Praktis! 4 Cara Update Windows 10 Yang Bisa Kamu Praktekkan

TahooTech – Buat Sobat yang sehari-harinya bekerja menggunakan laptop atau komputer berbasis Windows sangat penting untuk melakukan update Windows tak terkecuali Windows 10.

Tujuannya adalah agar performa perangkat laptop kamu tetap prima dan tidak mudah error. Dan setiap proses update tentu akan membawa berbagai fitur terbaru.

Sayangnya, tidak semua orang memahami apa itu Windows, fitur-fitur, dan bagaimana cara update windows 10.

Windows 10 merupakan sistem operasi atau operating system terbaru garapan Microsoft yang sudah dirilis sejak 2015 lalu. Dan versi terbarunya yaitu versi 1903 sudah diperkenalkan pada bulan Mei 2019 lalu.

Selain membawa sejumlah fitur baru, update Windows 10 juga bisa memperbaiki bug dan meningkatkan sistem keamanan (Security Patches). Untuk itu, sangat penting untuk melakukan update sistem operasi.

Berikut ini beberapa cara update windows 10 yang bisa kamu coba untuk menjamin agar sistem operasi di laptopmu tetap up to date.

4 Cara Update Windows 10

Sebagai pengguna laptop berbasis windows sangat penting untuk memahami pentingnya update wimdows. Dengan begitu, laptop yang kamu gunakan akan tetap kompatibel dan memiliki performa yang optimal. Berikut beberapa cara update windows 10:

Melalui Windows 10 Update Assistant

Cara Update Windows 10
Pembaruan OS Windows 10 lewat fitur Update Assistant | pureinfotech.com

Update windows melalui update assistant adalah cara paling mudah dan paling banyak digunakan. Namun, untuk cara yang satu ini pastikan laptop kamu tersambung dengan jaringan internet yang stabil. Sehingga sangat disarankan untuk menggunakan wifi. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, download Update Assistant versi terbaru di Google
  2. Selanjutnya, buatlah salinan atau back up data-data penting milik kamu dan recovery drive (ini sifatnya opsional)
  3. Carilah hasil unduhan Update Assistant kemudian klik tombol ‘Update Now’ atau ‘perbaiki sekarang;
  4. Sebelumnya, Windows akan mengecek dulu apakah perangkat kamu sudah memenuhi syarat compatible atau belum
  5. Setelah terpenuhi, kamu bisa klik tombol ‘Next’
  6. Selanjutnya, kamu tinggal menunggu proses download dan otomatis proses update selesai
  7. Setelah proses update selesai, akan muncul pemberitahuan restart komputer sesuai dengan persetujuan kamu
  8. Ini merupakan langkah terakhir dan selanjutnya windows di perangkat komputer atau laptop kamu sudah selesai di update

Melalui Windows Update

Cara Update Windows 10
Perbarui Windows 10 lewat fitur Windows Update | blogsayugi.com

Selain cara di atas, kamu juga bisa menggunakan fitur ‘Windows Update’ bawaan dari sistem operasi windows di komputer atau laptop kamu. Artinya kamu tidak perlu download software atau aplikasi tambahan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, klik tombol ‘Start’ atau ‘Windows’ yang ada di sisi kiri bawah layar
  2. Kemudian, buka menu ‘Pengaturan’ atau ‘Setting’ yang ditandai dengan ikon roda gigi
  3. Setelah itu, klik opsi ‘Update and Security’
  4. Kemudian, klik opsi ‘Windows Update’ yang berada di sidebar sebelah kiri
  5. Terakhir, klik ‘Check for Updates’. Jika perangkat kamu menerima update baru maka update-an tersebut akan terunduh secara otomatis di laptopmu

Setelah proses update selesai terunduh, langkah selanjutnya kamu harus merestart laptop atau komputer kamu untuk sementara waktu. Namun yang perlu diketahui, proses instalasi ini akan memakan waktu yang cukup lama.

Jika kamu sedang sibuk dan tidak bisa menunda pekerjaan lain untuk menunggu proses instalasi, kamu bisa menjadwalkan proses restart agar bisa dilakukan secara otomatis oleh perangkat komputer kamu setelah pekerjaanmu selesai.

