7 Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Laptop dan Android

TahooTech – Bagaimanakah cara mempercepat koneksi WiFi yang mudah dan akurat?

Saat ini setiap orang sudah sangat sulit untuk terlepas dari jaringan internet, bahkan bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan primer.

Hal ini dikarenakan, setiap aktivitas saat ini mulai dari mencari informasi, berkirim pesan, dan melakukan panggilan melalui ponsel pintar kebanyakan membutuhkan jaringan internet agar bisa menggunakannya.

Salah satu jenis jaringan yang menyediakan koneksi internet yang cepat adalah WiFi. Dengan koneksi WiFi yang cepat, pastinya setiap aktivitas yang dilakukan melalui ponsel pintar akan memberikan kepuasan.

Terlebih misalnya pada saat menonton YouTube, membuka aplikasi media sosial Instagram, melakukan chat dan panggilan video, ataupun hanya sekedar mencari informasi melalui Google.

Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Laptop

Cara Mempercepat Koneksi WiFi
Percepat koneksi internet di laptop | pixabay.com

Nah, ketika akses internet melambat karena koneksi WiFi yang kurang baik pastinya akan membuat Sobat TahooTech akan kesal dan frustasi.

Terlebih ketika membutuhkan koneksi internet yang cepat untuk hal-hal yang urgent tentunya sobat membutuhkan koneksi WiFi yang baik.

Jika sobat menggunakan Laptop ataupun Android untuk mengakses berbagai kegiatan yang memerlukan jaringan internet melalui koneksi WiFi, maka cara mempercepat koneksi WiFi yang akan kami bagikan berikut ini pastinya sangat berguna.

1. Lakukan Network Reset & Flushing DNS

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan Flush DNS, cara ini berfungsi untuk melakukan reset cache DNS client (Laptop atau PC) yang dilakukan dengan tujuan melakukan penyesuaian informasi dari perubahan yang terjadi pada suatu domain, name server, DNS dengan data yang baru. Cara ini biasanya akan membuat koneksi internet sobat menjadi stabil kembali.

Cara reset network dan cara flushing DNS:

  1. Pertama, silahkan buka CMD (Command Prompt) dengan cara klik kanan dan pilih Run As Administrator.
  2. Silahkan ketik ipconfig /flushdns pada CMD, lalu tekan Enter pada keyboard.
  3. Setelah selesai, ketik lagi ipconfig /renew dan tekan Enter.
  4. Tutup CMD dan coba akses kembali internet.

2. Pilih Tempat dengan Sinyal WiFi Kuat

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Cara berikutnya yang juga tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan agar koneksi WiFi bisa cepat adalah memastikan Laptop atau PC yang sobat gunakan mendapatkan sinyal yang kuat.

Lokasi WiFi adalah salah satu hal penentu seberapa kuat koneksi WiFi yang akan diterima perangkat yang sobat gunakan. Hal-hal yang perlu diperhatikan diantaranya:

  • Pastikan lokasi Laptop atau PC yang sobat gunakan untuk terhubung ke internet melalui koneksi WiFi, routernya tidak terhalang dengan tembok atau besi. Misalnya, router WiFi diletakkan pada lantai 1 sedangkan sobat mengakses internetnya di lantai 2.
  • Sobat bisa memanfaatkan repeater, yang merupakan alat untuk menangkap sinya WiFi dan memancarkannya kembali. Cara ini juga cukup efektif untuk menguatkan koneksi WiFi yang letak routernya jauh dari tempat sobat mengakses WiFi.
  • Jauhkan penggunaan peralatan elektronik yang menggunakan Bluetooth atau microwave dari router ataupun Laptop dan PC yang sedang terhubung ke internet melalui koneksi WiFi karena akan mengganggu kinerja sinyal yang ditangkap.

3. Ubah Pengaturan QoS

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Jika sobat menggunakan Laptop atau PC dengan sistem operasi Windows 8 ke atas, maka secara default Windows mengalokasikan setidaknya 20% bandwidth untuk kebutuhan update Windows, dan sisa 80% bandwith digunakan untuk akses internet.

