6 Cara Mempercepat Kinerja Laptop, Anti Lemot Club

TahooTech – Tahukah sobat cara mempercepat kinerja laptop agar cepat dan anti lemot?

Sekarang di zaman global dan serba canggih ini, kebutuhan akan gadget bukan cuma untuk membantu pekerjaan saja, namun juga untuk mempermudah hidup.

Tidak terhitung perusahaan teknologi yang berusaha menghadirkan gadget terbaru dengan performa lebih baik dan lebih canggih dari versi sebelumnya agar bisa menjadi yang terdepan dan mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Salah satu gadget yang punya fungsi tinggi dan sangat dibutuhkan manusia adalah laptop. Hampir semua bidang pekerjaan menggunakan alat ini. Bahkan, pelajar dan mahasiswa pun menggunakan alat ini agar mudah mengerjakan tugas.

Akhir-akhir ini laptop tidak saja digunakan untuk bekerja atau membuat tugas. Gadget ini sudah beralih fungsi menjadi media menonton film dan bermain games.

Tidak mengherankan jika di kanal pencarian internet dengan kata kunci cara meningkatkan performa laptop untuk bermain game atau cara mempercepat kinerja laptop banyak dicari.

Karena hal tersebut itu juga, maka performa laptop sering menurun. Memori internal penuh, sampah yang menumpuk, aplikasi yang berjalan di latar belakang, OS yang tidak diperbaharui dan beberapa sebab lain dapat menjadikan kinerja laptop tidak baik.

Jika Sobat ingin kinerja laptop berjalan lebih cepat, maka ikuti beberapa langkah perbaikan cepat di bawah ini.

6 Langkah Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Cara Mempercepat Kinerja Laptop
laptopnesia.com

Ketika kamu membeli laptop pertama kali, biasanya kinerjanya masih sempurna. Bekerja secepat kilat.

Tapi, terhitung sejak hari itu, kecepatan dan kinerja laptop kamu mungkin telah berkurang. Kadang kala bisa terasa seperti komputer kamu telah bekerja keras selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Jika sampai ini terjadi, tentu saja kamu ingin agar kinerja laptop kembali seperti semula. Apalagi jika pekerjaan sedang menumpuk atau sedang ingin main game favorit.

Nah, makanya kamu perlu tahu cara meningkatkan kinerja laptop dan cara meningkatkan performa laptop untuk bermain game lewat beberapa langkah berikut.

Baca juga: 7 Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Laptop dan Android

1. Batasi Tugas dan Program Startup

Cara Mempercepat Kinerja Laptop
http://windoten.blogspot.com

Langkah pertama untuk memulai cara meningkatkan kinerja laptop dan cara meningkatkan performa laptop untuk bermain game, yaitu ketika kamu memakai laptop, banyak program akan terbuka secara otomatis dan mulai berjalan.

Program yang beroperasi di latar belakang dapat menguras penggunaan CPU dan memperlambat waktu startup kamu.

Untuk pengguna Windows, ini melibatkan task manager dan tab Startup. Di sini kamu akan menemukan daftar program yang diberi peringkat berdasarkan dampak startup. Kamu dapat mengaktifkan dan menonaktifkan mana saja yang menurut kamu perlu.

Untuk kamu pengguna Mac, dapat membuka ikon ‘Pengguna’ dan ‘Grup’ di panel preferensi sistem. Pilih item masuk di bagian atas jendela, kemudian sesuaikan program.

2. Copot Aplikasi yang Tidak Digunakan

Cara Mempercepat Kinerja Laptop
macpoin.com

Ada banyak aplikasi gratis di luar sana yang kamu pikir diperlukan dan harus gunakan, tetapi aplikasi tersebut sering menghabiskan memori yang harusnya dipakai untuk hal lain yang lebih berguna.

Bebaskan laptop kamu dari semua program dan aplikasi yang tidak digunakan untuk membebaskan ruang dan memberikan dorongan kecepatan. Ini terutama berlaku untuk game, film, dan file besar lainnya yang tidak digunakan.

Di Windows, menghapus aplikasi yang tidak digunakan semudah memilih Uninstall. Kamu cukup buka Program di panel kontrol dan pilih aplikasi yang dirasa tidak terlalu diperlukan kemudian hapus.

Pengguna Mac dapat menghapus program dengan memindahkannya ke tempat sampah. Pastikan kamu mengosongkan tempat sampah sebelum melanjutkan menghapus aplikasi yang lain.

