7 Cara Mempromosikan Channel Youtube Terbaik dan Terbukti

Saat ini banyak yang menjadi pembuat konten untuk di upload di YouTube. Dengan cara ini pembuat konten bisa menghasilkan uang dari YouTube.

Setidaknya lebih dari 300 video diupload di YouTube setiap menitnya, tentunya ini kompetisi yang ketat. Banyak yang mencari cara mempromosikan channel YouTube agar channelnya lebih populer.

Untuk yang baru mau mulai jadi content creator ataupun yang sudah lama punya YouTube channel dan ingin menambah viewer.

Cara Mempromosikan Channel Youtube

 Cara Mempromosikan Channel Youtube
nikojjulius.com

Berikut ini akan bagi-bagi tips dan cara mempromosikan channel YouTube, berikut ini tips yang terbaik dan sudah terbukti:

1. Buat YouTube Channel yang Ramah SEO

Seperti Google Search, YouTube juga punya algoritma pencariannya sendiri. Jadi salah satu cara mempromosikan channel YouTube adalah dengan SEO friendly atau ramah SEO.

Sama seperti  membangun website atau blog agar menonjol di Google, menerapkan channel YouTube yang ramah SEO akan membuat YouTube channel  berada di tempat teratas ketika viewer mengetikkan keyword tertentu. Berikut beberapa cara agar YouTube Channel menjadi ramah SEO:

  • Riset keyword, bisa menggunakan tools yang berbayar atau gratis, bisa juga ketikan keywords di kolom pencarian YouTube, keyword- keyword yang muncul di kolom pencarian adalah yang paling sering dicari oleh viewer.
  • Buat naskah yang menyebutkan keyword-keyword yang didapatkan dari riset tersebut.
  • Buat deskripsi sekitar 150 kata, sebutkan keywords 3-4 kali dalam deskripsi dan jelaskan isi video itu agar viewer tertarik
  • Pakai keywords dalam tags

2. Buat Judul Yang Jelas dan Menarik

 Cara Mempromosikan Channel Youtube
notordinaryblogger.com

Bagaimanapun menariknya video yang akan dibuat, akan percuma kalau tidak ada yang meng-klik. Untuk mendapatkan judul yang tepat dan sempurna berkaitan dengan keyword SEO juga. Masukkan keyword hasil riset, jangan terlalu panjang, rekomendasinya 55 karakter, maksimal 60-70 karakter saja.

3. Buat Thumbnail yang Menarik

 Cara Mempromosikan Channel Youtube
centerklik.com

Salah satu cara mempromosikan channel YouTube adalah membuat thumbnail yang dapat membuat viewer penasaran. Untuk membuat thumbnail yang dapat mencuri perhatian viewer ada beberapa tips yaitu:

  • Pakai gambar berkualitas tinggi dan ukuran video standar, jangan terlalu kecil.
  • Masukkan judul video dalam thumbnail.
  • Buat gaya thumbnail yang menarik dan konsisten, masukkan juga foto wajah-wajah yang exciting, fokus pada mata.

4. Durasi Video Maksimal 5 Menit

 Cara Mempromosikan Channel Youtube
ReferensiBerita.com

Video yang terlalu panjang akan membuat channel pengguna kehilangan viewer dan membuat kehilangan ranking di YouTube. Dari hasil riset menemukan bahwa 75% viewer menonton video berdurasi 2 menit sampai habis, 60% menonton video berdurasi 5 menit.

5. Share Video di Sosial Media

 Cara Mempromosikan Channel Youtube
liputan6.com

Cara mempromosikan channel  YouTube lainnya adalah dengan membagikan channel  YouTube dan video ke sosial media. Sosial media populer seperti Facebook punya 2 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Jika ingin membangun channel YouTube, sebaiknya tidak hanya membagikan, tapi juga aktif di sosial media dan grup.

6. Bekerjasama dengan Youtuber lain

 Cara Mempromosikan Channel Youtube
iNew.id

Cara ini adalah cara yang banyak dipakai oleh Youtuber, karena memang efektif untuk mendapatkan viewer baru dan meningkatkan subscriber. Berkolaborasi dengan influencer lain sangat bagus dampaknya dalam membangun channel.

7. Adakan Kontes atau Giveaway

 Cara Mempromosikan Channel Youtube
eztekno.com

Cara mempromosikan channel YouTube yang satu ini mungkin merupakan promosi yang paling favorit untuk viewer. Adakan kontes yang simple untuk menarik viewer, minta viewer untuk memberi like, comment dan subscribe. Cara ini paling efektif untuk promosi channel YouTube.

Jika ingin membangun channel YouTube dan menjadi influencer populer, harus mulai mempromosikan YouTube channelnya juga bereksperimen dan belajar untuk mencari  taktik terbaik untuk membuat channel  YouTube menjadi populer.