Cara Membuat Aplikasi Berbasis Web Sederhana Untuk Pemula

TahooTechBagi sobat pemula, cara membuat aplikasi berbasis web sederhana berikut bisa jadi acuan awal belajar ya. Selamat mencoba.

Sobat seringkali kita mendengar apa itu web. Nah, biasanya web sendiri digunakan dalam sebuah wadah sebagai tempat untuk menyebarkan informasi ataupun untuk berjualan.

Web ternyata bisa dibilang sangat berguna saat ini. Apalagi sekarang ini web bisa sobat miliki dalam membuat aplikasi berbasis web

Di era sekarang ini memang semua sudah serba online orang-orang semua pasti membutuhkan dan mencari sebuah aplikasi-aplikasi berbasis online khususnya para developer dan mahasiswa untuk membuat tugas akhir.

Oleh sebab itu, disini Mimin akan membagikan secara free kepada sobat semua, walaupun sederhana tapi semoga membuat aplikasi berbasis web ini nantinya bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat sobat semua.

Jenis Aplikasi Berbasis Web

Adapun aplikasi berbasis web ini semua dibuat dengan menggunakan bahasa pemograman yaitu php dan database mysql dan semua berbasis web.

Tentu saja dengan membuat aplikasi berbasis web akan memudahkan sobat untuk melakukan pekerjaan.

Berikut ini ada beberapa aplikasi berbasis web yang bisa sobat download lewat PC ataupun smartphone :

1. Aplikasi Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis Web

suckittrees.com

Aplikasi manajemen arsip surat merupakan sebuah cara untuk membuat aplikasi berbasis web yang digunakan dalam melakukan surat-menyurat secara elektronik yang dikirim ke tujuan masing-masing.

Selain digunakan untuk komunikasi surat-menyurat, aplikasi manajemen arsip surat ini juga bisa mendisposisikan dan ditindak lanjuti oleh pegawai yang bersangkutan.

Sehingga aplikasi ini dapat berperan aktif dalam menyampaikan informasi kepada pegawai-pegawai secara cepat dan akurat.

Untuk source code aplikasi manajemen arsip surat ini dibuat dan dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL yang mana penulisan syntax dari source code aplikasi manajemen arsip surat ini dibuat sedemikian rupa agar mudah dipahami.

Sehingga untuk kedepannya diharapkan aplikasi ini dapat dilakukan pengembangan lebih jauh yang tentunya melihat dari kebutuhan yang ada.

2. Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web CodeIgniter Web Framework

12161789.blogspot.com

Seorang pustakawan atau orang yang bertugas mengelola perpustakaan, bagaimanakah teknik yang anda gunakan untuk mengelola perpustakaan selama ini?

Apakah anda menggunakan cara manual atau cara modern? Ada banyak sekali cara atau teknik dalam mengelola perpustakaan.

Salah satunya yaitu dengan menggunakan cara modern atau menggunakan software perpustakaan. Aplikasi berbasis web ini merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk memudahkan proses manajemen perpustakaan.

Dengan bantuan program Software Berbasis Web, serta Masyarakat dapat mengakses dan melakukan pencarian apakah buku yang akan mereka pinjam masih tersedia atau tidak.

Baca juga: 4 Aplikasi Perpustakaan Digital Gratis dan Fitur Terlengkap

3. SISFO Kampus Terbaru Edisi ke 2 Berbasis Web

blog.sarjanakomedi.com

Aplikasi Sistem infromasi Kampus (SISFO) ini sudah menjadi aplikasi wajib bagi perguruan tinggi pada saat ini.

Perguruan tinggi dengan kegiatan akademik yang begitu komplek pasti sangat membutuhkan sistem yang dapat membantu memudahkan manajemen dan mempercepat pekerjaan di civitas kampus dalam mengelolanya.

Adanya SIISFO KAMPUS ini, pengelolaan informasi akademik bisa mencakup seluruh proses kegiatan akademik di kampus mulai dari proses penerimaan mahasiswa baru (PMB), pembuatan kurikulum, KRS (pengisian kartu rencana studi) sampai ke pembuatan jadwal kuliah dan masih banyak lagi fungsi yang akan mempermudah pengelolaan kegiatan kampus perguruan tinggi.

4. Aplikasi Sederhana Cuci Mobil Motor dengan PHP MySQLi

yukcoding.id

Aplikasi Cuci Mobil merupakan program yang cukup sederhana dibuat untuk usaha cuci mobil maupun motor, sehingga sistem pelaporannya akan menjadi mudah.

Dirancang dengan tampilan yang user friendly dengan penggunanya. Selain digunakan untuk cuci mobil dan motor, bisa juga digunakan untuk mempermudah proses pengadministrasian dengan cepat dan lancar serta mendukung proses print-out laporan pdf.

Program ini sudah mendukung proses bisnis sehari-hari serta saling terintegrasi.

Baca juga: 3 Aplikasi Pertanian Terbaik Untuk Petani Milenial

5. Aplikasi Sippulsa

twitter.com

Sebut saja dengan aplikasi (SIPPULSA) yang berbasis web dengan menggunakan framework Codeiginiter yang digunakan pada source code aplikasi penjualan ini yaitu framework codeigniter 3.x dan Halaman Dashboard Admin LTE.

Aplikasi penjualan pulsa ini merupakan sebuah aplikasi yang dibuat untuk memudahkan dan mempercepat serta memanajemen waktu manusia dalam melakukan transaksi penjualan baik pencatatan maupun record data transaksi penjualan pulsa ini.

Cara Membuat Aplikasi Berbasis Website Tanpa Coding

Jika menggunakan diatas cukup rumit untuk Anda, Anda bisa mencoba cara membuat aplikasi website tanpa harus menggunakan coding.

Caranya adalah dengan menggunakan ‘pihak ketiga’. Entah itu dengan menggunakan aplikasi, situs ataupun dengan menggunakan penyedia layanan jasa pembuatan aplikasi.

Salah satu cara untuk membuat website sederhana tanpa harus menggunakan coding yaitu dengan menggunakan Hermit – Lite Apps Browser. Aplikasi ini dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi website dengan menggunakan aplikasi.

Anda hanya perlu untuk mengunduhnya terlebih dahulu di app store yang ada, kemudian masuk dan Anda bisa mencoba untuk membuat suatu website.

  1. Masuk dan buka di bagian feature tour. Nantinya Anda akan mendapati 6 halaman yang isinya informasi mengenai kelebihan dari hermit.
  2. Klik tanda merah yang ada di bagian kanan bawah. Selanjutnya maka Anda harus memasukkan URL website di bagian dalam bar yang ada di layar. Alamat website tersebut terserah Anda, jadi Anda tidak perlu bingung kalau dengan aplikasi ini harus punya website dahulu.
  3. Jika sudah maka Anda bisa mengganti nama aplikasi tersebut menggunakan alamat sesuai dengan kesayangan Anda. Cara ini hanya dapat dilakukan jika website yang sudah Anda pasang sebelumnya dengan nama domain tersebut, sudah terbuka.
  4. Maka setelah Anda melakukan klik pada tombol merah, Anda akan mendapati pop up konfirmasi muncul. Untuk melanjutkannya maka Anda bisa melakukan klik pada create.

Demikian penjelasan mengenai lima aplikasi berbasis web untuk PC dan smartphone yang bisa sobat coba untuk digunakan mengerjakan berbagai kebutuhan kerja online sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like