Cara Mengaktifkan Dark Mode di HP Android dan iPhone

TahooTech – Sudah tahu cara mengaktifkan dark mode di ponsel pintar kamu belum?

Belum lama ini para pengguna gadget memang di gembor – gemborkan dengan adanya fitur terbaru yang di luncurkan oleh teknologi raksasa Google untuk smartphone android. Fitur tersebut adalah Dark Mode.

Namun sayangnya untuk update fitur ini hanya akan di nikmati oleh para pengguna android versi OS terbaru yaitu Android 9.0.

Fitur dark mode sendiri konon akan membuat para pengguna android lebih nyaman menggunakan smartphone meski dalam kondisi kurang cahaya.

Yah, seperti namanya dark mode yang nantinya tampilan layar hp kamu menjadi gelap namun tetap nyaman bahkan bisa di bilang lebih nyaman saat di gunakan.

Selain Android, Fitur Dark Mode juga bisa di nikmati untuk para pengguna iPhone dengan sistem operasi iOS 13.

Bahkan dari informasi yang Mimin dapatkan konon fitur dark mode di iPhone di cap lebih canggih dari pada yang ada di android.

Lalu apa saja kelebihan menggunakan dark mode dengan tidak menggunakan dark mode secara umum? Untuk lebih jelasnya silahkan kamu lihat dibawah ini.

Lalu Apa Saja Kelebihan Jika Kita Mengaktifkan Dark Mode?

Cara Mengaktifkan Dark Mode
Lebih hemat baterai dengan dark mode via infokomputer.grid.id

Setidaknya kamu akan langsung merasakan 4 kelebihan yang Mimin jelaskan berikut ini pada saat kamu mengaktifkan fitur terbaru ini.

  1. Bisa menghemat baterai hp.
  2. Bisa di gunakan secara nyaman meski di tempat yang kurang cahaya.
  3. Lebih terang saat melihat aplikasi.
  4. Memperpanjang waktu standby hp.

Sebagai tembahan informasi konon fitur dark mode kini juga telah merambah ke penggunaan aplikasi seperti Whatsapp, Instagram dan Facebook.

Bahkan pada beberapa waktu yang lalu 3 aplikasi sosial media tersebut telah mengumumkan adanya fitur dark mode yang langsung dapat di gunakan lewat aplikasinya.

Buat kamu yang aktif dalam menggunakan smartphone baik itu Android maupun iPhone tentunya bisa melihat warna tema bawaan dari kedua smartphone tersebut adalah warna putih.

Nah, dengan mengaktifkan fitur tersebut maka tampilan warna tema akan terlihat seperti baru yaitu menggunakan warna hitam.

Meskipun terlihat gelap namun penggunaan fitur ini akan membuat tampilan hp kamu menjadi lebih keren tidak biasanya dari biasanya.

Saat kamu mengaktifkan fitur ini maka tidak hanya bagian teman saja yang mengalami perubahan warna di bagian lainnya seperti user interface, slider, sampai aplikasi juga akan berwarna hitam.

Google sendiri mengumumkan pada semua pengguna hp Android 9.0 saat fitur dark mode di aktifkan maka jam stand-by hp akan lebih lama.

Hal ini karena hp tidak membutuhkan banyak cahaya untuk menerangi bagian gelap di setiap aplikasi sehingga memastikan akan sangat irit daya.

Beberapa sumber informasi juga menyebutkan kalau perangkat android yang menggunakan layar AMOLED akan mendapatkan irit daya lebih banyak dan lebih terang jika di bandingkan dengan perangkat android yang menggunakan layar IPS.

Gimana nih sobat? Apakah kamu tertarik untuk mencoba menggunakannya? Yuk langsung saja kita simak ulasannya dibawah ini.

Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode di HP Android

Cara Mengaktifkan Dark Mode
Android dark mode via hackernoon.com

Kali ini Mimin akan mengulas 2 cara yang berbeda, namun kamu bisa menggunakan mana yang menurut kamu lebih mudah.

