Cara Membuat Google Form yang Harus Kalian Ketahui

TahooTech – Yuk, cari tahu cara membuat Google Form yang baik dan benar di artikel berikut ini. Semoga bermanfaat. 

Sobat, saat ini sudah banyak kecanggihan yang tersedia dalam bentuk aplikasi untuk memudahkan manusia mengerjakan kegiatannya.

Aplikasi tersebut juga sangat gampang digunakan karena tersedia dalam laptop dan komputer atau juga smartphone yang digunakan kita sehari-hari.

Aplikasi ini punya berbagai macam jenis dan fungsi tergantung dari kebutuhan. Misalnya aplikasi untuk nonton film streaming, permainan, memasak, dan lain sebagainya.

Nah, salah satu aplikasi besutan Google yang sangat membantu dalam pekerjaan atau kepentingan survei yaitu, Google form.

Aplikasi ini mempunyai fungsi untuk membuat daftar pertanyaan baik kuisioner, survei, atau formulir pendaftaran suatu kegiatan secara online.

Nah, bagi kamu yang masih awam terhadap aplikasi ini dan ingin mencoba membuatnya, ada baiknya simak beberapa informasi penting di bawah ini.

Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Cara Membuat Google Form

Dalam bidang pekerjaan semua tenaga kerjanya dituntut harus bisa punya beberapa skil atau kemampuan yang dapat membantu memudahkan pekerjaan. Nah, salah satunya mungkin adalah tahu cara membuat google form.

Tapi, bagaimana sih cara membuat google form atau bagaimana cara membuat kuisioner di Google Form? Nah, buat kamu yang belum tahu perlu baca informasi ini.

1. Download Aplikasi Google Form

Cara Membuat Google Form

Cara paling sederhana untuk tahu cara membuat Google Form atau mulai membuat formulir adalah langsung dari aplikasi Google Forms. Buka docs.google.com/forms, lalu pilih template atau mulai formulir kosong.

Ada juga tautan ke Formulir Google di Documents, Spreadsheet, dan Slide: klik File -> Baru -> Formulir untuk memulai formulir kosong baru. Atau, di Google Sheets, klik Tools -> Buat Formulir untuk memulai formulir baru kosong yang secara otomatis ditautkan ke spreadsheet itu.

Cara tercepat untuk memasukkan data ke dalam spreadsheet baru atau yang sudah ada: buka spreadsheet tempat kamu menginginkan data, mulai formulir, dan respons formulir akan secara otomatis disimpan di sana tanpa klik tambahan.

Mengedit formulir sangat mudah. Tulisan formulir mengisi bagian tengah layar, dengan ruang untuk judul dan deskripsi. Klik tulisan formulir untuk mengeditnya dan menambahkan pertanyaan. Gunakan kotak dropdown untuk memilih jenis bidang, seperti pilihan ganda, kotak centang, jawaban singkat, dan sebagainya.

2. Pilihan Pengaturan

Cara Membuat Google Form

Google Forms menawarkan beberapa opsi pengaturan untuk memudahkan cara membuat kuisioner di Google Form. Pilihan di sebelah kanan memungkinkan kamu menambahkan lebih banyak pilihan formulir. Di menu kanan atas kamu dapat mengubah skema warna formulir, melihat pratinjau formulir, menggunakan tombol ‘kirim’ untuk berbagi formulir, dan mengakses opsi tambahan lainnya.

Beralih dari tab Pertanyaan ke tab Respons di editor formulir, kamu dapat melihat respons terkini ke formulir dan menautkannya ke spreadsheet.

Formulir Google mencakup 12 jenis pilihan: 9 jenis pertanyaan, bersama dengan teks, foto, dan video. Cukup klik ikon + di sisi kanan untuk menambahkan pertanyaan baru, atau klik ikon teks, foto, atau video untuk menambahkan media ke formulir kamu.

Setiap pilihan menyertakan tombol salin untuk menduplikasi. Ada juga tombol hapus, opsi untuk membuat bidang yang diperlukan, dan menu dengan opsi tambahan di sisi kanan.

Kamu dapat mengganti jenis pertanyaan kapan saja, namun perlu dicatat bahwa pengaturan dan pertanyaan akan diatur ulang jika kamu beralih dari beberapa pilihan, kotak centang, atau menu ke jenis pertanyaan lainnya. Untuk dengan cepat mengisi pertanyaan, cukup tekan enter untuk mulai menambahkan yang lain.

