Wajib Tahu! 5 Cara Melihat Analytic YouTube Terakurat

YouTube Analytic merupakan sebuah fitur khusus yang sangat berguna bagi YouTuber maupun pembuat konten. Fitur ini digunakan untuk melihat jumlah penonton, hingga jenis konten paling disukai. Cara melihat Analytic YouTube juga mudah dan pastinya akurat.

Berikut ini merupakan penjelasan singkat mengenai YouTube Analytic. Sekaligus juga bagaimana cara melihat Analytic YouTube secara mudah dan akurat:

Apa itu YouTube Analytic

 Cara Melihat Analytic YouTube

YouTube Analytic merupakan fitur untuk menunjukan analisa sebuah kanal dan akun. Analisa tersebut berisi beberapa metrik berbeda untuk melihat performa kanal YouTube. Fitur ini hanya bisa dilihat oleh pemilik akun dan kanal YouTube tersebut saja.

Seperti disebut di atas, YouTube Analytic memiliki beberapa materi berbeda. Bukan hanya untuk melihat berapa jumlah Views masing-masing video maupun keseluruhan. Materi tersebut juga menampilkan data topik berdasarkan dari audiens.

Menu YouTube Analytic

Setidaknya ada 4 menu yang akan bisa membantu untuk menganalisa sebuah kanal serta akun YouTube. Berikut ini menu yang bisa dilihat lewat YouTube Analytic:

  • Overview
  • Reach
  • Engagement
  • Audience

Cara Melihat Analytic YouTube

Bagi YouTuber maupun pembuat konten di YouTube, memperhatikan masing-masing menu ini akan membantu mengembangkan kanal YouTube. Agar semakin jelas, langsung saja simak cara melihat Analytic YouTube di bawah ini:

1. Membuka YouTube Studio

 Cara Melihat Analytic YouTube

Langkah pertama dengan membuka YouTube Studio. Fitur ini masih dalam versi Beta di YouTube. Namun sudah bisa diakses semua pengguna yang sudah mendaftarkan kanal YouTube.

Untuk mengakses YouTube Studio, pertama-tama masuk ke akun YouTube lebih dulu. Kemudian di halaman beranda YouTube, klik Profile pada foto profil di sisi kanan atas. Pada deretan menu, pilih YouTube Studio (Beta). Tunggu hingga halaman terbuka.

2. Mengakses Menu Analytics

 Cara Melihat Analytic YouTube

Setelah menu YouTube Studio terbuka, berikutnya hanya perlu mengakses fitur Analytic. Pada halaman beranda YouTube Studio bisa dilihat beberapa fitur berbeda. Seperti News, Analytics, dan juga Latest Video. Halaman ini akan menunjukan aktivitas kanal YouTube secara umum.

Pada Menu Bar di sebelah kiri, klik menu Analytics. Opsi ini akan membuka ke halaman menu baru untuk melihat analisa kanal YouTube.

3. Buka Halaman YouTube Analytics

 Cara Melihat Analytic YouTube

Halaman menu Analytics yang terbuka menunjukan analisa pada kanal YouTube. Di halaman ini akan terlihat menu-menu berbeda. Seperti Overview, Reach, Engagement, dan Audience.

Masing-masing menu dapat diatur berdasarkan periode waktu tertentu. Seperti selama satu minggu terakhir, satu bulan, hingga sejak kanal YouTube dibuat.

Pada menu inilah dapat disaksikan analisa kanal YouTube tersebut. Tentunya semua data disajikan dalam bentuk grafik yang mudah dipahami.

4. Pilih Menu Lebih Lanjut

 Cara Melihat Analytic YouTube

Ingin mendapatkan informasi lebih mendalam untuk analisa kanal YouTube? Setelah melakukan tahapan cara melihat Analytic YouTube diatas, klik pada tombol See More di bagian bawah.

Tombol ini akan membuka halaman baru berisi informasi lebih lengkap mengenai analisa kanal YouTube.

Bagian ini penting untuk memahami pedoman topik yang disukai audiens hingga waktu terbaik untuk mengunggah video. Informasi dan analisa yang sangat lengkap serta mendalam.

5. Menyimpan Hasil YouTube Analytics

 Cara Melihat Analytic YouTube

Cara melihat Analytic YouTube berikutnya jauh lebih mudah. Langkah ini berguna bila hendak menyimpan hasil analisa dari YouTube Analytics.

Pada halaman menu YouTube Analytics, terdapat tombol di sisi kanan atas. Tombol tersebut memberikan pilihan untuk mengirim Feedback untuk hasil analisa.

Maupun menyimpan hasil analisa YouTube Analytics ke Google Sheet. Mudah sekali kan untuk melihat dan cara menggunakan YouTube Analytics ini.

You May Also Like