2 Cara Mengganti Password WiFi Mudah Tanpa Ribet

Jika pelit kuota adalah jalan ninjamu, maka rutinlah mengganti password WiFimu

TahooTech – Kebutuhan akan akses internet sudah menjadi salah satu kebutuhan yang paling penting dalam hidup manusia. Karenanya Kamu harus tahu cara mengganti password Wifi tanpa ribet. Supaya bisa digunakan sewaktu-waktu apabila Kamu ingin mengganti password yang lebih gampang diingat dan tidak mudah diretas.

Jaringan Wifi tidak hanya bisa terkoneksi dengan perlengkapan mobile seperti telepon seluler atau laptop. Namun juga bisa terhubung ke televisi.

Wifi yang terkoneksi dengan televisi membuat penggunanya bisa mengakses jaringan nonton streaming yang biasanya hanya bisa dinikmati lewat smartphone.

Cara Mengganti Password WiFi Tanpa Ribet Lewat Mac atau PC

Cara Mengganti Password WiFi Tanpa Ribet

Jika Kamu tidak menyukai nama dan kata sandi jaringan Wi-Fi yang digunakan router Kamu, Kamu dapat mengubahnya hanya dengan beberapa klik.

Router Wi-Fi Kamu dilengkapi dengan nama jaringan dan kata sandi stkamur. Mengubah nama jaringan default Kamu memberi kesempatan untuk menggunakan sesuatu yang lebih personal atau gampang diingat.

Untuk melakukan semua ini, Kamu harus mengakses antarmuka administratif router Kamu. Dan untuk itu, harus terlebih dahulu menemukan alamat IP lokal router di jaringan Kamu.

1. Temukan Alamat IP Router Kamu

Cara Mengganti Password WiFi Tanpa Ribet

Sebagian besar router menyediakan antarmuka administratif berbasis web yang dapat Kamu akses melalui browser dengan mengetikkan alamat IP lokal router. Langkah pertama Kamu adalah menemukan alamat IP itu.

Beberapa router menyediakan antarmuka admin yang berbeda. Misalnya, jika Kamu memiliki Apple Airport, Kamu dapat menggunakan “Airport Utility” pada Mac Kamu untuk mengubah pengaturannya. Pabrikan router lain menawarkan aplikasi smartphone untuk mengubah pengaturan, dan beberapa router yang lebih mahal bahkan mulai menyertakan layar sentuh bawaan. Jadi, pastikan untuk memeriksa instruksi spesifik untuk router Kamu.

Pada PC yang menjalankan versi Windows apa pun, cara tercepat untuk menemukan informasi ini adalah di Command Prompt. Untuk membukanya, tekan Windows + R, ketik “cmd,” dan kemudian tekan Enter.

Di Command Prompt, ketikkan perintah ‘ipconfig’ dan tekan Enter. Dalam hasilnya, cari bagian yang menunjukkan koneksi jaringan Kamu saat ini. Alamat IP router ditampilkan di sebelah kanan entri “Default Gateway”.

Di MacOS, klik menu Apple, lalu pilih “System Preferences.” Di jendela System Preferences, klik ikon “Network”, pilih Wi-Fi atau koneksi Ethernet kabel Kamu, dan kemudian klik “Advanced.”

Beralihlah ke tab “TCP / IP” dan cari alamat router di sebelah kanan “Router”.

2. Akses Antarmuka Web

Selanjutnya, Kamu harus mengakses antarmuka web router Kamu. Buka browser pilihan Kamu, ketikkan alamat IP yang Kamu temukan di dalam kotak alamat, dan kemudian tekan ‘Enter’. Kamu akan diminta untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi router untuk login. Jika Kamu belum pernah mengubahnya, Kamu harus menggunakan kredensial login default.

Jika Kamu tidak yakin apa ini, Kamu dapat mencoba memasukkan beberapa sandi tertentu. Seringkali, kata sandi default adalah “admin” atau hanya kosong. Pada beberapa router, Kamu mungkin perlu memasukkan “admin” sebagai nama pengguna dan kata sandi kosong. Atau “admin” sebagai nama pengguna dan kata sandi, atau “admin” hanya sebagai kata sandi dengan nama pengguna kosong.

Jika Kamu tidak dapat menemukan kecocokan, Kamu dapat mencarinya. Manual router Kamu kemungkinan besar memiliki informasi. Meskipun sebagian besar router menyertakan manual dalam PDF daripada manual yang dicetak.

Kamu juga dapat mencoba melakukan pencarian web untuk “kata sandi default” dan model router Kamu.

