7 Langkah Mudah Cara Membuat Stiker WA Biar Makin Eksis

Menjadi raja stiker WA adalah jalan ninjaku!

TahooTech – Sobat Tahoo Tech salah satu pengguna WhatsApp? Saat melakukan chatingan, sobat pernah tidak dapat chat WA dari teman yang isinya stiker? Atau pernah mengalami ada perang stiker di salah satu grup WA?

Pastinya pernah kan dan ingin ikut meramaikan chatnya dengan stiker juga. Penggunaan stiker memang membuat percakapan semakin seru, tapi kalau stiker yang ada itu-itu saja pasti membuat kita bosan.

Kalau Sobat ingin stiker yang lucu, menarik dan berbeda, coba membuat sendiri lebih menyenangkan. Ingin tau cara membuat stiker WA,  yuk cari tahu dengan simak artikel ini.

Cara Membuat Stiker WA

Cara membuat stiker WA

Cara membuat stiker WhatsApp mudah dan bisa dilakukan dengan cepat. Sobat hanya memerlukan beberapa aplikasi pendukung untuk membuat stiker sesuai keinginan.

Stiker yang dibuat bisa juga dari ekspresi wajah sendiri teman-teman atau dari gambar benda yang unik. Penasaran ? Tenang, kita akan mempelajarinya.

Selain itu, dengan bisa membuat stiker sendiri sobat bisa menghidupkan suasana chat dengan koleksi stiker yang dimiliki.

Sebelum melangkah jauh, apa yang disampaikan di artikel ini adalah khusus untuk pengguna android.

Ada beberapa langkah yang harus diikuti dari cara membuat stiker WA. Yuk Ikuti Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Instal aplikasi pendukung membuat stiker WA

Cara membuat stiker WA

Untuk membuat stiker WA sendiri, yang perlu sobat ketahui adalah bahwa kita memerlukan beberapa aplikasi pendukung seperti aplikasi untuk pengeditan foto dan untuk pengunggahan stiker.

Aplikasi editing foto ini digunakan untuk menghapus background foto, menambahkan kata-kata atau kreasi lain dan sebagainya.

Contoh aplikasinya seperti Picsart Photo Editor, Drip Art, aplikasi Background Eraser, ataupun aplikasi editing foto lainnya yang bisa digunakan.

Sedangkan untuk membuat stiker di WA, kita bisa menginstal aplikasi personal stiker for whatsapp atau bisa juga menggunakan aplikasi lainnya seperti Sticker Make for Whatsapp, Sticker.ly, dan lainnya.

Gunanya adalah untuk memasukan foto yang telah diedit sebelumnya, dengan begitu foto editan bisa langsung diunggah ke WA.

Namun demikian, kita harus menyediakan minimal tiga buah foto agar paket stiker yang dibuat dapat diunggah di WA. Aplikasi-aplikasi pendukung tersebut dapat dengan mudah didapatkan dengan mendownload di Google Play store.

Untuk memudahkan belajar pada penjelasan kali ini, sobat cukup instal tiga aplikasi berikut:

  1. Personal Sticker for WhatsApp
  2. Background Eraser
  3. PicsArt

Apabila sudah terinstal semua, lanjutkan ke tahap selanjutnya.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Dark Mode di HP Android dan iPhone

2. Persiapkan foto dan kata- kata yang akan dibuat menjadi stiker

Cara membuat stiker WA

Foto yang ingin dijadikan stiker menjadi hal yang penting karena nantinya akan menentukan stiker seperti apa yang akan dibuat.

Pilihlah foto yang diinginkan dan siapkan juga kata-kata yang ingin ditambahkan bersama foto agar lebih ekspresif.

Persiapkan beberapa foto yang ingin dibuat stiker minimal tiga buah. Kenapa tiga? Karena WA mewajibkan minimal tiga stiker yang bisa ditambahkan ke aplikasi.

Foto yang disiapkan bisa foto sendiri, teman, saudara, benda atau gambar lainnya. Untuk memudahkan penghapusan backgound secara auto, kita bisa mencari foto dengan background yang tidak terlalu banyak variasi warna atau bentuk.

3. Menghapus latar belakang/background foto

Dalam Pembuatan stiker WA disarankan menghilangkan background foto agar stiker terlihat lebih menarik.

