Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows/MacOS Tanpa Ribet

Jika ada aplikasi atau software yang tak terpakai, sebaiknya uninstall aja sob…

TahooTech – Kamu pasti salah satu orang yang memakai laptop sebagai gadget yang menunjang pekerjaan. Tapi, ingat loh. Selain pintar menggunakan laptop, kamu harus tahu juga cara uninstall aplikasi di laptop.

Kamu mengunduh aplikasi setiap saat untuk menyelesaikan masalah atau mencicipi tren terbaru di dunia maya. Untuk itulah tujuan aplikasi dibuat. Tetapi, seiring berjalannya waktu, hal ini dapat menyebabkan penumpukan aplikasi di komputer. Aplikasi menumpuk ini menyebabkan lambatnya sistem operasi dalam laptop. Lebih buruk lagi, beberapa aplikasi lama mungkin mulai menyebabkan masalah dengan pembaruan atau fungsi OS.

Ada dua cara untuk membuang program yang tidak diinginkan. Salah satunya adalah menggunakan fungsi atau program penghapusan instal-an. Atau dengan cara standar Windows, yaitu dengan menggunakan Aplikasi & fitur atau fungsi Tambah atau Hapus Program dari Panel Kontrol.

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop yang Menggunakan Windows

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop

Berikut ini adalah beberapa cara menghapus aplikasi dengan cepat dan menyelesaikan masalah penumpukan aplikasi kamu.

  1. Windows memberi kamu informasi praktis yang dapat membantu memilih aplikasi mana yang akan dihapus. Untuk mempelajari lebih lanjut, pergilah ke kotak pencarian di layar Windows kamu (di sebelah ikon Windows yang muncul ketika membuka menu Start). Setelah dapat, cari “Aplikasi & fitur.”
  2. Kotak pencarian akan memunculkan opsi untuk mengunjungi bagian “Aplikasi & fitur” pada menu Pengaturan. Pilih itu, dan jendela akan terbuka. Di sini kamu akan menemukan daftar aplikasi yang telah diunduh di komputer. Kamu dapat memilih untuk mencari daftar aplikasi tertentu, atau mengurutkan berdasarkan nama, berapa banyak ruang yang digunakan aplikasi, dan banyak lagi.
  3. Setelah kamu memfilter aplikasi yang disukai, kamu dapat memilih salah satu dari yang kamu inginkan. Ini akan membuka beberapa opsi untuk menambah atau menghapus aplikasi. Pilih “Copot pemasangan” dan aplikasi akan dihapus dari akun pengguna kamu (izin akan tetap ada jika kamu ingin mengunduh aplikasi lagi).

Metode alternatif: Perhatikan bahwa kamu dapat membuka aplikasi individual mana saja di menu Start dan klik kanan di atasnya atau tekan dan tahan jika kamu menggunakan layar sentuh. Untuk membuka menu mini yang menyertakan opsi uninstall. Namun, metode sebelumnya lebih baik jika kamu ingin membersihkan ruang atau menemukan aplikasi tertentu.

  1. Arahkan ke Uninstall Programs Utility

Kamu juga bisa mencoba menghapus aplikasi lewat Uninstall Programs Utility. Kamu hanya perlu harus tahu cara mengakses “Utilitas Tambah” atau “Hapus Program”. Aplikasi dan Fitur atau Fitur Program tergantung pada versi Windows yang kamu miliki.). Kecepatan waktu menghapus aplikasi juga tergantung pada ukuran aplikasi yang ingin kamu hapus dan kecepatan komputer kamu.

Uninstall Aplikasi di Windows 10

  1. Di bawah ini merupakan informasi untuk menghapus aplikasi di laptop yang menggunakan Windows 10.
  2. Pilih Mulai.
  3. Temukan program yang ingin kamu hapus dengan menggulir ke bawah daftar Semua Aplikasi.

  4. Ketika kamu menemukan program atau aplikasi Windows Store yang ingin kamu singkirkan, arahkan mouse kamu, dan klik kanan.
  5. Dari menu yang muncul pilih Uninstall.

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop

  1. Di Program dan Fitur, gulir sampai kamu menemukan aplikasi yang ingin kamu hapus, pilih, lalu pilih Copot pemasangan.

Baca juga: Praktis! 4 Cara Update Windows 10 Yang Bisa Kamu Praktekkan

Uninstall Aplikasi di Windows 8 / 8.1

Selain metode klik kanan yang tercantum di informasi sebelumnya, Windows 8.1 memiliki cara serupa untuk menghapus aplikasi melalui panel kontrol Program dan Fitur.

