Cara Membuat Footnote di Word + Trik Shortcut

TahooTech – Membuat footnote atau catatan kaki merupakan kegiatan yang sering dilakukan saat membuat karya tulis ilmiah.

Untuk mereka yang belum tahu fitur ini, seringkali mereka membuat footnote secara manual. Dengan kata lain, membuat sendiri. Akhirnya, pengaturan keseluruhan dokumen jadi kacau.

Berikut Mimin kasih  tutorial cara membuat footnote biar tulisan kamu makin kaya referensi.

Apa Itu Footnote?

Cara Membuat Footnote di Windows

Footnote atau catatan kaki adalah cara menambahkan informasi tambahan untuk tulisan kamu di luar teks utama.

Biasanya untuk membuat sebuah karya kamu perlu mengutip publikasi lain seperti buku, artikel, atau situs web untuk referensi penulisan.

Kamu dapat menggunakan footnote untuk menambahkan komentar sampingan, penjelasan singkat, dan referensi dari sebuah kata atau kalimat.

Seperti namanya, catatan kaki dilampirkan di bagian bawah halaman yang berisi kalimat yang sesuai dengannya.

Cara membuat footnote sangat mudah karena Word telah mempermudah pengelolaannya. Footnote yang baru akan diberi nomor secara otomatis, dan area footnote dapat meluas dan menyempit secara otomatis mengikuti jumlah teks.

Baca juga:

Footnote atau Endnote?

Cara Membuat Footnote di Windows

Microsoft Word mengeluarkan footnote dan endnote. Satu-satunya perbedaan antara keduanya adalah posisi di mana elemen-elemen ini muncul dalam dokumen.

Footnote muncul di bagian bawah halaman yang berisi nomor referensi. Endnote muncul di akhir dokumen. Untuk menempatkan endnote, buka tab Referensi dan pilih Insert Endnote.

Untuk mengonversi footnote ke endnote, klik kanan footnote yang berada di bagian bawah halaman dan pilih Convert to Endnote.

Sebaliknya, untuk mengkonversi endnote menjadi footnote, klik kanan endnote dan pilih Convert to Footnote.

Cara Membuat Footnote dengan Fitur Insert Footnote

Cara Membuat Footnote di Windows

Sejak lama Word telah menawarkan kemampuan untuk menambahkan footnote ke dokumen Word, jadi panduan ini dapat digunakan di semua perangkat lunak versi modern seperti Word untuk Microsoft 365, dan Word 2007 hingga Word 2019.

Menambahkan footnote ditulisan yang telah kamu buat membutuhkan sedikit langkah pencarian dalam menu tab karena letaknya yang tersembunyi.

Tapi hal ini bukan masalah yang serius ketika kamu tahu apa yang harus dilakukan. Jadi artikel ini akan menunjukkan kepada yang belum tahu cara membuat footnote di Word agar membuatnya tampak seperti yang kamu inginkan.

  1. Untuk membuat footnote di Word, pertama-tama posisikan kursor di akhir kata atau kalimat yang akan kamu beri penjelasan, keterangan, atau komentar.
  2. Di menu atas, klik pada tab References. Kemudian klik pada simbol Insert Footnote yang terletak di bagian kedua dari kiri di ribbon.
  3. Nomor referensi footnote akan muncul dalam superscript (berukuran lebih kecil dan posisi sedikit dinaikkan di dokumen kamu. Nomor yang sama akan muncul di bagian bawah halaman di bawah garis pendek.
  4. Kursor akan secara otomatis bergerak ke bawah, dan kamu dapat mengetikkan teks referensi seperti penjelasan, keterangan, atau komentar.

Kamu bisa menggunakan tombol di keyboard untuk Shortcut atau pintasan Footnote Alt + Ctrl + F dan Alt + Ctrl + D untuk Endnote.

Langkah-langkah tersebut untuk membuat footnote secara mudah. Jika kamu ingin menambahkan footnote di bagian sebelum kata yang sudah kamu edit sebelumnya, Word akan secara otomatis mengatur penomoran benar dan teratur.

