oleh JavaScript.

Tentunya pengguna bisa melakukan pembaruan pada aplikasi sesuai dengan kebutuhan. 

Hal inilah yang kemudian menjadi kelebihan lain dari JavaScript dimana sistem ini akan lebih mudah digunakan dalam proses pengembangannya.

Tentu ini juga menjadi pembeda pada bahasa pemrograman lain yang lebih sulit dalam proses pengembangannya. 

6. Perbaikan yang Mudah 

Salah dalam penulisan bahasa pemrograman seringkali menyebabkan terjadinya error. Namun, sayangnya hal ini pun tidak mudah diperbaiki pada beberapa sistem karena penyusunnya yang lebih rumit. 

Nah, hal inilah yang kemudian selalu diperhatikan oleh JavaScript supaya pengguna bisa memperbaiki kesalahan dengan lebih mudah.


Itulah tadi kelebihan JavaScript yang tentunya sangat menguntungkan bagi seseorang yang tengah belajar tentang bahasa pemrograman khususnya dalam pembuatan website.

Namun, tentunya setiap sistem yang dibuat tetaplah memiliki kelebihan pada beberapa sisi begitu juga dengan JavaScript. Jika kamu berbeda pendapat dengan mimin, yuk diskusi di ruang komentar.