Cara Menghapus Halaman Di Word (PC dan Android)

Ketahuilah menghapus halaman di Word tak semudah menghapus kenangan bersamanya…

TahooTech – Sedang melakukan cetak dokumen Word lalu ada halaman kosong yang belum terhapuskan? meskipun microsoft word dianggap mudah pengoperasiannya, tetapi terdapat beberapa masalah yag kadang muncul.

Salah satunya adanya halaman kosong di tengah dan akhir halaman yang akan merusak format file. Oleh karena itu, mengetahui cara menghaps halaman di word ternyata sangat mudah loh.

Sobat, tak perlu merasa bingung dan khawatir khawatir karena print out semua filemu akan lebih mudah tanpa halaman kosong sehingga memudahkanmu saat bekerja.

Cara Menghapus Halaman Di Word dengan Benar dan Mudah

Cara Menghapus Halaman Di Microsoft Word

Sobat TahooTech cara menghapus halaman di Word dengan benar dan mudah ternyata sangatlah mudah loh, Yuk ikuti beberapa caranya di bawah ini.

1. Cara Menghapus Halaman Kosong Terakhir di Word

Sobat menemukan halaman kosong di akhir halaman Word? kalian sudah coba dengan menekan tombol delete di keyboard tetapi masih tidak terhapus juga. Jangan khawatir, sobat bisa melakukan cara lengkapnya di bawah ini.

  • Tampilkan simbol paragraf

    Pertama, tampilkan simbol paragraf di tab home lalu klik ikon show/hide paragraph atau bisa juga menggunakan shortcut keyboard CTRL+Shift+8. Tujuannya yaitu untuk melihat bagian paragraf yang kosong di file dokumen yang sobat miliki.

  • Scroll ke halaman kosong di akhir dokumen

    Langkah berikutnya sobat bisa scroll ke halaman kosong di akhir dokumen menggunakan keyboard ctrl+end untuk melihat langsung ke bagian halaman terakhir.

    Dari sini kalian bisa melihat beberapa simbol paragraf tanpa ada tulisan yang menyebabkan dokumen Word memiliki halaman kosong di bagian akhir.

    Nah, untuk menghapusnya soat bisa block semua simbol paragrafnya lalu tekan tombol delete di keyboard.

Ternyata caranya cukup mudah, bukan? Sobat TahooTech bisa melakukannya sebelum melakukan print out agar tidak boros kertas.

Baca juga: 7 Cara Membuat Halaman Di Word Dengan Mudah

2. Cara Menghapus Halaman Kosong di Tengah pada Word

Berikutnya, sobat TahooTech juga dapat menghapus halaman kosong di tengah halaman Word. Dengan cara yang serupa tentunya cara yang dilakukan juga tak jauh berbeda dengan sebelumnya, Yuk ketahui cara yang terdapat di bawah ini ya.

  • Tampilkan Simbol Paragraf

    Langkah pertama untuk menghapus halaman kosong di tengah Word yaitu tampilkan terlebih dahulu simbol paragrafnya di bagian dokumen Word agar lebih memudahkan kita untuk menghapus halaman yang kosong.

    Untuk cara lebih mudahnya, sobat bisa langsung tekan tombol shortcut Ctrl + Shift + 8 agar mampu menampilkan lebih cepat.

  • Scroll Menuju ke Halaman yang Kosong

    Berikutnya, sobat bisa langsung scroll ke bagian halaman Word yang kosong tadi untuk melihat ada banyak simbol paragraf ataupun page break yang menjadi penyebabnya.

  • Hapus paragraf yang kosong

    Setelah itu, sobat bisa block semua paragraf yang kosong termasuk page break lalu langsung saja tekan tombol delete di bagian keyboardnya.

Baca juga: Cara Aktivasi Microsoft Office dengan Mudah

3. Cara Menghapus Halaman di Word yang Ada di Akhir Tabel

Setelah membuat tabel lalu memunculkan adanya halaman kosong menjadi hal yang sudah sering terjadi. Nah, munculnya permasalahan tersebut terkadang membuat pengguna menjadi merasa bingung.

Untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya sobat ikuti cara mudahnya yang terdapat di bawah ini.

  • Tampilkan simbol paragraf

    Langkah pertama, sobat harus tampilkan simbol paragraf pada dokumen Word dengan tujuan agar lebih mudah saat akan menghapus bagian yang kosong. Cara mudahnya, sobat bisa gunakan shortcut Ctrl + Shift + 8.

