Cara Menghapus Akun Facebook Dengan Mudah

Kamu perlu tahu cara tepat dan aman ketika menghapus akun Facebook.

TahooTech – Tahukah sobat cara menghapus akun Facebook dengan aman dan dalam situasi kondisi tertentu?

Sobat pasti sudah sangat familiar dengan Facebook, salah satu market leader media sosial yang memiliki 2,23 miliar pengguna aktif di seluruh dunia.

Aplikasi jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini memiliki beragam fitur yang memudahkan proses komunikasi para pengguna untuk keep in touch dengan teman, keluarga maupun kenalan dari berbagai negara.

Namun, semenjak boomingnya instagram dan beberapa aplikasi sosial media lain, perlahan-lahan Facebook mulai ditinggalkan.

Kebanyakan milenial lebih tertarik menggunakan instagram dibandingkan Facebook. Meskipun demikian, bagi kalangan dewasa atau orang tua, facebook masih menjadi nomor satu.

Apalagi buat para pebisnis online yang ingin menjangkau pasar global. Mereka masih menggunakan facebook sebagai media sosial utama untuk mempromosikan produk mereka lewat grup export import yang ada di facebook maupun Fb Ads.

Seperti yang Sobat ketahui, akhir-akhir ini sistem keamanan data di facebook agak sedikit terganggu.

Bahkan baru-baru ini kebocoran data di Facebook sedang ramai diperbincangkan. Belum lagi, banyak oknum yang dengan sengaja membajak atau menyalahgunakan akun pengguna lain untuk kepentingan yang merugikan si pemilik akun.

Banyak pengguna yang memilih untuk menghapus atau menonaktifkan akun mereka dan membuat akun baru demi keamanan.

Dan buat Sobat yang ingin menghapus akun facebook yang sudah tidak dipakai namun masih bingung bagaimana caranya, berikut informasi tentang cara menghapus akun facebook dengan mudah.

Hal-hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menghapus Akun Facebook

Demi keamanan, sebelum menghapus akun facebook pengguna disarankan untuk mengunduh data-data penting di facebook baik itu profil, foto maupun postingan lainnya. Caranya, masuk ke menu Pengaturan kemudian pilih Unduh Salinan lalu pilih Unduh Arsip.

Selain itu, setelah menempuh cara menghapus akun facebook secara permanen, pengguna juga disarankan untuk mendisintegrasikannya dengan aplikasi lain yang terhubung dengan akun facebook saat proses pendaftaran atau login akun. Seperti akun marketplace (Shopee, Tokopedia, dll), aplikasi streaming online (Spotify, Joox), aplikasi pemesanan tiket online dan lain sebagainya.

Caranya tidak lain dan tidak bukan adalah dengan cara manual yaitu dengan menghapus satu-satu akun yang terhubung dan menggantinya dengan yang lain.

Cara Menghapus Akun Facebook

Cara Menghapus Akun Facebook

Setelah akun facebook dihapus, maka Sobat tidak bisa mengaksesnya kembali seperti semula. Berikut ini adalah beberapa hal yang akan terjadi setelah kamu menghapus akun facebook, antara lain:

1. Pengguna tidak bisa mengakses kembali akan yang sudah dihapus

2. Pengguna tidak bisa lagi menggunakan facebook login untuk mengakses akun di aplikasi lain yang pendaftarannya menggunakan akun facebook seperti Spotify, Pinterest, dan lain-lain

3. Facebook akan menunda penghapusan beberapa hari setelah permintaan penghapusan diajukan. Dan permintaan tersebut akan dibatalkan jika pengguna masuk kembali mengakses akun selama waktu tersebut

4. Proses penghapusan akan membutuhkan waktu antara 14-90 hari tergantung banyaknya postingan yang dikirim pengguna selama masih menggunakan akun tersebut. Dan selama waktu itu, informasi Facebook tidak bisa diakses lagi

Cara Menghapus Akun Facebook5. Teman lain masih bisa mengakses pesan yang kamu kirim setelah akun dihapus. Namun, beberapa informasi seperti riwayat pesan terkirim tidak tersimpan di akun pengguna

Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen

Cara Menghapus Akun Facebook

Untuk menghapus akun facebook secara permanen bisa dilakukan lewat PC (laptop) atau HP android (smarthphone). Proses penghapusan akun facebook terbilang sangat simple meskipun membutuhkan waktu yang lumayan lama.