Untuk langkah-langkah menjadwalkan instalasi update Windows 10 adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, klik opsi ‘Schedule the Restart’ yang berada di sebelah tombol ‘Restart Now’
  2. Secara otomatis, halaman penjadwalan update akan terbuka. Kemudian klik ‘Schedule a time’ hingga warna indikator berubah dan berubah menjadi tulisan ON
  3. Setelah itu, akan muncul opsi untuk memilih penjadwalan atau waktu update. Kemudian pilih tanggal dan jam yang kamu inginkan lalu klik tanda centang yang ada di bagian bawah

Untuk proses update Windows 10 sesuai langkah-langkah diatas bisa dilakukan untuk semua jenis Windows. Mulai dari Windows 10 home, Windows 10 Education, Windows 10 Entreprise, Windows 10 Pro-Education, hingga Windows 10 Pro 32 dan 64 Bit

Menggunakan Media Creation Tool

Cara Update Windows 10
Update Windows 10 | pureinfotech.com

Media Creation Tool atau yang sering disebut MTC merupakan sebuah fitur yang bisa digunakan untuk update Windows 10. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, unduh dan install MCT
  2. Setelah selesai install, klik opsi ‘Upgrade this PC now’
  3. Kemudian pilih ‘Next’ untuk mengunduh file update
  4. Setelah itu, otomatis akan muncul halaman ketentuan lisensi dan kamu klik opsi ‘Accept’ atau ‘Terima’
  5. MTC akan mengecek ketersediaan Update Windows 10 dan akan mengunduhnya secara otomatis
  6. Kemudian akan muncul halaman yang bertuliskan ‘Ready to install’
  7. Lalu, klik tombol ‘Pasang’
  8. Kemudian kamu pilih opsi ‘Keep Personal Files and Apps’ untuk mencegah agar dokumen atau aplikasi kamu tidak hilang saat proses update berlangsung
  9. Tunggu hingga proses update selesai dan lanjutkan dengan install hasil download an tadi

Melalui Microsoft Update Catalog

Cara Update Windows 10
Cara mudah update Windows 10 | yourwindowsguide.com

Cara update windows 10 yang terakhir adalah melalui Microsoft Update Catalog. Dimana ini adalah satu-satunya cara yang terjamin keamanannya dan legalitasnya.

Di situs Microsoft Update Catalog, kamu bisa mengunduh file update Windows 10 secara resmi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, kunjungi situs Microsoft Update Catalog: https://www.catalog.update.microsoft.com/Home.aspx, dengan menggunakan browser yang ada di laptop atau komputer kamu
  2. Kemudian, input file update yang kamu inginkan di kolom ‘Start Your Search’
  3. Lalu, untuk mengupdate Windows 10 kamu tinggal ketik ‘KB4048955’
  4. Setelah itu, akan muncul daftar file yang bisa kamu unduh. Pilih arsitektur x63 atau x83 dan versi windows 10 sesuai dengan produk laptop atau komputer kamu
  5. Selanjutnya, klik ‘Download’
  6. Setelah file terunduh, kamu tinggal instal file tersebut

Ada dua macam format file Microsoft pada Windows Update kali ini yaitu Microsoft Software Update (MSU) dan Cabinet (CAB).

Jika file yang kamu unduh berformat MSU, maka untuk menginstallnya cukup dengan klik 2 kali pada icon file.

Sebaliknya, jika file yang kamu unduh memiliki format CAB maka untuk pembaharuan bisa kamu instal dengan menggunakan Command Prompt.

Dan jangan lupa, setelah proses update selesai, kamu perlu me-restart perangkat komputer atau laptop kamu dengan durasi pembaharuan yang berbeda-beda.

Selain melakukan update secara manual, kamu juga bisa menggunakan sistem penjadwalan update agar sistem operasi Windows di laptopmu selalu aman dan up to date.


Itu dia 4 cara update Windows 10 yang bias sobat TahooTech praktekkan. Pilihlah cara update yang menurutmu paling mudah untuk dipraktekkan. Jangan lupa untuk rutin update windows demi performa laptop yang optimal. Selamat mencoba.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like