  1. Tekan Tombol Windows atau pilih ‘Mulai’ di sudut kiri bawah untuk membuka ‘Layar Mulai’.
  2. Temukan aplikasi yang ingin kamu hapus dan klik kanan ikon aplikasi dan pilih Uninstall.
  3. Program dan Fitur applet panel kontrol akan terbuka. Pastikan aplikasi yang benar dipilih.
  4. Pilih Uninstall / Change dan ikuti wizard uninstall untuk menyelesaikan penghapusan.

Kamu juga dapat langsung menuju applet panel kontrol Program dan Fitur dengan melakukan hal berikut:

Windows 8.1: Klik kanan menu Mulai dan pilih Program dan Fitur dari menu konteks.

Windows 8: Arahkan kursor kamu ke sudut kiri bawah desktop hingga kamu melihat gambar kecil dari ‘Layar Mulai’. Klik kanan pada menu konteks dan pilih Program dan Fitur.

Uninstall Aplikasi di Windows 7

Sama seperti pada sistem Windows sebelumnya, Windows 7 menggunakan menu Start untuk memulai uninstall apa pun.

  1. Pilih tombol Mulai (tombol bulat Windows berwarna-warni).
  2. Pilih Panel Kontrol.

  3. Pilih Program.

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop

  1. Di bawah Program dan Fitur, gulir untuk menemukan program yang ingin kamu hapus instalasinya.
  2. Pilih programnya lalu pilih Uninstall.

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop

  1. Ikuti terus arahan sampai pada konfirmasi penghapusan instal-an untuk menyelesaikan penghapusan aplikasi.

Baca juga: Cara Update Windows 7 Tanpa Ribet

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop yang Menggunakan MacOS

Selain di Windows, berikut beberapa informasi cara menghapus aplikasi di Mac.

  1. Untuk menghapus satu aplikasi dengan cepat, buka Finder. Kamu dapat meluncurkan Finder kapan saja dengan memilih ikon wajah persegi di dock MacOS jika kamu belum membuka jendela manajemen file ini.
  2. Di bagian sisi kiri jendela Finder, cari bagian Aplikasi. Buka di situ untuk melihat semua aplikasi yang telah diunduh di Mac kamu. Aplikasi diatur dalam urutan abjad, meskipun sebenarnya kamu dapat mengatur daftar dengan berbagai cara.
  3. Klik kanan pada aplikasi yang ingin kamu singkirkan. Langkah ini akan memunculkan menu dropdown: Di bagian ini, pilih “Pindahkan ke Sampah.”

Semua item di ‘Sampah Anda’ akan dihapus setelah jangka waktu tertentu, atau kamu dapat masuk dan menghapus sendiri item ‘Sampah’ kapan saja kamu mau. Tidak seperti di Windows, langkah ini sebenarnya akan menghapus aplikasi sepenuhnya.

Metode alternatif dengan Launchpad: Pertama, kamu harus membuka Launchpad, alat manajemen aplikasi terpisah yang mungkin lebih suka kamu gunakan. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menekan tombol pintas F4, atau ikon Launchpad pada Bilah Sentuh.

Jika kamu tidak memiliki opsi-opsi itu, maka cari Launchpad di Aplikasi kamu. Launchpad akan membuka layar yang akan memunculkan semua aplikasi yang saat ini kamu miliki di platform MacOS. Aplikasi akan muncul dalam urutan abjad, sehingga kamu dapat memilihnya satu per satu sampai menemukan aplikasi tertentu yang ingin dihapus.

Setelah kamu menemukan aplikasi yang ingin disingkirkan, pilih dan tahan dengan mouse / jari. Pada saat itu, ikon “X” putih akan muncul. Pilih ini, dan MacOS akan menanyakan apakah kamu ingin menghapus aplikasi. Konfirmasikan dengan mengetuk “Hapus,” dan aplikasi akan hilang.

Perhatikan bahwa ada beberapa aplikasi sistem di Launchpad yang tidak dapat kamu hapus, jadi jangan khawatir jika menghapus sesuatu yang penting secara tidak sengaja.


Itulah beberapa cara uninstall aplikasi di laptop yang dengan mudah bisa sobat TahooTech terapkan jika memerlukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like