3. Gunakan Pembersihan Disk

Cara Mempercepat Kinerja Laptop
tutomoviles.com

Utilitas pembersihan disk adalah program yang ditampilkan pada Windows yang menilai dan menghapus program dan file yang tidak dibutuhkan dari komputer kamu.

Ini adalah aplikasi yang hebat untuk membersihkan laptop dari file yang salah yang kemungkinan besar tidak kamu ketahui ada selama ini. Kamu dapat mengaksesnya dengan mengetikkan “pembersihan disk” di ikon pencarian.

Mac menawarkan fitur serupa. Sangat mudah untuk melihat dan mengelola penyimpanan kamu dengan meng-klik ikon apel di sudut kiri atas layar lalu memilih About This Mac.

Di jendela ini, kamu dapat meng-klik penyimpanan dan mendapatkan gambaran umum tentang bagaimana hard drive kamu digunakan. Dari layar ini, kamu juga dapat mengurangi kekacauan dengan meng-klik Tinjau File, Optimalkan Penyimpanan, atau Pindahkan File ke iCloud.

4. Tambahkan SSD

Cara Mempercepat Kinerja Laptop
elppas.com

Langkah selanjutnya untuk tahu cara meningkatkan kinerja laptop dan cara meningkatkan performa laptop untuk bermain game yaitu menambahkan SSD.

SSD atau Solid-State Drive, berbeda dari hard drive tradisional karena menyimpan data dalam chip memori tanpa harus menggunakan komponen mekanis. SSD adalah cara terbaik untuk segera meningkatkan kecepatan dan kinerja laptop kamu.

SSD memang membutuhkan instalasi, jadi jika kamu tidak terbiasa dengan seluk-beluk desain laptop, mungkin lebih baik meminta bantuan atau membayar seseorang untuk meng-instal-nya untuk kamu.

5. Tingkatkan RAM

Cara Mempercepat Kinerja Laptop
blog.dimensidata.com

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. RAM adalah bentuk penyimpanan memori yang memungkinkan laptop untuk menampilkan permainan dan menyimpan file besar lainnya.

Jika kamu menambahkan RAM, dengan demikian memori di dalam laptop juga akan meningkat drastis. Ini dapat membantu mempercepat komputer yang memiliki banyak file besar di dalamnya.

Secara umum, 8GB adalah jumlah minimum RAM yang harus kamu miliki di komputer, tetapi tidak semua laptop dapat di-upgrade. Menambahkan RAM juga memerlukan instalasi, dan banyak laptop yang lebih baru mungkin sudah dilengkapi dengan RAM yang ditambah dengan motherboard komputer, yang berarti tidak dapat disesuaikan.

6. Instal Ulang OS

Cara Mempercepat Kinerja Laptop
kiossoftware.com

Windows menawarkan opsi untuk meng-instal ulang sistem operasi tanpa kehilangan semua file di komputer kamu. Menginstal ulang Windows seperti menekan tombol reset pada laptop. Dengan menghapus dan meng-instal ulang, hanya file-file penting kamu akan tetap ada. Kamu dapat melakukan ini dengan memilih Recovery di tab Update and Security dari jendela pengaturan.

Selain memperbarui laptop kamu dan menyimpan file-file, kamu juga dapat mengunduh file-file penting ke hard drive eksternal, meng-instal ulang Windows dan kemudian memuat informasi kembali ke laptop.

Untuk Mac, nyalakan kembali komputer kamu, lalu tahan Command + R. Ini akan membuka jendela macOS Recovery. Dari sana, pilih untuk menginstal ulang OS tanpa menghapus file.

Sobat, intinya laptop kamu dapat mengakumulasi banyak file dan data dari waktu ke waktu. Sangat penting untuk menjaga kebersihan laptop sehingga seiring bertambahnya usia komputer kamu, tidak lantas melambat secara signifikan.

Dengan mengambil langkah-langkah pencegahan, kamu menghindari dampak kehilangan file yang lebih besar. Memasang SSD atau menginstal ulang OS dapat mempertahankan kecepatan operasi laptop kamu.

Memperpanjang kinerja laptop kamu seperti merawat mobil. Jika kamu tidak menservisnya dan memastikannya berfungsi dengan baik secara rutin, mobil kamu akan mulai rusak atau, dalam kasus laptop, melambat.


Sobat, semoga informasi tentang cara meningkatkan kinerja laptop dan cara meningkatkan performa laptop untuk bermain game bisa berguna untuk diaplikasikan ketika dibutuhkan nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like