Cara Masuk BIOS Lenovo Untuk Konfigurasi Laptopmu

Memasuki BIOS tak sesulit memasuki hatinya yang telah tutup terkunci…

TahooTechPERHATIAN! Jika sobat sebelumnya tak pernah masuk menu BIOS atau bahkan baru mendengar nama makhluk ajaib ini, ada baiknya PDKT terlebih dahulu dengan membaca artikel ini secara lengkap.

Ya, Lenovo menjadi salah satu vendor gadget yang amat populer di berbagai belahan dunia. Lenovo sendiri berhasil mengakuisisi ThinkPad milik IBM serta Motorola yang pernah merajai pangsa pasar gadget di kala itu.

Maka tak heran laptop Lenovo menjadi pilihan yang tepat untuk banyak orang di berbagai belahan dunia dalam menunjang kebutuhan kesehariannya.

Yuk kita intip cara masuk BIOS Lenovo dengan mudah dan cepat!

Apa Itu BIOS?

Cara Masuk BIOS Lenovo

Kadangkala kita diharuskan untuk memasuki BIOS laptop karena berbagai kondisi. Sebenarnya, BIOS (Basic Input Output System) adalah tempat berbagai perintah dan konfigurasi yang terkumpul untuk menginisialisasi hardware laptop.

Singkatnya, BIOS sebagai alat untuk memulai si laptop agar dapat menjalankan sistem operasinya.

Tak hanya untuk memulai sistem operasi, BIOS juga berfungsi untuk mengatur konfigurasi dasar (basic configuration) laptop mulai dari tanggal, waktu, kerja kipas, konfigurasi media penyimpan hingga mengatur kinerja dan kestabilan laptop.

Jangan kaget ketika sobat mencari menu BIOS di laman antarmuka desktop di sistem operasi sobat seperti Windows yang tak kunjung ada.

Membuka mode BIOS harus dengan menekan tombol kombinasi khusus yang tujuannya agar tidak untuk mencoba-coba memasuki dan menyetel konfigurasi laptop pada mode tersebut.

Tidak hanya dengan tombol kombinasi, memasuki menu BIOS juga tidak bisa semudah membuka gambar di dokumen atau membuka permainan catur di Windows sobat, namun harus berawal dari kondisi mati dan baru menyala sebelum memasuki sistem operasi.

Terlihat amat rumit dan hanya bisa dikerjakan oleh sebagaian orang saja bukan? Jangan risau, akan kami berikan cara masuk BIOS Lenovo dengan mudah dan cepat.

Baca juga: 6 Cara Mempercepat Kinerja Laptop, Anti Lemot Club

Mengenal Lenovo BIOS Menu

Cara Masuk BIOS Lenovo

Kata BIOS nampaknya sudah tak asing lagi bagi para pengguna laptop saat ini. Sudah banyak para pengguna yang mencoba keluar masuk BIOS untuk mengkonfigurasi laptopnya sesuai dengan kebutuhan yang diinginkannya.

Namun bagi pengguna yang belum pernah sama sekali masuk ke mode BIOS, pasti akan sulit dalam menemukan cara untuk masuk ke mode BIOS. Terlebih mode ini terlihat “bersembunyi” dari layar laptop saat sistem operasi mulai berjalan.

Nah, sebenarnya sobat TahooTech tidak perlu khawatir akan susahnya cara masuk BIOS Lenovo yang nanti akan dijelaskan dibawah ini.

Sobat perlu tahu apa sih sebenarnya BIOS menu itu? Ya, setelah kita mencoba untuk masuk ke mode BIOS, layar laptop lenovo sobat akan menampilkan berbagai menu perintah yang tersedia. Tampilannya pun cukup sederhana dan menggunakan bahasa yang sangat sederhana pula.

Umumnya, menu BIOS mencakup beberapa komponen dasar, seperti:

(a) BIOS Setup yang mencakup konfigurasi manajemen daya, jenis dan tipe harddisk, kinerja komputer, waktu dan tanggal sistem,

(b) Driver yang digunakan untuk mendukung jalannya perangkat keras pendukung seperti processor, perangkat masukan, adapter suara dan musik, dan perangkat lainnya yang mendukung bekerjanya sistem operasi,

(c) serta Program Bootsrapper yang mendukung komputer untuk melakukan proses booting sistem operasi yang dijalankan.

Sobat juga bisa merubah urutan proses booting suatu hardware laptop ketika pertama kali dijalankan setelah dinyalakan di mode BIOS. Hal ini biasanya dilakukan untuk memasang ulang ataupun memasang sistem operasi yang baru.

