Cara Update Windows 7 Tanpa Ribet

TahooTech – Sobat, kebutuhan akan gadget selalu meningkat dari tahun ke tahun. Mulai dari penggunaan smartphone sampai laptop. Untuk penggunaan laptop sendiri, akan lebih baik jika setiap tahun aplikasi Windows dalam laptop harus diperbaharui. Karena itulah dalam kasus tertentu, beberapa orang harus tahu cara update Windows 7 tanpa ribet.

Hanya saja, meski dalam keadaan darurat, tidak semua orang bisa memperbaharui aplikasi Windows yang ada di laptopnya. Entah karena tidak punya waktu atau tidak punya pengetahuan tentang itu.

Jika Anda tidak ingin ribet, bisa saja meminta tolong teman atau orang lain yang lebih tahu cara memperbaharui Windows. Tapi, jika Anda penasaran, Anda bisa mempelajarinya lewat beberapa langkah cara update Windows 7 tanpa ribet di bawah ini.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memperbaharui Windows 7 ke Windows 8.1

Cara Update Windows 7

Jika saat ini Anda menjalankan Windows 7 dan ingin memutakhirkan ke Windows 8.1, prosesnya relatif mudah menggunakan utilitas Upgrade Assistant Microsoft. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum melanjutkan.

Hal utama yang perlu diketahui adalah bahwa, tidak seperti memutakhirkan Windows 8 ke 8.1, file dan data Anda akan langsung ditransfer. Ketika memperbaharui Windows 7 ke 8.1, Anda harus menginstal ulang semua aplikasi perangkat.

Berikut ini langkah-langkah yang harus diambil untuk membuat prosesnya semudah dan semulus mungkin.

  1. Sebelum kamu memulai pada kata: Cadangkan, sebelumnya folder dan file Anda idelanya harus di-copy paste ke dalam perangkat lain. Ini untuk menghindari kehilangan data penting apabila terjadi kesalahan saat memperbaharui Windows.
  2. Cadangan data bisa disalin ke drive eksternal, seperti flash disk. Selain itu, karena Anda harus menginstal ulang program desktop, pastikan Anda memiliki daftar semua kunci lisensi untuk perangkat lunak yang dibeli.
  3. Langkah lain yang dapat disarankan adalah memverifikasi sistem Windows 7 Anda sudah mutakhir. Bahkan, jika Anda memiliki Pembaruan Windows otomatis diaktifkan, jalankan kembali secara manual hanya untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik.

Cara Update Windows 7 ke Windows 8 Tanpa Ribet

Cara Update Windows 7

Microsoft memungkinkan Anda untuk membeli, mengunduh, dan menginstal Windows 8.1 melalui web. Jika Anda memiliki koneksi internet yang lambat atau lebih memilih untuk meng-upgrade dengan cara tradisional, Anda dapat membeli salinan fisik juga.

  1. Unduh dan jalankan Windows 8.1 melalui Upgrade Assistant. Ini adalah utilitas gratis dari Microsoft yang akan memindai perangkat keras, perangkat lunak, dan perangkat periferal komputer Anda (pastikan semuanya terhubung) dan memberi tahu Anda apa yang kompatibel atau tidak dengan OS baru.
  2. Untuk item yang membutuhkan perhatian Anda, klik tautan More info. Karena sistem Anda sudah menjalankan Windows 7, seharusnya tidak ada masalah ketika menjalankan Windows 8.1. Biasanya jika sesuatu tidak kompatibel, Anda hanya perlu memperbarui satu atau dua driver perangkat lunak.
  3. Setelah mencari tahu apa yang kompatibel atau perlu perhatian Anda, terus ikuti petunjuk di layar Upgrade Assistant. Ini memberi Anda opsi untuk membeli versi yang ingin Anda unduh dan instal.
  4. Anda akan diminta untuk memasukkan informasi penagihan, dan setelah itu Anda akan mendapatkan kunci produk. Pastikan untuk menyalinnya dan menyimpannya di lokasi yang aman jika Anda perlu menginstal ulang Windows 8.1 di lain waktu.
  5. Kemudian Windows 8.1 akan diunduh.
  6. Lanjutkan mengikuti panduan instalasi dan setelah menyetujui persyaratan layanan, prosesnya sama dengan memutakhirkan Windows 8 ke 8.1. Komputer Anda akan restart dua atau tiga kali saat instalasi selesai.
  7. Setelah pemutakhiran selesai, jalankan Pembaruan Windows lagi, karena akan ada beberapa pembaruan untuk menginstal OS baru. Kemudian instal program desktop yang Anda butuhkan.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memperbaharui Windows 7 ke Windows 10

Cara Update Windows 7

Sebelum memperbaharui Windows 7 ke Windows 10 Anda perlu tahu beberapa hal terlebih dahulu.