Untuk itu salah satu cara mempercepat koneksi WiFi di Laptop atau PC adalah dengan mengatur penuh penggunaan bandwidth untuk internet. Caranya cukup mudah, ikuti langkah dibawah ini:

  • Akses Search yang letaknya di pojok kiri bawah layar bersebelahan dengan tombol start, lalu ketik Run.
  • Setelah jendela Run muncul silahkan ketik “gpedit.msc” (tanpa tanda kutip).
  • Berikutnya, Klik menuju Local Computer Policy > Computer Configuration > Administrative Templates.
  • Lalu, klik Network kemudian QoS Packet Scheduler.
  • Setelah itu, klik dua kali (double click) pada Limit Reservable Bandwidth.
  • Silahkan klik menu Enable. Setelah itu isikan nilai 0 pada bandwidth limit.
  • Klik Apply dan restart Laptop atau PC yang sobat gunakan.

4. Atur IRPStackSize Lebih Tinggi

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Cara berikutnya yang bisa dilakukan agar koneksi WiFi cepat adalah dengan melakukan pengaturan IRPStackSize menjadi lebih tinggi.

Jika sobat meningkatkan nilainya, maka sobat akan memperoleh koneksi internet yang lebih cepat.

Secara default, nilai IRPStackSize ini adalah 15, padahal nilai ini bisa ditambah hingga 50. Lakukan perubahan dengan mengganti pengaturannya melalui cara dibawah ini:

  • Klik Search, lalu ketik Run
  • Setelah jendela Run muncul ketikan “regedit” (tanpa tanda kutip) untuk membuka Registry Editor.
  • Klik menuju HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters.
  • Pada bagian folder parameter ini, silahkan klik kanan pada file DWORD bernama “IRPStackSize”, klik Modify, lalu gantikan nilainya menjadi 50.
  • Namun, jika file tersebut sobat tidak dapatkan, silahkan buat sendiri file DWORD baru dengan cara klik kanan, New, DWORD Value. Buat dengan nama “IRPStackSize” dan isikan Value nya 50.
  • Klik OK, dan tutup Registry Editor.
  • Restart komputer.

Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Android

Cara Mempercepat Koneksi WiFi
Percepat koneksi internet di Android | pixabay.com

Selain mempercepat koneksi WiFi melalui laptop, kami juga akan membagikan kepada sobat TahooTech mengenai cara mempercepat koneksi WiFi di Android.

Ada dua cara yang akan kami bagikan, silahkan langsung simak saja caranya dibawah ini.

1. Gunakan aplikasi penguat sinyal

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Cara pertama yang bisa sobat gunakan pada perangkat Android agar sinyal WiFi kuat adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi penguat sinyal.

Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis melalui Play Store. Salah satu aplikasi penguat sinyal yang bisa sobat coba adalah WiFi Booster & Analyzer.

Ada beberapa fitur yang bisa dicoba melalui aplikasi yang satu ini, diantaranya adalah Boost yang berfungsi untuk meningkatkan sinyal WiFi di HP Android. Dengan mengaktifkan fitur ini maka koneksi yang sobat dapatkan lebih cepat.

Download WiFi Booster & Analyzer

2. Update radio atau firmware

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Salah satu alasan yang mungkin menyebabkan koneksi WiFi perangkat Android-mu kurang baik adalah firmware yang sudah ketinggalan zaman.

Firmware adalah software yang yang melakukan berbagai proses rutin di Read Only Memory (ROM). Sobat tinggal melakukan update firmware melalui Settings > About Phone > System/Software Update.

3. Ubah frekuensi menjadi 5 GHz

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Umumnya, perangkat Android tipe lama masih menggunakan frekuensi 2.4 GHz. Frekuensi ini memang memiliki cakupan yang luas dan sinyal yang kuat.

Namun, saat ini sudah banyak pengguna Android yang menggunakannya sehingga sering terjadi gangguan.

Sedangkan untuk frekuensi 5GHz, ada lebih banyak ruang kosong karena tidak tumpang tindih. Untuk itu, sobat tinggal mengganti frekuensi menjadi 5GHz melalui Settings > WiFi > Advanced Settings > WiFi Frequency Band.


Itulah beberapa cara mempercepat koneksi WiFi yang bisa sobat TahooTech lakukan agar koneksi tetap stabil dan mendapatkan akses internet yang cepat.

Sobat tinggal mencoba cara mana yang menurut kalian mudah digunakan. Atau apakah sobat juga memiliki cara lain selain cara yang telah kami bagikan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like