Pengguna yang ingin memasang sistem operasi biasanya meletakkan perangkat CD-Drive atau USB di bagian awal sebelum Harddisk.

Hal ini dilakukan agar proses booting akan pertama kali berjalan di perangkat yang memuat installer sistem operasi sebelum mencapai harddisk yang memuat sistem operasi yang lama.

Bagaimana jika harddisk yang ditempatkan diatas sebelum CD-Drive atau USB? Dalam banyak kasus yang terjadi adalah installer sistem operasi yang baru tidak akan terbaca ketika proses booting sedang berjalan karena sistem operasi yang lama sudah berjalan terlebih dahulu sebagai akibat harddisk sudah melakukan booting terlebih dahulu.

Dengan demikian, banyak yang menyarankan untuk mengubah urutan booting agar proses instalasi berjalan dengan baik dan benar.

Namun tetap hati-hati ya sobat dalam konfigurasi BIOS itu sendiri. Kesalahan konfigurasi akan memberikan dampak yang fatal.

Dampak yang ditimbulkan pun beraneka ragam, mulai dari kinerja laptop yang tidak sesuai dengan spesifikasinya, kesalahan waktu dan tanggal sistem, tidak berfungsinya hardware laptop seperti keyboard dan touchpad, hingga kegagalan memulai sistem operasi maupun laptop yang mati total.

Jadi untuk sobat yang sudah mengetahui cara masuk BIOS Lenovo dan ingin melakukan konfigurasi pengaturan BIOS, pastikan sobat TahooTech sudah membaca panduan resmi Lenovo maupun agen servis Lenovo ya!

Dengan demikian, hal tersebut dapat meminimalisir potensi kesalahan pengaturan laptop sobat.

Baca juga: Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows/MacOS Tanpa Ribet

Cara Masuk BIOS Lenovo

Cara Masuk BIOS Lenovo

Saat ini, banyak orang yang berusaha mengatur berbagai konfigurasi laptop melalui BIOS khususnya bagi yang ingin memasang ulang sistem operasinya.

Selain itu, konfigurasi BIOS jua digunakan untuk penyetelan kecepatan kipas, akselerasi hardware, dan hal lain yang berhubungan dengan perangkat keras laptop.

Bagi sobat TahooTech yang ingin mencoba memasuki mode BIOS di Lenovo sobat, berikut cara masuk BIOS Lenovo dengan mudah dan cepat pastinya :

  1. Langkah paling awal, nyalakan laptop sobat
  2. Ketika masuk booting, sobat bisa langsung menekan tombol kombinasi pada keyboard laptop Lenovo sobat:
    • Untuk seri Lenovo Thinkpad, Cara Masuk BIOS Lenovo sobat yakni dengan menekan tombol keyboard Fn + F1 secara bersamaan.
    • Untuk seri Lenovo G Series atau G405, sobat dapat menekan tombol keyboard Fn + F2 secara bersamaan.
    • Untuk seri Lenovo Ideapad, sobat hanya perlu menekan tombol keyboard F1 saja
  3. Setelah itu, laptop sobat akan memasuki mode BIOS Lenovo

Pada mode BIOS Lenovo, sobat dapat menjalankan berbagai perintah serta mengatur beberapa konfigurasi berbagai hardware laptop sobat

Perlu sobat ingat, saat memasuki mode BIOS, navigasi antar perintah maupun menu di BIOS tidak bisa menggunakan mouse atau touchpad, namun hanya bisa dilakukan dengan menggunakan keyboard saja.

Sobat bisa menggunakan tombol arah Up & Down untuk berpindah dari menu atas ke menu bawahnya ataupun sebaliknya, tombol arah Left & Right untuk berpindah menu maupun perintah dari kiri ke kanan ataupun sebaliknya

Tombol Enter untuk mengeksekusi peritah, tombol Esc untuk membatalkn perintah dan tombol F10 untuk menyimpan konfigurasi yang sudah dibuat dan keluar dari mode BIOS.

Sobat bisa memilih keluar dari mode BIOS dengan memilih menyimpan konfigurasi yang telah diubah (save & exit) ataupun keluar dengan tidak menyimpannya (discard changes & exit). Menu tersebut dapat ditemukan di bagian paling akhir ataupun bagian sebelah kanan.


Sangatlah mudah bukan untuk cara masuk BIOS Lenovo dengan mudah dan cepat. Namun sobat TahooTech perlu memberi perhatian lebih ketika berhasil memasuki mode BIOS untuk tidak merubah konfigurasi yang belum diketahui. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like