Cara Menghilangkan Garis Merah di Word dengan Cepat dan Mudah!

Hilangkan saja~~~

TahooTechSimple lho ternyata cara menghilangkan garis merah di Word saat asik ngetik surat buat nagih hutang…

Terlepas dari kehebatan Word yang telah diakui oleh banyak orang, ada beberapa hal yang menurut kita tampak sekali mengganggu pandangan penulis pada layar laptop.

Garis merah yang muncul ketika selesai mengetik suatu kata terkadang membuat pandangan si penulis terasa terganggu.

Khususnya ketika penulis mencoba mencermati kata-kata yang sudah ia tulis. Garis merah tampak merusak kejelasan penampilan huruf dan kata sehingga kadang dicap sebagai pengganggu di Microsoft Word.

Akhirnya garis merah bukannya menjadi fitur yang diunggulkan malah menjadi seperti bumerang yang membuat penulis menjadi merasa terganggu atas kehadirannya.

Tujuan Sebenarnya Si Garis Merah

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Sebenarnya, Tujuan dibuatnya garis merah oleh pengembang Microsoft Word mempunyai maksud dan tujuan yang sangat baik yakni untuk membantu para penggunanya dalam mencegah kesalahan penulisan atau sering disebut dengan typo.

Namun malangnya, pengecekan typo ini hanya bisa dilakukan dengan menentukan regional Word sobat.

Sebagai contoh yang terjadi pada umumnya, Word akan menghitung semua tulisan yang diketik menggunakan bahasa Indonesia sebagai kesalahan dan hal itu memunculkan garis merah di setiap bawah kata yang telah kita tulis.

Mengapa demikian? Karena pengaturan default untuk regional pada Word sobat adalah regional United States dengan bahasa Inggris tentunya

Lalu bagaimana dengan garis hijau yang muncul juga di Word? Apakah sama dengan garis merah yang mengindikasikan adanya typo? Tidak, garis hijau yang muncul di setiap kata setelah kita ketik pada Microsoft Word menyatakan bahwa grammar yang kita tulis salah. Artinya, garis hijau berfungsi sebagai alat untuk mengecek benar salahnya grammar yang dipergunakan.

Dan lagi-lagi, bahasa yang digunakan harus menggunakan bahasa Inggris dengan regional United States.

Tentu saja ketika sobat menggunakan fitur garis hijau ini akan sangat terbantu ketika sobat sedang membuat artikel ataupun karya tulis menggunakan bahasa Inggris.

Mungkin saja kita tidak tahu apakah kata-kata yang kita tulis itu merupakan kata yang benar dari grammar dan tenses yang ada.

Baca juga: Cara Menghapus Halaman Di Word (PC dan Android)

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Sebelum memulai langkah untuk menghilangkan garis merah di Word, sobat perlu ketahui tipe keluaran Microsoft Word yang sobat install apakah 2003, 2007, 2010, atau 2016.

Mengapa demikian? Sebab penyelesaian untuk menghilangkan garis merah memiliki langkah yang berbeda oleh sebagaian tipe keluaran tertentu.

Namun jangan khawatir, perbedaan yang paling mendasar antara office keluaran 2016 dengan office keluaran dibawah 2010 adalah letak menu file di Word itu sendiri.

Jika Microsoft Word 2016 sudah menampilkan menu file berada di halaman utama, Microsoft Word dengan keluaran 2010 kebawah masih menggunakan logo office sebagai menu file aplikasi tersebut.

Namun tenang, secara keseluruhan teknik yang digunakan untuk menghilangkan garis merah di Word adalah sama. Langsung saja mari kita simak caranya sebagai berikut:

1. Word 2016 dan 2010

Bagi sobat pengguna Word 2016 maupun 2010, berikut langkah-langkah yang bisa sobat coba.

  • Siapkan dan buka dokumen Word yang memiliki garis merah dan ingin sobat hilangkan
  • Klik File yang bertempat di bagian pojok atas

  • Akan muncul beberapa menu umum Microsoft Word. Silahkan sobat pilih menu option yang berada di bawah sendiri

  • Jika sobat sudah berhasil mengeklik, tampilan Word akan memunculkan kotak jendela option. Pilihlah menu Proofing di jendela tersebut

  • Ketika sobat berhasil masuk ke jendela proofing, Sobat dapat mengatur bagaimana garis merah dapat hilang di dokumen sobat dengan cara menghilangkan tanda ceklis yang sudah ada sebelumnya di bagian check spelling as you type. Bagaimana dengan menghilangkan garis hijau yang terkadang juga muncul di dokumen sobat? Ya sama dengan penjelasan sebelumnya dengan menghilangkan ceklis di bagian grammar error as you type

  • Setelah sobat berhasil menghilangkan ceklis di bagian tersebut, Sobat dapat langsung klik ok untuk menyimpan hasil perubahan konfigurasi yang sobat lakukan.
  • Sobat bisa cek langsung pada dokumen sobat bahwa garis merah sudah berhasil hilang. Bagaimana sangat mudah dan cepat bukan?

Baca juga: 7 Cara Membuat Halaman Di Word Dengan Mudah

2. Word 2007 dan 2003

Bagaimana dengan pengaturan untuk office di bawah tahun 2010? Caranya pun sangatlah mudah. Sebenarnya hampir sama dengan Word yang sudah dijelaskan di atas, namun akan sedikit berbeda ketika ingin memasuki menu proofing di Word 2003 & 2007.

  • Seperti langkah diatas, Sobat dapat membuka dokumen pekerjaan sobat yang yang terdapat garis merah di dalamnya.
  • Arahkan kursor menuju icon office yang ada di bagian pojok kiri atas lalu klik.

  • Setelah sobat klik, akan muncul tampilan menu office dan pilih word option dibagian paling bawah sendiri.

  • Ya hampir sama dengan cara menghilangkan garis merah di Word 2016, Sobat dapat menuju ke menu proofing.
  • Pada menu ini sobat dapat menghilangkan ceklis pada bagian check spelling as you type dan grammar error as you type
  • Jika sudah selesai Sobat bisa klik ok untuk menyimpan perubahan

Baca juga: Cara Aktivasi Microsoft Office dengan Mudah


Microsoft Word adalah salah satu piranti lunak Microsoft Office yang sangat terkenal untuk membantu menyelesaikan tugas dibidang pengetikan.

Perlu sobat tahu, hampir di seluruh dunia menggunakan Word sebagai aplikasi pengetikan terbaik yang pernah ada.

Terbukti dengan komentar serta review positif tentang Word dan aplikasi besutan Microsoft Office lainnya.

Selain tampilannya yang ramah dan bisa digunakan oleh semua kalangan, fitur yang ditawarkan pun sangatlah lengkap dibandingkan dengan aplikasi pengetikan lainnya.

Selesai juga akhirnya. Begitulah cara menghilangkan garis merah di Word dengan mudah dan cepat. Dengan menghilangkan ceklis pada bagian yang sudah dijelaskan diatas maka dokumen Sobat tidak akan memunculkan garis merah kembali. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like