6 Cara Menggabungkan File PDF Offline dan Online dengan Mudah

TahooTech – Bagaimana cara menggabungkan file PDF menjadi satu? Mungkin untuk sebagian besar orang masih terasa asing dan tidak terpikirkan.

Penggabungan file PDF biasanya sangat sering ditemukan pada saat pengumpulan berkas lamaran kerja ataupun pada saat mendaftar di suatu perguruan tinggi.

Biasanya penggabungan dua atau lebih file PDF dilakukan agar memberikan kemudahan pada saat pengiriman dan pemeriksaan berkas oleh pihak yang dituju.

Namun, cara menggabungkan file PDF menjadi satu hingga saat ini masih belum banyak orang yang tahu caranya karena sebagian besar orang mungkin merasa cara untuk melakukannya sulit dan ribet sehingga harus meminta orang yang lebih tahu mengenai hal ini.

Untuk yang belum tahu, PDF yang merupakan singkatan dari Portable Document Format adalah sebuah berkas dalam sebuah format yang dikembangkan oleh perusahaan Adobe Systems untuk keperluan pengiriman dokumen secara digital.

Format PDF pada dasarnya akan menampilkan suatu berkas ke dalam file 2D yang didalamnya mencakup teks, gambar, atau grafik vektor 2D.

Saat ini, PDF adalah format file yang paling banyak digunakan sebagai format suatu ebook dan dokumen digital.

Saat ini kebutuhan akan dokumen resmi juga sudah banyak dialihkan dari format Word ke PDF di era digital yang hampir semuanya sudah diproses secara online. Seperti misalnya untuk keperluan pemeriksaan berkas untuk pendaftaran CPNS.

Jika sobat TahooTech lah salah satu orang yang mungkin belum tahu mengenai cara menggabungkan PDF di Android dan laptop, berikut beberapa cara yang kami rangkum dari beberapa sumber.

Cara Menggabungkan File PDF Offline melalui Aplikasi

1. Cara Menggabungkan PDF dengan Adobe Acrobat Reader

Adobe yang merupakan pengembang dari format PDF juga menyediakan aplikasi yang bisa mengolah file tersebut.

Nama aplikasi yang disediakannya adalah Adobe Acrobat Reader. Melalui aplikasi ini sobat juga bisa menggabungkan file PDF dengan mudah.

  • Setelah Adobe Acrobat Reader terinstal, silahkan klik tab Tools yang letaknya di bagian pojok kiri aplikasi.
  • Lalu, klik tombol combine files.
  • Setelah itu, klik tombol Add Files yang warnanya biru, tombol ini berguna untuk menambahkan file-file PDF yang akan sobat gabung menjadi satu.
  • Setelah file yang ingin digabung dipilih, tinggal klik tombol Combine.
  • Sampai disini file PDF akan berhasil digabungkan, sobat tinggal menyimpan file tersebut ke folder yang sobat inginkan dan tekan tab File > Save As.

Download Adobe Acrobat Reader

2. Cara Menggabungkan PDF dengan Foxit Reader

Aplikasi yang bisa sobat gunakan untuk menggabung file PDF berikutnya adalah Foxit Reader, atau yang saat ini sudah berubah nama menjadi Foxit Phantom PDF.

Aplikasi ini memang menjadi salah satu yang paling populer dan banyak digunakan oleh orang sebagai aplikasi untuk membuka file ebook yang berformat PDF.

Melalui aplikasi ini sobat juga bisa menggabungkan file PDF dengan mengikuti langkah dibawah.

  • Pilih File > Create > From Multiple Files.
  • Tunggu sampai ada jendela baru muncul. Pada bagian bawah jendela tersebut, centang Merge Multiple files into a single PDF file.
  • Untuk menambahkan file, silahkan klik Add Files sampai semua file yang ingin sobat gabung berhasil terunggah ke Foxit Reader.
  • Setelah semuanya berhasil di upload, sobat tinggal mengurutkan atau menghapus file.
  • Jika sudah selesai mengatur, klik Convert. Nantinya akan muncul jendela baru untuk menentukan dimana file hasil gabungang akan disimpan.

Download Foxit Reader

Cara Menggabungkan PDF Online

1. Cara Menggabungkan PDF melalui situs SodaPDF.com

Cara menggabungkan file PDF

Selain cara menggabungkan PDF offline melalui Aplikasi seperti Adobe Reader dan Foxit Reader.