Aktifkan Dark Mode di Android 9.0 Pie

  1. Pertama – tama silahkan kamu buka menu “Setting” di hp kamu.
  2. Selanjutnya pilih opsi “Display”
  3. Berikutnya kamu akan melihat banyak opsi seperti Brightness Level, Reading Mode, Color Scheme dan “Dark Mode”.
  4. Setelah di pilih kamu akan di hadapkan pada 2 pilihan Dark Mode.
  5. Ada fitur Dark mode permanen dan Schedule.
  6. Jika kamu mengaktifkan versi permanen, maka dark mode akan terus aktif sampai kamu mematikan lagi settingannya seperti awal, sedangkan untuk schedule fitur dark mode hanya akan aktif ketika kamu membuat jadwal. Kamu bisa mengaktifkan darkm mode pada malam hari saja jika ingin membuat schedule.
  7. Selesai.

Sampai disini kamu telah berhasil untuk mengaktifkan fitur dark mode langsung di hp android kamu. Ada satu cara lagi yaitu menggunakan aplikasi tambahan, nama aplikasinya adalah Launcher.

Aktifkan Dark Mode dengan Nova Launcher

Untuk aplikasi tambahan agar kamu bisa menggunakan fitur dark mode maka kamu harus menginstall terlebih dahulu aplikasi bernamaa Nova Launcher. Aplikasi ini bisa kamu temukan di play store ya sobat.

Mimin anggap kamu telah berhasil mendownload dan menginstall aplikasinya, sekarang yuk kita lihat saja cara mensettingnya dibawah ini.

  1. Pertama silahkan kamu buka aplikasinya.
  2. Selanjutnya silahkan kamu cari Opsi “Nova Setting”.
  3. Pada halaman selanjutnya silahkan kamu pilih opsi “Night Mode” untuk mulai mengaktifkan dark mode di hp android yang kamu gunakan.
  4. Berikutnya klik icon anak panahnya, lalu geser ke bagian ON.
  5. Nantinya kamu bisa memilih 3 warna background berbeda. Masing masing warna memiliki tingkap kegelapan yang berbeda.
  6. Selain itu fitur ini juga bisa di gunakan untuk di bagian search bar, app drawer, drawer icon dan folder, kamu bisa menceklist ( centang ) bagian – bagian yang ingin kamu aktifkan.
  7. Jika sudah silahkan kembali ke halaman utama hp kamu dan lihat hasilnya.
  8. Untuk mengemalikan tampilan ke awal atau tidak dark mode kamu tidak kembali ke opsi ” Setting ” dengan memilih opsi OFF di bagian “Night Mode”.

Sekarang giliran para pengguna iPhone nih yang siap – siap untuk melihat bagaimana cara untuk mengaktifkan fitur dark modenya. Yuk langsung saja kita simak dibawah ini.

Aktifkan Fitur Dark Mode di iPhone

Cara Mengaktifkan Dark Mode
iPhone dark mode via techrepublic.com

Buat para pengguna iPhone tentunya tidak perlu khawatir ketinggalan untuk merasakan fitur terbaru yang sedang ramai di perbincangkan saat ini.

Kamu juga bisa mengaktifkan fitur dark mode seperti yang ada di android dengan mudah. Namun sayangnya fitur ini hanya bisa di gunakan oleh para pengguna iPhone di versi iOS 13 saja.

Jika iOS kamu masih di bawahnya silahkan upgrade menjadi iOS 13 ya sobat. Untuk cara mengaktifkannya silahkan lihat dibawah ini.

  1. Pertama – tama silahkan kamu pilih menu “Setting ” di hp iPhone kamu.
  2. Lalu pilih opsi “Display & Brightness”
  3. Nantinya hp akan memunculkan 2 pilihan tema yaitu Light & Dark.
  4. Silahkan kamu pilih Dark.
  5. Agar bisa secara otomatis memindahkan dari Dark ke Light Mode, maka kamu bisa mengaktifkan tombol Automatic yang letaknya di bagian bawah tema.
  6. Kamu juga bisa mengatur atau membuat schedule kapan kamu akan mengaktifkan fitur dark mode dengan mengklik “Option” lalu pilih opsi “Custom Schedule”.
  7. Selesai.

Gimana sobat, sangat mudah bukan untuk mengaktifkan fitur dark mode di iPhone ? Bisa di bilang cara settingnya di Phone lebih mudah jika di bandingkan dengan mensetting di android.

Dengan menggunakan fitur dark mode tentunya tampilan hp kamu menjadi lebih keren dan kekinian ya sobat.


 

Nah, itu saja yang dapat Mimin sampaikan mengenai fitur dark mode di Android dan iPhone, semoga ulasan ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like