Gaji Programer dan Tanggung Jawabnya

Programmer merupakan sebuah jenis pekerjaan yang terbilang cukup menjanjikan, tetapi tidak semua orang juga bisa menempati posisi ini.

Menurut pengalaman mimin belajar pemrograman dari nol, seorang programmer ini mesti memiliki logika yang sangat kuat.

Tapi, apakah kalian tahu sebenarnya berapa gaji programer tersebut? Apakah gajinya sangat menjanjikan? Langsung saja daripada kalian penasaran tentang gaji tersebut, maka simak penjelasan di bawah ini!

Gaji Programer

gaji programmer

Sebelum kita membahas gaji dari programer, alangkah lebih baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dari programer.

Programmer adalah seseorang yang bertugas untuk membuat sebuah program dengan alur yang harus diperhatikan, dimana mereka akan menerjemahkan bahasa komputer yakni berupa kode menjadi sebuah perintah.

Lalu, berapa sebenarnya gaji dari seorang programmer?

Rata-rata gaji programmer dari negara Indonesia yakni bisa dibilang cukup rendah, padahal tugas yang dilakukan sangat susah.

Gaji programmer di Indonesia untuk seorang fresh graduate hanya berkisar antara 4 hingga 5 juta, sedangkan bagi orang yang berpengalaman bisa mencapai 18 hingga 40 juta. 

Lalu berapa gaji programmer dari luar negeri?

Ternyata, gaji seorang programmer yang berasal dari Singapura ini bisa mencapai 10 hingga 80 juta buat seseorang yang sudah ahli lo. Sangat jauh bukan dari gaji programmer yang berasal dari Indonesia.

Peran dan Tanggung Jawab Programer

tugas programmer

Kita sudah mengetahui bukan kisaran gaji programmer yang berada di negara Indonesia dan Singapura. Tentunya gaji tersebut juga sesuai dengan pekerjaan dan juga tanggung jawab yang diemban oleh seorang programer tersebut. 

Lalu apa sih sebenarnya peran dan juga tanggung jawab yang akan diemban oleh seorang programmer tersebut? Yuk, intip penjelasan di bawah ini!

  1. Mencari jalan keluar dari setiap masalah, maka dari itulah dibutuhkan sebuah tingkat ketelitian yang cukup tinggi untuk menjadi seorang programmer.
  2. Menyusun dan juga mendokumentasikan sebuah pengembangan dari program, bukan hanya itu saja, mereka juga akan memasukkan sebuah kode instruksi agar semua orang bisa memahami program yang sedang dikembangkan.
  3. Bertanggung jawab akan kepastian kebenaran dari informasi yang disajikan oleh sebuah program, maka dari itulah programer juga bertanggung jawab dalam tahap percobaan.
  4. Apabila dalam program tersebut masih terdapat sebuah kesalahan, maka seorang programmer akan bertanggung jawab pula terhadap revisi yang akan diberikan, hal ini bertujuan agar program bisa berjalan dengan baik. 
  5. Menganalisa, meninjau, dan juga penulisan ulang terhadap program, tetapi penulisan tersebut akan dibuat dalam bentuk grafik dan tentunya juga dalam sebuah diagram alur kerja. 
  6. Memberikan semua pengetahuan yang mereka miliki, baik itu pengetahuan yang berhubungan dengan komputer, pengetahuan yang berhubungan dengan materi pelajaran atau bisa juga pengetahuan yang berhubungan dengan sebuah logika simbolik. 
  7. Melakukan sebuah perubahan yang tentunya sudah sesuai dan jangan lupa untuk memeriksa ulang. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan, melainkan agar lebih meyakinkan bahwa program memang sudah siap untuk digunakan. 

Demikian pembahasan mengenai gaji dari programer yang dilengkapi dengan peran dan juga tanggung jawabnya. Meskipun bisa dikatakan bahwa gaji programmer dari Indonesia cukup sedikit jika dibandingkan dengan gaji programmer luar negeri, tetapi tetap pekerjaan yang satu ini menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan bagi semua orang.

You May Also Like