5 Cara Mengembalikan Akun TikTok Lama: Mudah & Cepat

TikTok merupakan aplikasi yang populer saat ini. Selain untuk hiburan aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai sumber informasi.

Namun bagaimana jika pengguna TikTok telah mengganti perangkat dan tidak dapat log in kembali? Adakah cara mengembalikan akun TikTok yang lama dengan mudah dan cepat?

Cara Mudah Mengembalikan Akun TikTok

Selain karena lupa sandi, akun TikTok yang tidak dapat log in juga biasa terjadi karena diblokir oleh pihak TikTok atau memang karena sudah dihapus. Ulasan berikut memberikan beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut:

1. Mengatur Ulang Kata Sandi

Cara Mengembalikan Akun TikTok
malline.id

Apabila akun TikTok yang lama hilang karena lupa sandi maka solusinya adalah dengan mengatur ulang kata sandi. Tetapi terlebih dahulu pastikan bahwa email yang digunakan masih bisa diakses.

Caranya mudah yaitu pertama masuk ke aplikasi TikTok. Lalu klik tulisan log in pada bagian bawah. Selanjutnya masukkan alamat email dan langsung klik opsi Forgot password.

Masukkan ulang email dan klik tombol berwarna merah. Cek email dan buka pesan dari TikTok. Masukkan kode yang diberikan untuk menyetel ulang password.

Langkah terakhir, masukkan kata sandi baru, gunakan kata sandi yang tidak rumit dan mudah untuk diingat lalu klik reset dan akun lama pun sudah dapat digunakan kembali.  

2. Masuk Melalui Google atau Facebook

Cara Mengembalikan Akun TikTok
bnatimes.com

Cara mengembalikan akun TikTok yang lama dengan mudah dan cepat selanjutnya yaitu dengan cara log in menggunakan akun Google atau Facebook. Sebelumnya pastikan bahwa akun lama terhubung dengan Google maupun sosial media lainnya.

Caranya yaitu buka aplikasi TikTok lalu terdapat beberapa opsi untuk login. Pilih salah satu dari opsi tersebut. Apabila akun TikTok sebelumnya terhubung dengan Facebook maka gunakan opsi tersebut untuk dapat login kembali ke akun yang lama.

3. Masuk Melalui Nomor Hp

Cara Mengembalikan Akun TikTok

Hal pertama yang dilakukan yaitu masuk ke akun TikTok yang baru. Setelah itu buka profil akun dan pilih opsi beralih akun.

Tap tambah akun dan otomatis muncul akun TikTok yang sudah dihapus. Klik tulisan kirim kode, apabila akun lama sudah terhubung dengan nomor Hp maka akan otomatis terisi.

Jika tidak silahkan masukkan nomor Hp yang sudah terhubung dengan akun lama pada kolom yang tersedia. Tunggu hingga masuk kode verifikasi.

Selanjutnya masukkan kode dan klik opsi “aktifkan kembali”. Nah, akun TikTok yang lama pun sudah berhasil dipulihkan kembali.

4. Masuk Melalui Email dan Password

Cara Mengembalikan Akun TikTok
medcom.id

Apabila email dan kata sandi masih diingat oleh pengguna maka akun yang lama dapat langsung dipulihkan dengan mudah dan cepat.

Caranya mudah, masuk ke aplikasi TikTok terlebih dahulu. Setelah itu pilih opsi login pada bagian bawah. Lalu masukkan email dan kata sandi. Tunggu beberapa saat hingga akun lama berhasil masuk.

Tetapi apabila masih saja gagal, pastikan terlebih dahulu internet yang digunakan lancar. Jika perlu, bersihkan cache aplikasi TikTok atau matikan Hp beberapa saat lalu nyalakan kembali.

5. Melapor ke Pihak TikTok

Cara Mengembalikan Akun TikTok

Apabila semua cara sudah dilakukan namun masih saja gagal maka cara terakhir yaitu dengan mengunjungi website resmi dari TikTok. 

Lalu isi formulir dengan memilih opsi “General account inquiry” ikuti langkah-langkahnya dan jelaskan masalah yang dialami.

Jangan lupa masukkan nama dan alamat email dengan benar setelah itu klik “submit”. Perlu diketahui bahwa cara ini tidak efisien jika hanya dilakukan satu kali, pengguna harus melakukannya berulang kali sampai pihak TikTok memberi respons.


Cara mengembalikan akun TikTok yang lama dengan mudah dan cepat tadi bisa dicoba jika akun TikTok mengalami masalah. Apabila akun TikTok yang lama tidak memiliki masalah, pengguna cukup login kembali menggunakan email dan password.

You May Also Like