9 Langkah Cara Membuat Grafik di Excel dengan Cepat

Sobat perlu tahu langkah mudah membuat grafik di Excel berikut ini.

TahooTech – Berikut Mimin berikan tutorial singkat tentang cara membuat grafik di Excel yang perlu sobat ketahui untuk kebutuhan kerja dan lain-lain. Selamat mencoba.

Tahukah kamu tentang program Microsoft Excel? Sebagian dari kamu mungkin akan menjawab ‘tahu’.

Tapi, sisanya yang lain mungkin hanya tahu secara samar-samar atau bahkan tidak tahu sama sekali.

Sebagai penjelasan singkat, Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolahan data dan informasi yang biasanya sudah terprogram dalam komputer atau laptop.

Bahkan, beberapa tahun terakhir aplikasi ini sudah tersedia dalam bentuk mobile di dalam smartphone. Sama seperti Microsoft Word, aplikasi Excel merupakan keluaran perusahaan Microsoft.

Walaupun berasal dari satu pencipta, tapi kedua program ini mempunyai fungsi yang berbeda. Jika Word dimanfaatkan untuk mengetik dokumen atau tulisan, maka Excel difungsikan untuk mengolah angka dan membuat grafik.

Bagi kamu yang sudah biasa bekerja di komputer, Microsoft Excel merupakan bagian penting dalam pekerjaan pastinya. Apalagi jika job desk kamu berhubungan dengan pengolahan data dan angka.

Meski begitu, tidak semua orang mempunyai kemampuan untuk mengoperasikan aplikasi ini. Entah karena memang tidak dipelajari semasa sekolah, atau juga tidak ingin terlalu ribet dengan cara penggunaannya.

Nah, buat kamu yang punya keperluan mendadak dan ingin belajar aplikasi ini, sebaiknya kamu baca beberapa hal penting tentang cara membuat grafik di Excel berikut ini.

Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah

Cara Membuat Grafik di Excel

Membuat bagan dan grafik adalah bagian dari pekerjaan kebanyakan orang. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk memvisualisasikan data dengan cara yang jelas dan mudah dicerna.

Namun, tidak mengherankan bahwa beberapa orang sedikit terintimidasi ketika tidak tahu cara membuat grafik X Y di Excel. Karena memang program ini tidak mudah digunakan bagi orang yang masih awam. Nah, berikut ini beberapa cara mudah mempelajari cara membuat grafik di Excel.

1. Masukkan Data ke Dalam Excel

Cara Membuat Grafik di Excel

Sebelum mulai menggunakan program ini dan tahu cara membuat grafik X Y di Excel yang pertama dan terlebih dahulu dilakukan yaitu, kamu perlu memasukkan data ke Excel. Kamu dapat mengekspor data dari folder lain yang telah disimpan di komputer atau laptop. Atau mungkin kamu bisa memasukkannya secara manual.

Data diisi dalam tiap sel atau semacam kolom kecil yang terdapat dalam semua halaman di Microsoft Excel.

2. Pilih Satu dari Sembilan Opsi Grafik dan Bagan

Cara Membuat Grafik di Excel

Di program Microsoft Excel, kamu memiliki banyak pilihan untuk membuat bagan dan grafik. Ini termasuk grafik kolom, grafik garis, grafik pie, area, bar, dan masih banyak lagi yang lainnya. Termasuk juga cara membuat grafik X Y di Excel.

Pilihan grafik dan bagan bisa kamu lihat di klik di bagian Insert. Insert sendiri terletak di bagian atas bar.

3. Sorot Data Kamu dan ‘Sisipkan’ Grafik yang Kamu Inginkan.

Cara Membuat Grafik di Excel

Untuk membuat grafik batang atau cara membuat grafik X Y di Excel, sorot data dan sertakan judul sumbu X dan Y. Lalu, buka tab ‘Sisipkan’, dan di bagian bagan, klik ikon kolom. Pilih grafik yang kamu inginkan dari jendela dropdown yang muncul.

4. Ganti Data pada Setiap Sumbu, Jika Perlu

Cara Membuat Grafik di Excel

Jika kamu ingin mengganti apa yang sudah tertera pada sumbu X dan Y, klik kanan pada grafik batang, klik ‘Pilih Data,’ dan klik ‘Ganti Baris / Kolom.’ Ini akan mengatur ulang sumbu mana yang membawa potongan data yang kamu inginkan dalam daftar yang ditunjukkan. Setelah selesai, klik ‘OK’ di bagian bawah.