  1. Anda dapat memutakhirkan Windows 7 ke Windows 10 secara gratis menggunakan opsi pemutakhiran di tempat tanpa kehilangan file, alih-alih menghapus perangkat Anda hingga bersih.
  2. Anda dapat melakukan pembaharuan ini menggunakan Media Creation Tool, yang tidak hanya tersedia untuk Windows 7, tetapi juga untuk perangkat yang menjalankan Windows 8.1.
  3. Sebelum memperbaharui, Anda perlu memastikan untuk memeriksa persyaratan perangkat keras minimum untuk mengonfirmasi kompatibilitas, membeli lisensi Windows 10, dan membuat cadangan lengkap jika Anda perlu mengembalikannya nanti.
  4. Dianjurkan untuk menghapus instalasi perangkat lunak apa pun, seperti antivirus, perangkat lunak keamanan, dan program pihak ketiga lama yang dapat mencegah Anda meningkatkan ke Windows 10.
  5. Anda juga harus melepaskan perangkat keras apa pun yang terhubung ke perangkat, termasuk printer, telepon, kamera, hard eksternal, drive, dan periferal USB lainnya untuk menghindari masalah.
  6. Yang paling penting untuk diingat adalah bahwa pemutakhiran Windows 7 ke Windows 10 dapat menghapus pengaturan dan aplikasi Anda. Ada opsi untuk menyimpan file dan data pribadi Anda, tetapi karena perbedaan antara Windows 10 dan Windows 7, tidak selalu memungkinkan untuk menyimpan semua aplikasi yang ada.
  7. Pastikan Anda telah mencatat aplikasi apa yang Anda gunakan secara teratur sehingga Anda dapat dengan mudah mendapatkannya dengan mengunduh lagi jika diperlukan.
  8. Windows 8.1 juga dapat ditingkatkan dengan cara yang sama, tetapi tanpa perlu menghapus aplikasi dan pengaturan Anda.
  9. Sekali lagi, jangan lupa cadangkan semua dokumen, aplikasi, dan data penting Anda

Cara Update Windows 7 ke Windows 10 Tanpa Ribet

Cara Update Windows 7

Dalam informasi ini, Anda akan mempelajari langkah-langkah untuk memutakhirkan Windows 10 dari Windows 7 dan memastikan Anda tidak mengalami masalah selama instalasi.

  1. Pertama, unduh Alat Pembuatan Media dari Microsoft.
  2. Kedua, klik tombol Unduh alat sekarang dan simpan peng-instal di perangkat Anda.
  3. Selanjutnya, klik dua kali MediaCreationTool.exe untuk meluncurkan wizard pengaturan Windows 10.
  4. Jangan lupa klik Terima pada perjanjian lisensi.
  5. Anda harus pilih opsi Upgrade PC ini sekarang untuk mengunduh file dan mulai upgrade.
  6. Klik tombol Berikutnya.
  7. Ketikkan kunci produk Windows 10 yang valid untuk edisi yang Anda coba tingkatkan (jika ada).
  8. Klik lagi tombol Berikutnya.
  9. Lalu klik tombol Terima untuk menyetujui perjanjian lisensi lagi.
  10. Anda bisa Memilih opsi Simpan file pribadi dan aplikasi.
  11. Terakhir Anda bisa klik tombol Install.

Setelah instalasi selesai, sekali lagi Anda akan melihat desktop yang Anda kenal dan setiap fitur baru yang disertakan dengan Windows 10.

Selain itu, pastikan untuk menggunakan Device Manager untuk memeriksa bahwa setiap bagian dari perangkat keras dipasang dengan benar pada sistem Anda. Instal ulang antivirus Anda, dan perangkat lunak lain yang Anda hapus instalasinya sebelum peningkatan.


Sobat TahooTech, demikianlah langkah-langkah tentang cara update Windows 7 tanpa ribet. Semoga ketika Anda memerlukan, informasi ini bisa berguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like