3. Beberapa Pilihan Pengaturan yang Ada di Dalam Google Form

Cara Membuat Google Form

Untuk melengkapi pengetahuan kamu tentang cara membuat kuisioner di Google Form, berikut ada informasi tambahan tentang beberapa pilihan pengaturan yang ada di Goole Form.

Judul dan Deskripsi: Bagian judul dan deskripsi ditambahkan secara otomatis ke setiap formulir dan bidang — meskipun deskripsi disembunyikan secara default di sebagian besar bidang — dan kamu dapat menambahkan blok judul tambahan di mana saja dengan tombol Tt. Kamu dapat membiarkan judul dan deskripsi kosong pada pertanyaan, tetapi judul formulir utama harus diisi.

Jawaban Singkat: Bagian ini sangat cocok untuk meminta sedikit teks: nama, alamat email, nilai, dan banyak lagi. Kamu mendapatkan satu baris teks untuk menjawab pertanyaan — meskipun nantinya pengguna kuisioner dapat memasukkan teks sebanyak yang mereka inginkan. Untuk memastikan kamu mendapatkan jawaban yang dibutuhkan, bidang ini menyertakan nomor, teks, panjang, dan validasi data ekspresi reguler.

Paragraf: Sama seperti bidang jawaban singkat, ini adalah bidang untuk teks bentuk panjang. Panjang dan ekspresi reguler adalah satu-satunya validasi data yang tersedia di sini, jadi gunakan saja ketika kamu ingin umpan balik terperinci atau catatan yang lebih panjang dalam jawabannya

Pilihan Ganda: Kolom default untuk pertanyaan baru dalam Formulir Google, pilihan ganda memungkinkan kamu membuat daftar opsi dan meminta pengguna memilih satu. Kamu kemudian dapat memiliki formulir lompatan ke bagian lain berdasarkan jawaban atau memiliki opsi jawaban diacak untuk mencegah bias.

Kotak Centang: Mirip dengan pilihan ganda, bidang ini memungkinkan kamu membuat daftar jawaban dan meminta pengguna memilih sebanyak yang mereka inginkan. Ini juga mencakup validasi data untuk mengharuskan pengguna memilih sejumlah opsi tertentu. Namun, tidak termasuk lompatan bagian.

Dropdown: Ingin semua opsi jawaban di menu? Bidang ini untuk kamu. Sama persis dengan bidang pilihan ganda, hanya saja kali ini jawabannya ada dalam menu. Ini berguna untuk menjaga hasil tetap stabil ketika ada banyak pilihan jawaban.

Skala Linear: Bidang yang memungkinkan orang memilih angka dalam rentang, skala linier memungkinkan kamu mengatur skala dari 0 atau 1 hingga 2-10 dengan label untuk opsi terendah dan tertinggi. Emoji juga berfungsi untuk label.

Kotak Pilihan Ganda: Ini mungkin bidang yang paling membingungkan, karena bidang tersebut ditampilkan dalam daftar dan bukan di kotak saat akan muncul kepada pembaca. Pada dasarnya, kamu akan menambahkan pertanyaan sebagai baris, dan opsi tentangnya sebagai kolom.

Kamu dapat memasukkan sebanyak mungkin baris dan kolom yang diinginkan, tetapi perlu dicatat bahwa pembaca harus menggulir ke kanan untuk melihat lebih dari 6 kolom di browser desktop atau hanya 3 kolom di ponsel. Kamu mungkin ingin menjaga pratinjau formulir tetap terbuka saat menyiapkan pertanyaan— cukup ketuk ikon bagian kanan atas, dan segarkan halaman itu untuk melihat perubahan.

Tanggal: Ingin meminta tanggal atau waktu tertentu, mungkin untuk menjadwalkan acara atau mencatat aktivitas? Pilihan tanggal adalah yang harus kamu gunakan. Ikon ini dapat meminta tanggal, bulan, tahun dan waktu juga.


Sobat TahooTech, demikianlah beberapa hal yang perlu kamu tahu tentang cara membuat Google Form. Bisa diaplikasikan apabila ingin tahu cara membuat kuisioner di Google Form atau membuat pendaftaran online. Semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like