Cara Membuat Daftar Isi di Microsoft Word [ Trik Mudah ]

TahooTechSobat TahooTech sedang dikejar deadline membuat sebuah artikel yang mengharuskan dengan menggunakan daftar isi?

Jangan risau, membuat daftar isi pada dasarnya sangatlah mudah, apalagi dibantu dengan program Microsoft Word yang memberikan bantuan pembuatan daftar isi secara otomatis.

Nah, penasaran bagaimana panduan cara membuat daftar isi yang dijamin mudah dan cepat? Kami merangkum berbagai cara yang bisa sobat TahooTech coba sekaligus sebagai pengetahuan baru bagi sobat yang belum mengerti cara untuk membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word dengan cepat dan mudah tentunya.

Mengenal Apa Itu Daftar Isi

Cara Membuat Daftar Isi di MS Word

Pada dasarnya, daftar isi adalah sebuah daftar yang biasanya bisa ditemukan di halaman awal yang memuat detail bab ataupun sub judul dengan nomor halaman awalan sub judul tersebut.

Pasti sudah tidak asing lagi bagi sobat melihat struktur daftar isi, karena hampir di seluruh karya tulis khususnya karya tulis ilmiah menyisipkan daftar isi untuk mempermudah pembaca menavigasi halaman sesuai dengan sub judul yang dibaca.

Jadi, sobat tak perlu repot untuk mencari sub judul yang berada di tengah bagian, cukup melihat sub judul boleh di daftar isi dan melihat nomor halaman yang yang berada di sampingnya.

Microsoft Word memberikan fasilitas pembuatan daftar isi otomatis, dimana daftar isi akan terbentuk otomatis sesuai dengan penulisan sub judul dan penempatan halaman dari sub judul tersebut.

Dengan demikian, sobat TahooTech tidak perlu lagi ambil pusing mengenai cara membuat daftar isi secara manual, dimana dalam pembuatannya yang cenderung ribet dan memakan banyak waktu.

Baca juga: 7 Cara Membuat Halaman Di Word Dengan Mudah

Apakah Penting Untuk Menggunakan Daftar Isi?

Cara Membuat Daftar Isi

Bagaimana menurut sobat, apakah penting untuk membuat daftar isi pada sebuah karya tulis? Ya, sangatlah penting untuk membuat daftar isi yang disematkan pada halaman awal sebuah karya tulis.

Bayangkan ketika sebuah buku tebal yang memuat berbagai definisi tidak memiliki daftar isi. Tentu sobat akan susah payah mencari informasi yang diharapkan sedangkan buku tersebut tidak memberikan petunjuk apapun mengenai keberadaan informasi tersebut.

Dengan adanya daftar isi yang disertai dengan nomor halaman pada sebuah karya tulis, pembaca akan menemukan informasi yang diinginkan lebih cepat, merujuk pad sub judul pada daftar isi yang disertai dengan nomor halaman.

Selain membantu pembaca untuk menemukan hal penting yang dicari, daftar isi dapat memberikan pandangan awal kepada pembaca tentang apa yang akan dibahas oleh sebuah karya tulis tersebut. Alur cerita sebuah karya tulis akan terbentuk hanya dengan melihat seluruh rangkaian daftar isi.

Tidak hanya berhenti disitu, daftar isi dapat membantu penulis untuk menyusun karya tulisnya menjadi lebih terorganisir dan terstruktur. Yuk simak pembahasan mengenai cara membuat daftar isi yang amatlah mudah untuk dicoba.

Baca juga: Cara Menghilangkan Garis Merah di Word dengan Cepat dan Mudah!

Cara Membuat Daftar Isi di Microsoft Word

Cara Membuat Daftar Isi di MS Word

Hampir di semua karya tulis baik ilmiah non ilmiah menggunakan daftar isi. Hal ini digunakan untuk mempermudah pembaca dalam menavigasi halaman pada sebuah karya tulis.

Sebelum sobat mencoba cara membuat daftar isi di dokumen sobat, hal penting yang perlu dilakukan yaitu membuat heading.

Dengan membuat heading pada subjudul sobat, Microsoft Word akan membuat daftar isi secara otomatis sesuai dengan heading yang dibuat. Bagaimana cara membuatnya?

