Cara Upload Foto di Instagram PC Tanpa Ribet

Instagram bukanlah aplikasi yang asing lagi. Selain bisa digunakan lewat smartphone, aplikasi Instagram dapat digunakan pula pada PC.

Ada beberapa kalangan yang ingin langsung mengunggah foto atau videonya langsung ke Instagram PC. Untuk itu pasti banyak yang ingin mengetahui bagaimana cara upload foto di Instagram PC kan?

Nah, ada kabar baik bagi yang ingin mengunggah foto di Instagram melalui PC. Instagram sudah menyempurnakan fitur baru di websitenya.

Cara Upload Foto di Instagram PC

Kini pengguna dapat mengunggah foto atau video melalui Instagram versi PC. Penasaran bagaimana caranya? Inilah dia cara upload foto di Instagram PC yang dijamin anti ribet:

1. Buka Instagram Melalui Browser

Cara Upload Foto di Instagram PC

Sebenarnya Instagram belum merilis resmi aplikasi untuk PC. Namun, Instagram masih bisa diakses melalui web browser.

Caranya cukup mudah. Ketik “Instagram” di kolom pencarian, atau langsung ketik alamat web Instagram  www.Instagram.com. Setelah website Instagram terbuka, langsung saja login ke Instagram. Setelah berhasil login, buka laman profil di Instagram.

2. Klik Tombol Upload

Cara Upload Foto di Instagram PC

Untuk mengunggah foto, carilah fitur Upload yang berupa tanda” +”. Biasanya tanda ini berada di pojok kanan atas laman Instagram. Fitur ini juga berada di antara fitur direct message dan explore. Klik tanda + tersebut untuk mulai mengunggah foto melalui Instagram di PC. 

3. Memilih Foto yang Akan di Upload

Cara Upload Foto di Instagram PC

Cara upload foto di Instagram PC berikutnya adalah pilih foto yang akan diunggah. Pengguna bisa memilih fotonya setelah klik “select From Computer”.

Tinggal pilih foto yang mana untuk diunggah di Instagram Feeds. Pengguna juga bisa memilih lebih dari satu foto dalam satu postingan, ada fitur yang bisa digunakan untuk mengupload maksimal 10 foto dalam 1 postingan.

4. Mengatur Rasio Foto

Cara Upload Foto di Instagram PC

Ada beberapa opsi rasio yang bisa Anda pilih sebelum mengunggah foto di Instagram PC. Opsinya adalah “Original”, “Square (1:1)”, “Portrait (4:5)”, serta rasio “Landscape (16:9)”.

Mengatur rasio foto merupakan langkah penting sebelum mengunggah foto di Instagram. Hal ini penting karena rasio foto juga turut menentukan kualitas gambar yang akan diunggah ke Instagram.

Ukuran rasio dari konten Instagram yang disarankan adalah 4:5 atau 9:16. Apabila pengguna mengunggah foto di bawah ukuran rasio tersebut, bisa jadi foto akan menjadi buram karena Instagram mengompres foto tersebut ke ukuran yang lebih kecil. 

5. Mempercantik Foto dengan Filter

Cara Upload Foto di Instagram PC

Langkah ini sebenarnya opsional. Pengguna dapat lebih memoles foto yang akan diunggah dengan berbagai filter yang disediakan Instagram.

Pengguna juga dapat mengatur warna, tingkat kecerahan, kontras, saturasi, dan lain-lain. Selain melalui Instagram, pengguna juga dapat memoles fotonya di aplikasi lain seperti Adobe Lightroom atau VSCO.

6. Mengunggah Foto di Instagram PC

Cara Upload Foto di Instagram PC

Setelah foto diatur sedemikian rupa, saatnya foto diunggah ke Instagram. Tambahkan caption yang menarik, juga sertakan beberapa hashtag yang sesuai. 

Pengguna juga dapat menyematkan tag orang atau lokasi, dan mengatur fitur lainnya seperti mematikan komentar. Setelah itu, klik opsi “share” yang berupa kotak biru dan terletak di bagian bawah. Nah, foto pun selesai diunggah dan muncul di feeds Instagram.


Cara unggah foto di Instagram PC diatas pastinya dapat langsung dicoba. Bagaimana, cukup mudah bukan? Langkah diatas juga bisa dicoba untuk mengunggah video ke Instagram PC.

Bagi pengguna yang belum bisa mengakses atau menemukan fitur upload foto atau video Instagram melalui PC,  tidak perlu khawatir. Bisa jadi, Instagram  mengeluarkan fitur ini secara bertahap di setiap perangkat.

You May Also Like