5. Sesuaikan Tata Letak dan Warna Data

Cara Membuat Grafik di Excel

Untuk mengubah tata letak label, klik pada grafik batang, lalu klik tab ‘Desain Bagan’. Di sini, kamu dapat memilih tata letak mana yang kamu sukai untuk judul bagan, judul sumbu, dan legenda.

Legenda menggambarkan setiap data yang mewakili warna pada masing-masing grafik. Misalnya saja warna biru untuk mengidentifikasikan hari atau bulan.

6. Ubah Ukuran Legenda Bagan dan Label Sumbu

Cara Membuat Grafik di Excel

Saat kamu pertama kali membuat grafik di Excel, ukuran sumbu dan label legenda kamu mungkin agak kecil, tergantung pada jenis grafik atau bagan yang kamu pilih (kolom, pai, garis, dan lain sebagainya.). Setelah kamu membuat bagan, kamu perlu menambahkan label-label tersebut sehingga dapat terbaca.

Untuk menambah ukuran label grafik kamu, klik labelnya satu per satu dan, alih-alih membuka jendela Format baru, klik kembali ke tab ‘Beranda’ di ikon navigasi atas Excel. Lalu, gunakan bidang dropdown jenis dan ukuran font untuk memperluas atau mengecilkan legenda grafik dan label sumbu sesuai keinginan kamu.

7. Ubah Opsi Pengukuran Sumbu Y, Jika Diinginkan

Cara Membuat Grafik di Excel

Untuk mengubah jenis pengukuran yang ditunjukkan pada sumbu Y, klik pada persentase sumbu Y di bagan kamu untuk membuka jendela ‘Format’. Di sini, kamu dapat memutuskan apakah ingin menampilkan unit yang terletak di tab Opsi Sumbu, atau jika kamu ingin mengubah apakah sumbu Y menunjukkan persentase menjadi 2 tempat desimal atau ke 0 tempat desimal.

Jadi, sumbu Y merupakan titik utama dalam persentase data di penggunaan program Microsoft Excel. Untuk mengubah data yang lebih dahulu dilakukan adalah merubah sumbu Y.

8. Susun Ulang Data Kamu, Jika Diinginkan

Cara Membuat Grafik di Excel

Untuk mengurutkan data sehingga jawaban responden muncul dalam urutan terbalik, klik kanan pada grafik kamy dan klik ‘Pilih Data’ untuk membuka jendela opsi yang sama yang sudah dijelaskan pada poin nomor 3 di atas. Klik ini, lalu klik panah atas dan bawah untuk membalik urutan data kamu pada bagan.

Jika kamu memiliki lebih dari dua baris data untuk disesuaikan, kamu juga dapat mengatur ulangnya dalam urutan naik atau turun. Untuk melakukan ini, sorot semua data kamu di sel di atas bagan, klik ‘Data,’ dan pilih ‘Sortir’. Kamu dapat memilih untuk mengurutkan berdasarkan terkecil hingga terbesar atau terbesar hingga terkecil, tergantung pada keinginan kamu.

9. Beri Judul Grafik

Sekarang tiba di bagian yang paling menyenangkan dan paling mudah di tips cara membuat grafik di Excel. Menamai grafik kamu. Sekarang, kamu mungkin sudah tahu bagaimana melakukan ini. Meski begitu, berikut ini ada penjelasan singkatnya.

Tepat setelah membuat bagan kamu, judul yang muncul kemungkinan adalah “Judul Bagan” atau yang serupa tergantung pada versi Excel yang kamu gunakan. Untuk mengubah label ini, klik “Judul Bagan” untuk menampilkan kursor pengetikan. Kamu kemudian dapat dengan bebas menyesuaikan judul grafik kamu.

Saat kamu memiliki judul yang kamu suka, klik ‘Beranda’ di bilah navigasi atas, dan gunakan opsi pemformatan font untuk memberi ukuran huruf yang layak untuk judul.


Sobat TahooTech, demikianlah beberapa tutorial cara membuat grafik di excel dan cara membuat grafik X Y di Excel. Semoga bisa membantu dan menambah pengetahuan, ya. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like