Sobat juga bisa mencoba cara menggabungkan PDF online melalui situs penyedia layanan ini. Untuk mencoba cara ini yang dibutuhkan adalah koneksi internet yang baik.

Salah satu penyedia layanan menggabungkan file PDF menjadi satu adalah melalui situs sodaPDF.com.

Langkah menggabungkannya juga sangat mudah, silahkan ikuti langkah dibawah ini.

  • Buka situs sodapdf.com
  • Lalu, ubah bahasa pada bagian kanan Web dari EN ke ID, agar bahasa berubah ke bahasa Indonesia untuk memudahkan.
  • Setelah itu, pilih file PDF yang akan digabung, di website menampilkan hingga tiga file untuk dipilih dengan cara menekan tombol Choose File. Jika ingin menggabungkan lebih dari empat file silahkan klik Lebih banyak file.
  • Jika file yang ingin sobat gabungkan sudah terupload ke situs, silahkan klik tombol Gabungkan File.

Go to SodaPDF.com

2. Cara Menggabungkan File PDF Melalui CombinePDF.com

Cara menggabungkan file PDF

Situs lain yang juga menyediakan layanan untuk menggabungkan dokumen yang berformat PDF adalah combinepdf.com.

Website ini juga sudah menyediakan layanan berbahasa Indonesia. Caranya tinggal mengikuti langkah berikut ini.

  • Pertama, sobat harus mengunggah semua file yang ingin digabungkan. sobat bisa mengunggah hingga 20 file sekaligus.
  • Setelah proses upload selesai, sobat tinggal menekan tombol Gabungkan. Tunggu hingga selesai, file akan diunduh secara otomatis.

Go to CombinePDF.com

Cara Menggabungkan File PDF di Android

Selain menggabungkan PDF di laptop melalui cara online yakni melalui situs web dan cara offline dengan aplikasi, sobat juga bisa menggabungkan PDF di Android.

Berikut beberapa cara yang bisa sobat lakukan:

1. Cara Menggabungkan PDF dengan PDFelement Android

Aplikasi paling pertama yang bisa digunakan adalah PDFelement. Setelah selesai, buka aplikasi dan ikuti setiap langkah berikut.

  • Pertama silahkan upload file PDF yang ingin sobat gabungkan. Klik ikon yang letaknya di bagian pojok kanan atas untuk masuk ke edit mode.
  • Silahkan pilih dua atau lebih file yang ingin digabungkan menjadi satu. Klik ikon combine yang ada di bagian atas.

Download PDFelement

2. Cara Menggabungkan PDF dengan Xodo PDF Reader & Editor

Aplikasi Android berikutnya yang bisa sobat gunakan untuk menggabungkan PDF adalah Xodo. Xodo adalah salah satu aplikasi pembaca PDF yang cukup populer di Play Store dengan rating 4.7. Cara menggunakannya untuk menggabungkan file berikut ini.

  • Pertama, silahkan klik tombol + yang mengapung di sudut kanan bawah.
  • Lalu, Klik PDF from Documents.
  • Pilih beberapa file yang ingin sobat jadikan satu, kemudian klik Merge yang letaknya di bagian sudut pojok bawah.
  • Beri nama file, lalu klik Merge.
  • Pilih lokasi folder untuk menyimpan file PDF yang telah digabung.

Download Xodo PDF Reader & Editor


Itulah beberapa cara menggabungkan PDF yang bisa sobat lakukan. Sobat tinggal memilih cara mana yang paling mudah dan simpel.

Jika sobat ingin menggabungkan file PDF melalui laptop, bisa menggunakan cara offline yakni melalui aplikasi PDF seperti Adobe Reader dan Foxit Reader.

Selain itu, juga ada cara online yakni dengan membuka situs web yang menyediakan layanan penggabungan PDF seperti pdfmerge.com dan combinepdf.com.

Selain menggabungkan PDF melalui Laptop, sobat juga bisa menggunakan cara menggabungkan PDF di Android yang telah kami bahas diatas melalui Aplikasi yang bisa di install gratis di Play Store. Diantara aplikasi Android yang bisa sobat gunakan adalah PDFelement dan Xodo.

Sebenarnya masih ada berbagai macam aplikasi yang bisa digunakan untuk menggabungkan file PDF, baik itu aplikasi Laptop atau Android. Namun, hanya ini yang sempat kami bagikan kepada Sobat TahooTech semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like