3. Ubah Nama dan Kata Sandi Jaringan Wi-Fi

Cara Mengganti Password WiFi Tanpa Ribet

Setelah masuk ke router Kamu, cari pengaturan Wi-Fi. Cepat atau tidaknya mendapatkan infromasi ini tergantung pada router Kamu, Mungkin saja pada halaman pertama yang Kamu lihat, atau berada di bagian bernama sesuatu seperti “Wi-Fi”, “Nirkabel”, atau “Jaringan Nirkabel”. Klik sampai Kamu menemukannya. Kamu akan melihat pengaturan bernama “SSID” atau “Nama jaringan”.

Setelah memasukkan nama dan sandi jaringan Wi-Fi baru Kamu, Kamu harus mengklik “Terapkan”, “Simpan”, atau tombol dengan nama yang sama untuk menyimpan pengaturan Kamu.

Jika Kamu terhubung ke antarmuka web router Kamu melalui Wi-Fi, perangkat Kamu akan terputus saat router mematikan jaringan Wi-Fi yang lama dan memunculkan yang baru. Kemungkinan perangkat akan diulang sepenuhnya untuk menerapkan pengaturan baru.

Setelah pengaturan router berubah, Kamu harus menyambungkan kembali semua perangkat nirkabel Kamu ke jaringan nirkabel yang baru dan memberikan kata sandi Wi-Fi baru. Perangkat Kamu tidak akan dapat terhubung sampai Kamu melakukannya.

Kamu mungkin sebenarnya memiliki beberapa jaringan Wi-Fi yang dapat diubah. Namun, ini tergantung pada router Kamu. Beberapa fitur jaringan 2,4 GHz dan 5 GHz yang terpisah, misalnya. Periksa layar pengaturan router Kamu untuk informasi lebih lanjut tentang opsi yang tersedia.

Baca juga: 7 Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Laptop dan Android

Cara Mengganti Password WiFi Menggunakan Android

Cara Mengganti Password WiFi Tanpa Ribet

Mungkin ada banyak alasan untuk mengubah kata sandi Wifi. Salah satunya adalah sering lupa karena. Selain itu, pengaturan kunci keamanan / kode Wifi yang kuat dapat mencegah pencurian bandwidth Kamu.

Nah, ada dua cara untuk mengubah kata sandi WLAN dari Modem / Router atau Android yaitu, menggunakan halaman perangkat lunak konfigurasi router (kata sandi saat ini harus diketahui / perangkat harus terhubung ke jaringan) atau dengan mengatur ulang router.

Berikut cara mengatur kata sandi dan nama WiFi (SSID) baru dengan mudah menggunakan Android.

  1. Menyambung ke Jaringan Wi-Fi
  2. Buka Web Browser
  3. Buka halaman konfigurasi router dengan mengetik alamat IP akses default Router (periksa semua router Alamat IP dan kata sandi login)
  4. Alamat router stkamur adalah: http://192.168.1.1 atau http: //192.168. 0,1
  5. Masukkan router Nama Pengguna dan Kata Sandi (username = ‘admin’, kata sandi = ‘kata sandi’)
  6. Buka Pengaturan Nirkabel Router TAB
  7. Pilih KEAMANAN
  8. Dalam KEAMANAN KUNCI atau KATA SANDI, bidang masukkan kata sandi baru yang ingin Kamu SET. (Kamu dapat melihat kata sandi yang diketik dengan mengklik tampilkan kata sandi)
  9. Sekarang Klik tombol BERLAKU atau Simpan. Router akan mengambil beberapa proses perubahan baru, dengan semua perangkat yang terhubung saat ini akan terputus.
  10. Kamu harus menghubungkan semua perangkat lagi menggunakan kata sandi baru.

Jika Kamu lupa kata sandi router saat ini dan perangkat Kamu bahkan tidak terhubung ke jaringan, maka Kamu dapat mengubah kata sandi WiFi dengan terlebih dahulu mengatur ulang router, menghubungkannya dan kemudian mengikuti metode di atas.

Saat kamu mereset router, router itu akan menghapus semua WiFi, ISP, port forward, firewall, dan pengaturan lainnya yang saat ini disimpan. Untuk mengubah Nama WiFi, buka Nirkabel di TP-Link atau router lain dan ubah dan masukkan nama baru (hapus nama lama) di bidang “Nama Jaringan Nirkabel: ATAU SSID”.

Jadi, setelah Kamu masuk ke ip modem Router / Adsl Kamu, Kamu dapat mengubah saluran WiFi, Lebar Saluran, tipe Otentikasi Buka atau aman dan banyak konfigurasi lainnya.

Baca juga: Cara Ganti Password WiFi Provider Populer di Indonesia


Demikianlah cara mengganti password Wifi tanpa ribet yang bias sobat TahooTech gunakan. Semoga informasi ini dapat membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like