Mengedit foto untuk menghapus background dilakukan dengan menggunakan aplikasi Background Eraser. Adapun cara menghapusnya sebagai berikut:

  1. Bukalah aplikasi Background Eraser yang sudah diinstal.
  2. Pilih load a photo, kemudian pilih foto yang akan dihapus backgroundnya.
  3. Untuk memudahkan proses penghapusan, lakukan crop gambar terlebih dahulu, bila sudah lalu tekan done.
  4. Hapus background foto dengan fitur auto atau magic. Caranya dengan mengusapkan jari pada bagian yang akan dihapus.
  5. Lakukan penghapusan backgroud secara hati-hati, agar hasil edit foto terlihat rapi.
  6. Apabila telah selesai, tekan done kemudian save untuk menyimpan hasil editing foto
  7. Finish, Lakukan juga pada foto yang akan diedit selanjutnya.

4. Menambah kata-kata dalam stiker

Foto sudah diedit latar belakangnya, rasanya tidak lengkap jika belum diberi tulisan. Adanya tulisan pada stiker juga akan membuat stiker semakin menarik.

Untuk menambahkan kata-kata kita bisa menggunakan aplikasi PicsArt. Langkahnya yaitu petama buka aplikasi PicsArt.

Pada tampilan aplikasi tekan ikon plus (+) untuk memulai pengeditan, selanjutnya pilih foto yang telah dihilangkan backgroundnya, kemudian pilih opsi text.

Tuliskan kata-kata yang ingin ditambahkan di stiker. Atur tulisan sesuai keinginan, setelah selesai simpan foto tersebut.

Selain menambahkan tulisan, kita juga bisa menambahkan kreasi lainnya seperti stiker atau clip art menggunakan aplikasi Pics Art. Lakukan juga pada foto yang akan diedit selanjutnya.

5. Save dan siapkan foto yang telah diedit untuk di upload

Cara membuat stiker WhatsApp

Foto yang sudah diedit bila perlu simpan dalam folder tersendiri. Ini akan memudahkan apabila membutuhkan foto tersebut untuk dibuatkan stiker dengan editan yang berbeda. Pastikan file foto dalam format PNG.

6. Menggunggah foto melalui aplikasi pengunggahan stiker WA

Cara membuat stiker WhatsApp

Langkah selanjutnya adalah mengunggah stiker ke WA dengan menggunakan aplikasi Personal Stiker for Whatsap.

Pada tampilan aplikasi pilih create your new sticker pack, kemudian klik add sticker untuk menambahkan stiker. Pilih foto-foto yang telah diedit minimal tiga, lalu klik ikon +load.

Selanjutnya untuk menambahkan stiker ke WA klik Add To WhatsApp. Lalu akan muncul tulisan Already added to whatsApp, artinya stiker berhasil ditambahkan.

7. Stiker di WA sudah bisa digunakan

Setelah langkah unggah stiker berhasil, untuk melihat stiker yang sudah dibuat coba buka WhatsApp, pilih salah satu kontak WA, lakukan proses chating ke teman, lalu masuk pada fitur stiker yaitu pilih opsi emoji yang terletak di sebelah kiri kolom untuk ketik pesan.

Pilih ikon stiker kemudian akan muncul tampilan berbagai macam stiker dan stiker yang telah dibuat tadi sudah langsung tersedia dan dapat langsung dikirim. Silahkan pilih dan kirimkan ke teman untuk saling menyapa.

Ada beberapa keunggulan stiker WA yang dibuat sendiri antara lain stiker lebih menarik dan sesuai keinginan, cara membuatnya mudah, bisa dalam bentuk foto sendiri atau orang lain, melatih kita untuk berkresi dan sebagainya.

Dengan membuat stiker sendiri kita juga bisa mempunyai koleksi stiker yang berbeda dengan pengguna lain dan obrolan chat akan semakin seru.


Nah itu dia Sobat, cara membuat stiker WA yang bisa kita aplikasikan. Mudah kan? Sekarang saatnya Sobat Tahoo Tech mencoba membuat stiker sendiri dan membagikannya dengan teman-teman. Semoga artikel ini dapat membantu, selamat berkarya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like