5 Cara Mengecilkan Size Video di Hp dengan Aplikasi

Terkadang orang ingin sekali memperkecil size video yang dimiliki namun tetap mempertahankan kualitasnya agar tetap bagus.

Sayangnya, banyak orang yang  belum mengetahui cara mengecilkan size video di Hp.

Banyak cara yang bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran video di Hp yang penting untuk diketahui.  

Alasan Harus Memperkecil Ukuran Video

Cara Mengecilkan Size Video di Hp dengan Aplikasi
teknologi.id

Cara memperkecil video di Hp sendiri, menjadi salah satu solusi untuk menghindari kepenuhan memori pada Hp. Ukuran perekaman yang biasanya mencapai lebih dari 100 MB tentu bisa membuat memori cepat penuh.  

Bukan hanya itu saja, video yang memiliki ukuran terlampau besar kadang-kadang sulit untuk dibagikan ke beberapa media sosial.

Sedangkan, pada Instagram maka video akan dikompres secara otomatis dan biasanya akan menurunkan kualitasnya.  

Seiring dengan semakin canggihnya ponsel maka pengguna bisa langsung menerapkan cara mengecilkan size video di Hp tanpa perlu repot menggunakan PC.

Jadi, sembari beristirahat  atau melakukan hal lainnya di waktu luang tetap bisa langsung mengedit ukuran video dengan cepat. Hasilnya pun juga cukup bagus serta memuaskan. 

Aplikasi Untuk Memperkecil Video Hp 

Biasanya, video yang direkam melalui Hp atau kamera digital memiliki ukuran yang relatif besar. Agar bisa diunggah ke sosmed, para pengguna  akan diminta untuk memperkecil ukurannya.   

Untuk mengubah size video ini diperlukan beberapa aplikasi kompres video. Dengan menggunakanya maka bisa mengubah ukuran video menjadi kecil tanpa harus mengurangi kualitasnya.

Berikut beberapa contoh aplikasinya, yaitu:

1. VidCompact

Cara Mengecilkan Size Video di Hp dengan Aplikasi

Bagi para pengguna Hp android, aplikasi Vidcompact ini bisa digunakan sebagai cara mengecilkan ukuran size video di Hp. Ini bisa diunduhnya lewat Play Store.

Jika sudah, bukalah aplikasinya dan kliklah pada menu Pangkas dan Compress. Selanjutnya, pilihlah video yang hendak diperkecil dan tunggu hasilnya agar bisa diunduh.  

2. YouCut 

Cara Mengecilkan Size Video di Hp dengan Aplikasi

Aplikasi YouCut termasuk salah satu aplikasi yang paling populer untuk mengecilkan ukuran video.

Setelah mengunduhnya di Play Store bisa langsung membukanya dan menekan ikon + untuk kemudian memilih video yang diinginkan.

Lakukanlah penyuntingan terhadap video yang ingin diperkecil ukurannya. 

Setelah melakukan penyuntingan, kliklah tombol simpan dan tentukan kualitas video yang ingin diubah. Pilihlah kualitas videonya yang bagus namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Secara otomatis ukuran video akan berubah menjadi kecil namun kualitasnya tetap HD. 

3. Panda Video Compressor 

Cara Mengecilkan Size Video di Hp dengan Aplikasi

Sama halnya dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi Panda Video Compressor ini bisa diunduh via Play Store juga. Bukalah aplikasi dan pilih video yang hendak diperkecil.

Setelah itu, akan diberi tiga pilihan kualitas video dan tunggu hingga prosesnya selesai. Hasil video bisa langsung dilihat.

Nyatanya hasilnya pun tetap jernih seperti video dengan ukuran aslinya.   

4. Video and  Image Compressor  

Cara Mengecilkan Size Video di Hp dengan Aplikasi

Selain aplikasi Panda Video Compressor, Video and Image Compressor bisa digunakan untuk mengecilkan size video.  Tidak hanya bisa memperkecil ukuran video, namun aplikasi ini rupanya mampu menghemat kapasitas memori pada Hp. 

Cara menggunakannya cukup mudah di mana tinggal mengunduh aplikasi dan membukanya.  Kemudian klik video yang diinginkan juga atur resolusinya.

Video akan dikompres sesuai dengan resolusi yang dipilih.   

5. KeepVid 

Cara Mengecilkan Size Video di Hp dengan Aplikasi

Tools yang tersedia secara online ini, sangat mampu untuk memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitasnya sendiri. Aplikasi ini bisa digunakan untuk  mengkompres video hingga mencapai 80%.

Aplikasi  ini sendiri  menjadi salah satu platform terbaik karena videonya tetap jernih meski sudah diperkecil.

Dengan teknologi  canggih ini memungkinkan tetap bisa  mengunggah video berkualitas jernih meski ukurannya kecil.   


Cara mengecilkan size video di Hp baik melalui aplikasi atau situs kompres video yang sudah  ada saat ini memang canggih. 

Para pengguna tinggal memilihnya sesuai dengan kebutuhannya. Aplikasi dan situs ini sendiri tersedia secara gratis sehingga tidak perlu mengeluarkan uang ketika membutuhkannya.

Selain itu, juga sangat praktis dan lebih efisien di dalam mengubah ukuran video. 

You May Also Like