Cara Edit Footnote dengan Mudah

Sekarang kamu bisa mengedit footnote agar lebih sesuai dengan keinginan. Mungkin kamu ingin mengubah font catatan, atau bahkan ukuran nomor superskrip dalam teks. Simak cara edit footnote berikut ini.

  1. Pertama, sorot/blok teks footnote kamu dengan kursor.
  2. Pilih tab Home di menu atas.

  3. Selanjutnya menuju Styles yang terletak di ribbon. Di kanan bawah ada tombol panah kecil yang dapat kamu klik.

    Atau kamu dapat menggunakan pintasan di keyboard dengan menekan tombol Alt + Ctrl + Shift + S. Dengan ini akan memunculkan menu Styles penuh yang dapat memberikan akses ke bit tersembunyi termasuk mengedit footnote.

  4. Lihat ke bagian bawah kotak Styles yang muncul, dan klik ikon ketiga dari kiri yaitu Manage Styles. Cari dan pilih style yang kamu inginkan di kolom menu Select a Style to Edit.

    Selama kamu telah menyorot teks footnote sebelum membuka menu ini, Word akan secara otomatis memilih gaya teks footnote kamu.

  5. Untuk memilih font baru dan ukuran font, klik tombol Modify. Di menu tersebut kamu juga dapat memilih opsi lain misalnya, untuk membuat miring teks, atau menggaris bawahi.

Semua menu di bagian Modify adalah format biasa yang berfungsi seperti halnya di tempat lain di Word. Setelah selesai edit tampilan teks yang kamu inginkan, klik OK dan OK lagi maka teks sudah berubah.

Jika kamu ingin memodifikasi nomor referensi footnote (superscript) itu sendiri simak pejelasan ini.

  • Sorot/blok nomor referensi tersebut dan secara otomatis akan diambil alih oleh Word ketika kamu membuka kotak Styles (Alt + Ctrl + Shift + S), dan kemudian klik ikon Manage Style sama seperti proses di atas sebelumnya.
  • Kemudian klik Modify, klik menu Format yang terletak di pojok kiri bawah, maka akan muncul menu dropdown. Dan pilih Font untuk mengubah font.

Perhatikan juga bahwa kamu dapat mengubah superskrip dan beralih menjadi subskrip. Mengubah superskrip menjadi subskrip berarti mengubah posisi nomor referensi yang awalnya di atas menjadi turun ke bawah.

Di menu Font terdapat Tab Advanced. Fungsi dari tab advanced untuk menyempurnakan detail seperti ukuran jarak antar karakter.

Kamu bisa mengubah jarak karakter penulisan seperti yang kamu inginkan. Setelah selesai klik OK, OK, dan kemudian OK ketiga untuk menyelesaikan pengaturan dan nomor referensi sudah berubah.

Untuk ubah pemformatan dan tata letak footnote dan Endnote, kamu bisa mengikuti langkah-langkah ini:

  • Buka tab Referensi dan, di bagian Footnote pilih ikon panah ke bawah.
  • Di kotak dialog Footnote dan Endnote, pilih opsi yang kamu inginkan. Pilih antara Footnote dan Endnote, format penomoran, tanda dan simbol khusus, nomor awal, dan apakah akan menerapkan penomoran ke seluruh dokumen.
  • Pilih Apply untuk menerapkan perubahan.

Baca juga: 

Cara Menghapus Footnote

Cara Membuat Footnote di Windows

Ketika kamu ingin menghapus footnote, sorot/blok nomor referensi di dalam teks dan tekan tombol Delete pada keybord. Secara otomatis Microsoft Word akan memperbarui nomor footnote yang tersisa.


Setelah membaca dan memahami panduan cara membuat footnote tentunya sobat TahooTech makin paham fitur apa saja yang tersedia di Word.

Itulah beberapa tips dan sederet informasi untuk membuat footnote menjadi lebih mudah dan bisa diterapkan dalam pembuatan karya tulisan. Semoga dapat membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like