  • Pilih subjudul yang ingin sobat jadikan heading.
  • Blok sub judul tersebut. Sobat dapat mengatur mengatur heading dengan membuka tampilan menu Styles di tab home.
  • Klik Kanan pada heading 1 lalu klik modify untuk mengatur format heading. Jika sobat ingin menggunakan format subjudul yang sudah dibuat sebelumnya, maka sobat dapat memilih update hiding 1 to match Selection.
  • Sobat dapat menggunakan heading 2, 3 selanjutnya sesuai dengan level subjudul sampai tidak tersisa lagi subjudul yang ada pada ada dokumen sobat.

Membuat daftar isi dengan sekali klik!

Seperti yang telah dijelaskan diatas, Microsoft Word dapat membangun daftar isi otomatis yang bisa di-update dengan heading yang telah dibuat sebelumnya. Dengan demikian, sobat tidak perlu merubah daftar isi ketika sobat merubah subjudul maupun level subjudul.

  • Letakkan kursor ketik di halaman kosong yang sobat ingin buat sebagai daftar isi
  • Klik referensi lalu klik table of contents.
  • Sobat bisa memilih salah satu style dari daftar pilihan automatic table of content.
  • Dan voila, daftar isi sobat akan muncul secara otomatis sesuai dengan subjudul yang sudah dikaitkan dengan heading sebelumnya.

Baca juga: Cara Menghapus Halaman Di Word (PC dan Android)

Cara Memperbarui Daftar Isi yang Sudah Dibuat

Cara Membuat Daftar Isi di MS Word

Menggunakan fitur daftar isi otomatis di Microsoft Word tidaklah sesulit daftar isi manual. Ketika sobat mencoba membuat daftar isi dan ingin merubah subjudul ataupun berpindah halaman ketika daftar isi sudah terbuat, secara otomatis Microsoft Word akan meng-update perubahan-perubahan yang dilakukan di daftar isi yang sudah dibangun sebelumnya.

Namun berbeda ketika membuat dengan daftar isi manual, sobat harus mengubah juga subjudul yang sudah diedit pada daftar isi yang sobat buat serta halaman yang mungkin berpindah dari tata letak sebelumnya saat membuat daftar isi pertama kali. Lalu bagaimana memperbarui daftar isi setelah adanya perubahan-perubahan pada subjudul?

Sobat cukup memilih tombol update table yang terletak di pojok kiri atas daftar isi. Sobat dapat memilih apakah Ingin memperbarui nomor halaman saja atau memperbarui keseluruhan tabel dengan mengeklik menu dropdown update table. Sangat mudah bukan cara membuat daftar isi di Word?

Ya, nomor halaman yang tertera pada daftar isi pasti akan berubah setelah berhasil di update pada daftar isi sobat. Tak hanya nomor halaman, sub judul pun akan berubah sesuai dengan heading yang telah dibuat pada badan teks.

Baca juga: Cara Aktivasi Microsoft Office dengan Mudah

Kesimpulan

Sederhananya, daftar isi sangat berguna bagi pembaca untuk menemukan informasi yang dicari dan diinginkan. Membuat daftar isi tidak boleh sembarangan ya sobat, karena daftar isi sebagai gerbang utama yang mengantar pembaca ke inti pada karya tulis sobat.

Namun sayang sekali, masih banyak orang yang masih belum bisa membuat daftar isi dengan baik dan benar.

Banyak orang menghabiskan waktu yang lama hanya sekedar untuk membuat daftar isi yang menarik, dan akhirnya banyak yang mengambil jalur pintas dengan menggunakan layanan pengetikan yang pastinya akan merogoh kantong dompet.

Padahal sobat, membuat daftar isi tidak serumit membangun naskah tulis di dalamnya. Apalagi sekarang Microsoft Word menyediakan fitur pembuatan daftar isi otomatis yang dijamin mudah dan sangat cepat untuk mengerjakannya. Jadi, bukan alasan lagi ya buat sobat untuk merasa pusing dalam membuat daftar isi ya.


Itulah berbagai cara membuat daftar isi khususnya di Microsoft Word yang sangat mudah dan praktis tentunya.

Sobat perlu merasa pusing dengan membuat daftar isi manual yang membutuhkan tenaga dan ketelitian ekstra. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like