  • Block semua paragraf yang kosong

    Selanjutnya, sobat bisa block semua paragraf yang kosong yang terdapat di dekat tabel. Jika sudah, tekan tombol ‘Delete’ di keyboard.

    Setelah itu, cek kembali dengan CTRL+Shift+8 apakah masih ada halaman kosong di bawah tabel atau tidak. Jika masih ada, lakukan cara tersebut berulangkali ya sobat.

4. Cara Menghapus Halaman Kosong di Halaman Awal

Mengalami permasalahan adanya halaman kosong di awal halaman word? sobat bisa mengatasinya melalui beberapa langkah mudah di bawah ini.

  • Klik pada bagian pojok kanan bawah halaman. Sobat tekan tombol delete di keyboard komputer sampai halaman tersebut berhasil dihapus.
  • Sorot symbol yang menunjukan halaman kosong, lalu sobat klik delete.
  • Jika sobat menjumpai adanya dua halaman kosong atau lebih banyak maka kita tekan saja tombol CTRL + SHIFT + End. Tujuannya digunakan untuk menyorot semua halaman kosong yang ada mulai dari posisi kursor awal halaman sampai akhir halaman yang ada di Word.

  • Klik tombol ikon Show/hide yang ada di paragraph halaman word tersebut.
  • Tekan tombol keyboard CTRL + SHIFT + 8 hal ini untuk menghilangkan symbol – symbol yang tadi sudah dimunculkan.
  • Selesai, halama word yang kosong sudah berhasil dihapus.

Sebenarnya, cara menghapus halaman di word cukup mudah tetapi dibutuhkan kesabaran dan ketenangan saat melakukannya.

Cara Menghapus Halaman di Word Android

Cara Menghapus Halaman Di Microsoft Word

Kini, para penggunaan gadget seringkali membuka file word menggunakan smartphone atau android. Tak jarang menjumpai permasalahan adanya halaman kosong di dokumen Word, lalu bagaimana cara menghapusnya? Tentu saja sobat bisa melakukan beberapa cara mudah di bawah ini.

  • Buka dokumen Word

    Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menghapus halaman word di ponsel androidmu yaitu buka terlebih dahulu aplikasi Microsof Word di androidmu. Jika belum punya, bisa download WPS di Play Store atau aplikasi yang lainnya.

  • Block semua paragraf yang kosong

    Berikutnya, sobat bisa langsung blok semua paragraf yang kosong kemudian tap dan tahan halaman word yang kosong tersebut lalu delete. Gampang kan? tak perlu menghapus lewat komputer ternyata menggunakan ponsel juga sangatlah mudah.

Cara Sederhana Menghapus Halaman Kosong di Word

Cara Menghapus Halaman Di MS Word

Jika cara sebelumnya dianggap lebih rumit maka sobat bisa menggunakan cara sederhana untuk menghapus halaman kosong di word, lalu gimana cara mudahnya?

  • Sobat klik pojok kanan bawah halaman dan tekan tombol backspace atau delete sampai halamannya hilang.
  • Jika halaman kosongnya ada di akhir maka bisa langsung tekan tombol keyboard CTRL+end+backspace.
  • Apabila Sobat menghapus halaman yang ada konten di dalamnya maka harus klik awal konten yang akan dihapus lalu tahan tombol shif dan klik di akhir konten yang akan dihapus. Jika sudah menghapus konten yang dipilih maka tekan tombol delete di keyboard sobat.
  • Apabila halaman kosong muncul saat print out, tetapi tidak muncul di file dokumen word biasanya Sobat sudah mengkonfigurasi printer untuk mencetak halaman pemisah antar file pekerjaan sehingga sobat harus memeriksa pengaturan diprinter.
  • Apabila sobat ingin menghapus seluruh dokumen, bukan hanya satu halaman maka bisa langsung memilih untuk menghapus file.

Lebih simple bukan? Sobat TahooTech bisa melakukan cara menghapus halaman di word sendiri saat melakukan print priview kemudian melihat ada halaman kosong sehingga tidak menghabiskan waktu kerjamu.

Kenali beberapa penyebab halaman kosong di Word yang akan membuat hasil cetak dokumennya menjadi kurang maksimal dengan cara yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like