Cara Monetisasi YouTube Tanpa 1000 Subscribe, Cuan!

YouTube saat ini bukan saja sebagai aplikasi menonton video. Aplikasi inipun menjadi ladang uang bagi YouTuber serta pembuat konten. Terlebih saat ini ada cara monetisasi YouTube tanpa 1000 subscribe.

Adanya YouTube AdSense memudahkan bagi pembuat konten dan YouTuber mengeruk keuntungan. Saat ini untuk mendaftarkan AdSense dan monetisasi YouTube, tidak perlu menunggu memiliki 1000 subscribers lebih dulu. Terdapat cara monetisasi YouTube tanpa 1000 subscribe yang bisa dilakukan, berikut ini langkahnya:

1. Verifikasi Akun YouTube

Cara Monetisasi YouTube Tanpa 1000 Subscribe

Cara pertama ialah dengan memastikan akun YouTube sudah terverifikasi. Langkah ini sangat penting pasalnya hanya akun terverifikasi yang bisa mengunggah video berdurasi panjang. Pembuat konten pun mulai dapat mengunggah video YouTube dengan durasi lebih 15 menit.

Bila akun YouTube belum terverifikasi, maka batasan durasi video yang bisa diunggah di YouTube hanya 15 menit saja. Untuk melakukan verifikasi, ikuti langkahnya di bawah ini:

  • Masuk ke halaman Upload video di YouTube.
  • Pada bagian bawah halaman, klik link untuk Increase Your Limit.
  • Verifikasi akan dilakukan dengan mengirimkan kode melalui pesan singkat atau pesan suara.
  • Masukan kode tersebut lalu klik tombol Submit.
  • Saat proses verifikasi sudah berhasil, keterangan akun akan berubah menjadi Partner Verified.

Ketika akun sudah terverifikasi, sudah bisa mulai mengunggah video berdurasi panjang. Sehingga jam tayang kanal YouTube semakin bertambah.

2. YouTube Partner Program

Cara Monetisasi YouTube Tanpa 1000 Subscribe

Berikutnya, mulai ikuti YouTube Partner Program. Untuk mulai mengikuti program ini, pertama-tama masuk ke YouTube Creator Studio terlebih dahulu.

Pada dashboard YouTube Creator Studio, klik menu Other Features kemudian pilih Monetization. Selanjutnya terdapat jendela pop-up untuk persetujuan YouTube Partner Program.

Beri tanda centang untuk menyetujui semua ketentuan. Pilihan untuk email pihak YouTube bisa dilewatkan. Lalu klik tombol I Accept.

3. Hubungkan Akun YouTube dengan AdSense

Cara Monetisasi YouTube Tanpa 1000 Subscribe
accestrade.co.id

Cara monetisasi YouTube tanpa 1000 subscribe berikutnya dengan menghubungkan pada akun AdSense. Tidak perlu risau. Langkah ini bisa dilakukan sebelum kanal YouTube mendapatkan 1000 subscribers maupun 4000 jam tayang.

Jika sebelumnya sudah memiliki akun AdSense, maka cukup hubungkan dengan YouTube. Tidak perlu membuat akun AdSense baru. Sebaliknya bila belum memiliki akun AdSense maka bisa membuat khusus untuk YouTube.

Pada halaman untuk Apply For Monetization, klik tombol Start di pilihan Sign Up For AdSense. Kemudian isi formulir berisi data diri dan akun. Isi juga kolom untuk Negara dan target wilayah, selanjutnya klik tombol Create Account.

Selanjutnya halaman dashboard YouTube AdSense akan terbuka. Isi formulir sekali lagi. Pastikan pula sudah mengisi data alamat dengan benar untuk memudahkan proses pencairan AdSense.

4. Atur Monetisasi

Cara Monetisasi YouTube Tanpa 1000 Subscribe
whysurfswim.com

Langkah berikutnya untuk cara monetisasi YouTube tanpa 1000 subscribe dengan melakukan pengaturan monetisasi.

Klik tombol Start di opsi menu Set monetization preference. Berikutnya atur penempatan iklan untuk monetisasi video YouTube nantinya. Pengaturan iklan monetisasi YouTube yang bisa dipilih antara lain:

  • Tipe iklan Display.
  • Iklan tipe Overlay.
  • Iklan video Skippable.
  • dan Video iklan Sponsored.

Penting diperhatikan bahwa masing-masing pengaturan iklan di atas akan menentukan banyak sedikitnya pendapatan dari YouTube. Seperti misalnya Skippable video ads yang memang diketahui lebih baik untuk monetisasi dibandingkan lainnya.

5. Proses Review dari YouTube

Cara Monetisasi YouTube Tanpa 1000 Subscribe
hipwee.com

Tahapan di atas merupakan cara terakhir untuk melakukan monetisasi. Selanjutnya hanya perlu menunggu hasil review dari YouTube. Setelah itu, akun YouTube sudah akan bisa dimonetisasi.

Proses untuk monetisasi sudah bisa dilakukan sebelum mencapai 1000 subscribers dan 4000 jam tayang. Setelah proses selesai, sembari menunggu review dari YouTube bisa memperbanyak unggahan video dan mengumpulkan subscribers. Mudah bukan untuk cara monetisasi YouTube tanpa 1000 subscribe?

You May Also Like