Tutorial Singkat Cara Membuat Channel Youtube yang Mudah

Katanya bisa dapat duit dari channel YouTube, bikin ah…

TahooTech – Tahukah sobat bahwa lebih dari lima miliar video YouTube ditonton setiap hari?

Tidaklah heran jika banyak orang yang mulai mencari tahu cara membuat channel Youtube yang mudah. Banyak yang ingin mendapatkan pemasukan dari konten Youtube.

Membuat saluran YouTube yang dikelola dengan baik dengan konten yang konsisten dapat membantu bisnis tumbuh lebih baik dan pendapatan meningkat, tetapi melakukannya dengan benar sama pentingnya.

Cara Membuat Channel Youtube

Berikut beberapa cara membuat channel Youtube yang mudah untuk orang yang ingin mendapatkan keuntungan.

1. Daftarkan akun Google (jika Anda belum memilikinya)

Cara Membuat Channel Youtube

Untuk menonton, berbagi, membuat, dan mengomentari konten YouTube, Anda memerlukan akun Google.

Jika Anda belum Memiliki Akun Google, buka youtube.com dan klik “Masuk” di sudut kanan atas. Dari sana, Anda akan dibawa ke halaman masuk Google. Klik “lebih banyak opsi”. Dari sana, Anda akan diminta untuk mengikuti beberapa langkah untuk membuat akun Google.

Jika Anda sudah memiliki akun Google, buka youtube.com dan klik “masuk” di sudut kanan atas. Dari sana, Anda akan dibawa ke halaman masuk Google yang sama di atas.

Jika memiliki beberapa akun Google, pastikan untuk memilih akun yang ingin dikaitkan dengan saluran YouTube.

Baca juga: 5 Cara Download Video YouTube Di Android yang Simpel

2. Buat saluran YouTube baru menggunakan akun Google Anda

Cara Membuat Channel Youtube

Setelah Anda mengatur dan masuk ke akun Google, saatnya membuat saluran. Kembali di youtube.com, klik ikon pengguna Anda di sudut kanan atas.

Ini mewakili akun Google Anda dan akun YouTube Anda (karena YouTube dimiliki oleh Google). Anda akan melihat menu drop-down, di mana Anda harus mengklik “pengaturan.”

Dari sana, Anda akan dibawa ke tinjauan umum akun Anda. Di bawah “fitur tambahan,” klik “buat saluran baru.”

Langkah pertama adalah membuat nama akun. Bisa berupa nama apa pun yang Anda inginkan, dan tidak harus sama dengan nama yang Anda gunakan untuk membuat akun Google, tetapi sebaiknya nama itu dapat mencerminkan merek atau konten yang akan diisi di saluran YouTube Anda.

Setelah memasukkan nama akun, Anda mungkin akan diminta untuk memverifikasi akun melalui pesan teks atau panggilan suara.

Jika itu terjadi, masukkan kode yang Anda terima dari opsi yang Anda pilih. Setelah memverifikasi, Anda akan dibawa ke dasbor untuk saluran Anda.

Baca juga: Jomblo Insomnia? Sekarang YouTube Ingatkan Kamu Untuk Tidur

3. Optimalkan saluran Anda untuk dapat ditemukan

Cara Membuat Channel Youtube

Dari dasbor saluran Anda, klik “sesuaikan saluran.” Setelah mengklik “ubah-suaikan saluran,” Anda akan dibawa ke halaman saluran dasar, tempat Anda akan melihat roda gigi di sebelah kanan. Klik ikon roda gigi ini, kemudian klik pada bagian yang mengatakan “pengaturan lanjutan.”

Di sinilah Anda akan memasukkan beberapa informasi dasar tentang saluran Anda. Seperti negara tempat berbasis, juga kata kunci yang membantu orang menemukan saluran Anda ketika mereka memasukkan istilah pencarian yang menggambarkan video apa yang mereka cari. Kata kunci ini dapat mencakup tentang saluran Anda, produk yang Anda tampilkan dan banyak lagi.

Dalam pengaturan ini Anda dapat menautkan akun Iklan Google, menambahkan ID pelacakan properti Google Analytics, dan membuat berbagai pilihan iklan untuk saluran Anda ketika Anda siap untuk mempromosikan video tertentu di seluruh platform YouTube.

4. Tambahkan tautan dan detail deskriptif ke saluran Anda

Ada dua elemen penyesuaian untuk saluran YouTube baru: detail deskriptif, dan visual. Detail deskriptif memberi tahu pengunjung saluran Anda, tujuan dibuatnya channel Anda dan jenis konten video yang mereka harapkan dipublikasikan oleh Anda.

