[ Trik Simple ] Cara Sharing Printer Windows 7, 8, 10

TahooTech – Jika kamu memiliki printer USB yang tidak memiliki Wi-Fi atau konektivitas LAN, kini Windows  bisa membantu membuatnya sangat mudah untuk mengubah komputer kamu menjadi server cetak dengan menyambungkan printer USB ke jaringan agar semua orang dapat mengaksesnya dengan hanya beberapa klik.

Berbagi printer bukanlah hal yang baru, ini adalah fitur yang telah menjadi bagian dari sistem operasi dari waktu yang lama, dan kamu masih dapat menggunakannya pada Windows 7 ke atas.

Dalam panduan ini, kamu akan mempelajari cara sharing printer di Windows melalui jaringan tanpa perlu menyiapkan Homegroup.

Perlu diketahui bahwa langkah-langkah untuk menyambungkan printer di Windows 7, Windows 8, Windows 10 adalah tidak jauh beda. Untuk lebih jelasnya langsung simak panduan di bawah ini.

Cara Sharing Printer di Windows

Cara Sharing Printer Windows

Untuk dapat menghubungkan printer di windows, hal yang pertama dilakukan adalah melakukan pengaturan awal dengan mengaktifkan fitur “File and Printer Sharing”. Berikut cara pengaktifannya.

  1. Langkah pertama membuka Control Panel. Cara alternatifnya dengan tekan tombol Windows+R, kemudia ketik control panel pada kolom dan klik OK atau tekan Enter.
  2. Menu control panel terbuka, pilih Network and Internet pada menu control panel.

  3. Setelah menu Network and Internet terbuka, selanjutnya pilih Network and Sharing Center.

  4. Lihat sisi kiri terdapat beberapa daftar, pilih Change Advanced Sharing Settings.

  5. Untuk dapat sharing file ataupun printer, pilih Turn On Network Discovery dan Turn On File and Printer Sharing. Dengan memilih pilihan ini maka pengguna lain dapat mengakses file atau printer yang akan disharing
  6. Agar orang lain bebas mengakses file atau printer yang kamu share, klik All Network lalu geser layar ke bawah dan pilih Turn Off Password Protected Sharing. Dengan menonaktifkan fitur ini, pengguna lain tidak perlu memasukkan password saat hendak menggunakan file dan printer yang kamu sharing.

    Langkah ini bersifat optional. Jika menurut kamu password log in adalah penting, kamu bisa pilih Turn On Password Protected Sharing dan mengaturnya.

  7. Jangan lupa klik Save Changes. Sekarang fitur File and Printer Sharing sudah aktif dan kamu bisa melakukan sharing printer.
  8. Buka menu control panel kembali. Terdapat kategori Hardware and Sound, pilih View Device and Printers.

  9. Klik kanan pada icon printer yang akan dishare. Pilih Printer Properties.
  10. Pilih tab Sharing, centang Share this printer kemudian isi kolom share name. Klik OK

Pada tahap ini printer sudah selesai dishare dan siap untuk disambungkan dengan komputer lain yang berada di dalam satu jaringan yang sama misalnya jaringan wifi yang sama.

Agar komputer lain dapat terhubung ke printer yang baru saja kamu aktifkan, yang harus dilakukan hanya perlu menambahkan printer untuk dibagikan ke komputer lain.

Baca juga:

Untuk menghubungkan komputer dengan printer yang telah dishare simak caranya berikut ini.

Cara Akses Printer yang di-Share

Cara Sharing Printer Windows

  1. Sebelum menghubungkan komputer atau laptop kamu ke printer yang telah dishare, aktifkan fitur “File and Printer Sharing” dengan Turn On Network Discovery dan Turn On File and Printer Sharing sama seperti cara yang sudah disebutkan di atas.

  2. Untuk mengakses printer kamu harus membuka File Explorer bisa dengan cara menekan tombol Windows+E kemudian pilih Network. Klik nama komputer yang telah terhubung dengan printer, contohnya: LAPTOP-O0AF4TL0.