Berikut ini cara menghapus akun facebook secara permanen yang bisa Sobat praktekkan:

1. Pertama, login atau masuk ke akun facebook yang akan dihapus

2. Kemudian, Klik panah yang menunjuk ke bawah di bagian pojok kanan atas halaman Facebook

3. Setelah itu, Klik Pengaturan lalu Klik Informasi Facebook di kolom kiri akun

4. Lalu, Klik Penonaktifan dan Penghapusan

5. Pilih Hapus Akun lalu Klik Penghapusan Akun

6. Kemudian, masukkan kata sandi, lalu Klik Lanjutkan > Hapus Akun

Cara Menghapus Akun Facebook Orang Lain

Cara Menghapus Akun Facebook

Selain menghapus akun facebook sendiri, Sobat juga bisa menghapus akun orang lain. Misalnya, akun keluarga atau kerabat yang sudah meninggal atau teman yang masih hidup namun sudah tidak bisa lagi menggunakan media sosial karena kondisi fisik yang tidak memungkinkan. Berikut cara menghapus akun facebook orang lain:

1. Pertama, klik Help Center di beranda facebook

2. Kedua, isi nama lengkap kamu di kolom yang tersedia

3. Selanjutnya, isi nama lengkap pengguna Facebook yang akunnya akan kamu hapus di kolom yang disediakan

4. Masukkan alamat URL pengguna yang bisa kamu copy dari address bar Facebook

5. Isi alamat email pengguna yang ingin kamu hapus

6. Centang salah satu pilihan yang tersedia

7. Tuliskan informasi tambahan jika kamu memiliki pertanyaan atau permintaan terkait akun yang akan kamu nonaktifkan kepada Facebook

8. Setelah itu, Klik Kirim atau Send

Cara Menghapus Akun Facebook Yang Lupa Email Atau Password

Cara Menghapus Akun Facebook

Facebook memang tidak menyediakan fitur untuk menghapus akun facebook buat pengguna yang lupa email atau password. Namun, Sobat TahooTech masih bisa menghapus akun tersebut dengan cara lain. Yaitu dengan cara melaporkannya seakan akun kamu adalah spam atau dengan kata lain memblokir akun tersebut.

Berikut cara menghapus akun facebook yang lupa email atau password:

1. Pertama, masuk atau login di akun Facebook baru. Jika kamu belum mempunyai akun baru, kamu  bisa meminta bantuan teman atau keluarga yang mempunyai akun Facebook untuk membantu menghapus

2. Kedua, search atau cari nama akun yang akan dihapus

3. Lalu, pilih menu titik tiga di bagian profil

4. Pilih opsi Laporkan

5. Klik opsi Pulihkan atau tutup akun ini

6. Lalu, pilih Tutup akun ini

7. Permintaan tutup akun akan diproses oleh Facebook dan setelah proses selesai, akun tersebut akan hilang dengan sendirinya

Cara Menghapus Akun Facebook di HP Android

Cara Menghapus Akun Facebook

Cara menghapus akun facebook di HP Android tidak jauh berbeda dengan cara menghapus lewat laptop atau PC. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pertama, masuk ke link : https://www.facebook.com/help/delete_account

2. Selanjutnya, pilih opsi hapus akun saya di bagian pojok kanan

3. Kemudian, masukkan password Facebook yang akan kamu hapus serta pilih beberapa gambar untuk proses verifikasi

4. Terakhir, pilih Konfimasi Penghapusan

5. Setelah itu, akun facebook kamu akan masuk ke daftar penghapusam secara otomatis dalam waktu 14-90 hari


Itulah cara menghapus akun facebook dalam beberapa macam kasus. Mulai dari menghapus akun facebook sendiri, akun orang lain hingga akun yang lupa email dan password.

Jadi, buat Sobat tidak perlu khawatir kalau suatu saat ingin menghapus akun facebook demi keamanan. Dengan beberapa petunjuk diatas, kamu bisa dengan mudah menghapus akun facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like