Untuk menjelaskan saluran YouTube Anda kepada penonton atau jika Anda ingin menambahkan deskripsi saluran dan tautan ke halaman web lain yang terkait dengan merek Anda. Kembali ke dasbor penyesuaian saluran Anda, klik pada tab “Tentang”.

Di sana, Anda akan diminta untuk mengisi rincian seperti deskripsi saluran -yang dapat Anda optimalkan dengan kata kunci untuk lebih mudah ditemukan- serta informasi kontak dan tautan ke situs web Anda dan saluran media sosial.

5. Unggah foto profil ke saluran Anda

Cara Membuat Channel Youtube

Foto profil bisa menjadi sarana bagi pengguna YouTube untuk mengidentifikasi pembuat video saat menelusuri konten video.

Ketika Anda mengklik “ubah” di bawah ikon profil Anda, klik “edit,” dan Anda akan dibawa ke halaman tempat Anda dapat mengedit informasi akun, termasuk foto profil Anda (yang akan ditampilkan di saluran YouTube Anda). Sebaiknya pilih gambar dengan dimensi 800 x 800 piksel untuk foto profil.

6. Tambahkan gambar spanduk

Selanjutnya, saatnya menambahkan gambar spanduk Anda. Kembali di dasbor penyesuaian saluran, di bagian atas, Anda akan melihat foto profil yang baru ditambahkan di sudut kiri atas.

Untuk menambahkan gambar spanduk, arahkan kursor ke atas latar belakang abu-abu untuk mengungkapkan ikon pensil kecil di sudut kanan atas. Klik ikon ini dan pilih “Edit saluran seni”

Dimensi minimum untuk gambar spanduk YouTube Anda adalah 1546 x 423. Lebar maksimum untuk gambar spanduk Anda adalah 2560 x 423, dan ukuran file gambar Anda tidak boleh lebih dari 6MB.

7. Tambahkan video dan optimalkan untuk pencarian

Cara Membuat Channel Youtube

Mengoptimalkan saluran ada beberapa cara, yaitu melalui judul, deskripsi, dan juga tag. Saat kita mencari video, salah satu hal pertama yang menarik perhatian adalah judulnya.

Itulah yang sering menentukan apakah pemirsa akan mengklik atau tidak untuk menonton video Anda, sehingga untuk membuat judul tidak hanya harus menarik, tetapi juga, jelas dan ringkas.

Deskripsi harus dibatasi hingga 1.000 karakter dan ingat bahwa pemirsa Anda datang ke sini untuk menonton video, bukan untuk membaca banyak teks.

Plus, YouTube hanya menampilkan dua atau tiga baris teks pertama, yang mencapai sekitar 100 karakter, jadi isi deskripsi dengan informasi yang paling penting.

Menggunakan tag tidak hanya membuat pemirsa tahu tentang video Anda. Tag juga memberi tahu YouTube, yang menggunakan tag “untuk memahami konten dan konteks video Anda”.

Dengan begitu, YouTube dapat mengaitkan video Anda dengan video serupa, yang dapat memperluas jangkauan konten Anda.

Cara Membuat Channel Youtube di Android

Setelah Anda memiliki akun Google, kunjungi situs web YouTube dan masuk. Langkah selanjutnya adalah mengklik profil Anda di sudut kanan atas dan kemudian pilih “Pengaturan.” Anda sekarang akan melihat tautan berjudul “Buat saluran baru”

Sekarang saatnya membuat keputusan. Jika Anda akan membuat akun YouTube pribadi dengan nama Anda sendiri, Anda dapat melanjutkan dan klik tombol “Buat saluran”. Jika Anda ingin mengatur saluran YouTube dengan nama atau merek perusahaan Anda, klik tautan “Gunakan bisnis atau nama lain”, ketikkan nama yang Anda inginkan, dan klik tombol “Buat”.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin diminta memverifikasi akun Anda. Yang harus Anda lakukan adalah menambahkan nomor telepon Anda, pilih apakah Anda ingin menerima kode verifikasi Anda melalui SMS atau panggilan suara, dan klik “Lanjutkan.” Langkah terakhir adalah mengetikkan kode verifikasi Anda dan klik “Lanjutkan” lagi.

Saluran YouTube sudah berhasil dibuat. Tapi ini baru langkah awal. Untuk tampil profesional, Anda sekarang harus menambahkan foto profil, deskripsi, dan detail lainnya. Cukup klik tombol “Sesuaikan saluran” dan pilihlah opsi yang tersedia.


Sobat TahooTech, demikianlah informasi tentang cara membuat channel Youtube yang mudah. Semoha bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like