    Kemungkinan terdapat nama komputer atau laptop lain yaitu komputer atau laptop kamu sendiri, jadi abaikan saja.

  3. Kemudian akan terlihat apa saja yang dishare oleh komputer atau laptop tersebut. Pilih nama printer yang akan disambungkan, klik kanan pilih Connect. Tunggu hingga proses connecting selesai.
  4. Sekarang kamu bisa menggunakan printer yang sudah dishare. Sebelum menggunakannya pilih printer yang dishare dan pastikan printer dalam keadaan Ready.

Hal Penting Yang Perlu Diketahui Saat Sharing Printer

Cara Sharing Printer Windows

Sharing printer tidak serta merta dapat digunakan tanpa di bawah pengawasan. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan sharing printer, diantaranya:

  • Nyalakan satu komputer

    Sharing printer dapat dilakukan jika terdapat salah satu komputer yang menyala. Dibutuhkan komputer yang master untuk tetap menyala jika menggunakan printer yang tidak memiliki port LAN.

  • Pilih printer terbaik

    Tidak semua printer dapat menjalankan perintah pada frekuensi aktivitas cetak yang tinggi. Untuk itu, pilihlah printer dengan performa yang baik. Sehingga jika digunakan untuk mencetak dalam jumlah banyak, printer tidak cepat mengalami kerusakan.

  • Pantau kondisi jaringan

    Memantau kondisi jaringan agar selalu dalam keadaan stabil dan bagus dapat mempermudah aktivitas mencetak. Jika terdapat gangguan saat mencetak pasti akan memperlambat aktivitas bekerja lainnya.

Baca juga: 

Manfaat Sharing Printer

Cara Sharing Printer Windows

Banyak manfaat yang dirasakan jika kamu menggunakan cara sharing printer ini. Maka dari itu teknikini sangat sering digunakan pada perkantoran atau institusi untuk menjalankan aktivitas administrasi mereka. Manfaat dari sharing printer antara lain :

  • Menghemat biaya, waktu dan tenaga

    Ketersediaan jumlah komputer yang banyak di perkantoran sudah memakan biaya yang tidak sedikit.

    Apalagi jika harus menggunakan satu printer untuk satu komputer, bisa dibayangkan berapa besaran biaya yang harus dikeluarkan. Menggunakan satu printer untuk dihubungkan dengan beberapa komputer bisa menambah keefektifan baiaya, waktu dan tenaga.

    Cara ini juga menjadi langkah yang tepat karena kamu tidak perlu repot untuk memindahkan kabel usb printer dan dapat mencetak dokumen dalam waktu tanpa harus menunggu dokumen lainnya selesai untuk dicetak.

  • Menghemat ruangan

    Sudah jelas bahwa sharing printer bisa digunakan oleh beberapa orang dan dapat bertukar file atau dokumen antar komputer dalam satu jaringan.

    Selain itu penggunaan satu printer dapat menghemat tempat penyimpanan. Bayangkan jika satu komputer dan satu printer untuk setiap orang, sementara dalam satu ruangan terdapat 20 karyawan. Pasti akan membutuhkan luas ruang yang besar atau jika ruangan kecil konsekuensinya adalah terlihat semakin sempit.

  • Tidak hanya printer

    Dari judulnya menunjukan bahwa aktivitas ini hanya untuk menghubungkan beberapa komputer dengan satu printer.

    Tapi jangan salah kira bahwa sebenarnya fitur ini juga bisa digunakan untuk membagikan file dan penyimpanan antar komputer yang masih dalam satu jaringan.


Nah, sobat! Begitulah cara sharing printer berlaku untuk windows 7, windows 8, dan windows 10. Jangan lupa untuk mencatat apa saja hal yang perlu diperhatikan saat melakukan sharing printer.

Banyaknya manfaat yang didapatkan ketika menerapkan teknik sharing printer semoga membuat kamu lebih efektif dalam melakukan pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like