Cara Hapus Akun Gmail dengan Aman dan Mudah

Jika punya banyak akun Gmail membuatmu pusing, hapus aja bersama kenanganmu bersamanya…

TahooTech – Akun email merupakan salah satu syarat penting untuk menggunakan beberapa aplikasi. Karena keperluan ini, beberapa orang mempunyai akun Gmail lebih dari satu dengan tujuan berbeda.

Jika kamu menggunakan beberapa akun Gmail dan tiba-tiba ingin menghapus akun yang sudah tidak ingin digunakan lagi, sebaiknya kamu perlu tahu langkah-langkah cara hapus akun Gmail.

Jika ingin menggunakan akun Gmail lebih dari satu, pastikan menggunakan akun tersebut untuk sesuatu yang benar-benar kamu perlukan. Misalnya untuk akun bisnis.

Cara Hapus Akun Gmail

Cara Hapus Akun Gmail

Ada beberapa langkah cara hapus akun Gmail yang bisa kamu ketahui dengan membaca informasi berikut ini.

  1. Cadangkan pesan kamu.

Menghapus akun Gmail, akan menghapus semua pesan email dan pengaturan email. Menghapus alamat Gmail tidak akan menghapus seluruh akun Google kamu. Kamu juga dapat mengaktifkan kembali akun Gmail (selama belum terlalu lama) dengan masuk ke Gmail di web dan mengikuti instruksi yang ada.

Karena itu, penting adanya jika kamu mencadangkan pesan penting yang kamu rasa akan diperlukan di kemudian hari. Simpanlah di tempat yang mudah kamu ingat.

Baca juga: Langkah-langkah Gampang Ganti Password Gmail

  1. Masuk ke https://myaccount.google.com di peramban web.

Cara Hapus Akun Gmail

Kamu perlu menggunakan browser web di komputer. Masuk menggunakan informasi akun Gmail yang ingin kamu hapus.

Kamu juga bisa mencoba cara lain dengan mengklik alamat email Google kamu yang tersimpan dan masukkan kata sandi. Kemudian klik ‘Next’ untuk masuk. Jika kamu tidak mendapatkan alamat email kamu tercantum di layar, klik ‘Gunakan akun lain’ dan masuk alamat email dengan kata sandi yang terkait dengan akun kamu.

  1. Klik Kelola data & personalisasi kamu. Ikon ini terdapat di dekat bagian atas kolom kiri di kotak “Privasi & personalisasi”.

  2. Gulir ke bawah dan klik ‘Hapus layanan atau akun Anda’. Item ini ada di bawah tajuk “Unduh, hapus, atau buat rencana untuk data Anda” di bagian bawah halaman.

  3. Klik Hapus layanan. Ada di kotak pertama di dekat sudut kiri atas halaman.

Cara Hapus Akun Gmail

  1. Masukkan kata sandi Gmail kamu lagi jika diminta. Kamu mungkin perlu mengonfirmasi kata sandi untuk kedua kalinya sebelum menghapus layanan Gmail kamu.
  2. Klik ikon tempat sampah di sebelah Gmail. Klik Unduh Data untuk mencadangkan email kamu sebelum menghapus.
  3. Masukkan alamat email alternatif untuk akun Google kamu. Ini akan menjadi alamat email yang kamu gunakan untuk masuk ke produk Google lainnya, seperti Drive atau YouTube.

Alamat email harus diverifikasi untuk menghapus akun, jadi pastikan itu adalah akun yang dapat kamu akses. Kamu tidak dapat menggunakan akun Gmail lain sebagai alamat email alternatif.

  1. Klik ‘Kirim Email Verifikasi’. Ikon ini ada di sudut kanan bawah pesan pop-up. Google sekarang akan mengirim pesan email ke akun itu untuk mengonfirmasi.
  2. Buka akun email alternati. Kamu harus mengonfirmasi penghapusan akun Gmail.
  3. Buka email verifikasi dari Google. Cari email dengan “Konfirmasi Penghapusan Gmail” sebagai subjek. Mungkin diperlukan beberapa menit untuk muncul.
  4. Klik tautan dalam email untuk memverifikasi akun kamu. Jika Kamu ingin masuk ke akun Google, gunakan alamat kamu yang lain (non-Gmail) sebagai nama pengguna. Kata sandi akan tetap sama kecuali kamu mengubahnya.
  5. Masuk ke akun Gmail kamu. Alamat email yang ingin kamu hapus akan terisi secara otomatis di bidang. Klik ‘Next’ dan kemudian masukkan kata sandi yang terkait dengan akun Gmail ini.
  6. Klik kotak centang ‘Gambar’ berjudul ‘Windows10checked.png’ di bagian bawah. Item ini di bagian bawah pesan konfirmasi penghapusan. Di sebelah pesan yang mengatakan “Ya, saya ingin menghapus [akun Gmail] secara permanen dari Akun Google saya.”
  7. Klik Hapus Gmail. Ikon ini adalah tombol biru di bagian bawah pesan. Mengklik ini akan menghapus akun Gmail kamu dari akun Google.

Langkah-langkah Hapus Akun Google

Cara Hapus Akun Gmail

  1. Buka https://myaccount.google.com di peramban web.

Kamu harus menggunakan browser web di komputer untuk menghapus akun Google. Jika kamu belum masuk, klik alamat email Google yang tersimpan dan masukkan kata sandi dan klik ‘Next’ untuk masuk.

Jika kamu tidak melihat alamat email kamu tercantum di layar, klik ‘Gunakan akun lain’ dan masuk alamat email dengan kata sandi yang terkait dengan akun kamu.

Jika kamu menghapus akun yang digunakan di Android atau Chromebook, kamu akan kehilangan kontak, aplikasi yang diunduh, dan gambar serta foto. Karena itu, penting untuk melakukan pencadangan data.

  1. Klik Kelola data & personalisasi kamu. Item ada di bagian atas kolom kiri di kotak “Privasi & personalisasi”.
  2. Gulir ke bawah dan klik ‘Hapus layanan atau hapus akun Anda’. Item ini ada di bawah tajuk “Unduh, hapus, atau buat rencana untuk data Anda” di bagian bawah halaman.
  3. Klik ‘Hapus akun Anda’. Item ada di bawah kotak “Menghapus Akun Google Anda” di bagian kanan atas halaman.

  4. Konfirmasikan kata sandi kamu dan klik ‘Next’. Kamu harus mengonfirmasi kata sandi sebelum dapat menghapus akun.
  5. Klik ‘Unduh data Anda’ untuk membuat cadangan data. Ikon ada di dekat bagian atas halaman di bagian “Silakan baca ini dengan cermat”. Setelah perintah itu akan dilanjutkan ke tab browser baru yang membuka ke daftar data yang akan dihapus jika kamu melanjutkan.

Jika kamu tidak ingin mencadangkan apa pun, tutup tab browser baru dan lewati dua langkah berikutnya.

  1. Pilih data yang akan dicadangkan dan klik ‘Langkah berikutnya’. Gunakan kotak centang untuk memasukkan (atau menghapus) berbagai jenis data dari arsip cadangan kamu. Klik kotak centang di sebelah kanan item data untuk menghapusnya dari arsip cadangan.
  2. Pilih pengaturan cadangan Kamu dan klik CREATE ARCHIVE. Ikon ini adalah tombol biru di bagian bawah layar. Cadangan akan disimpan sebagai file .zip yang dapat kamu unduh ke komputer atau disimpan ke akun OneDrive, DropBox, atau Box. Setelah mencadangkan data, tutup tab browser ini untuk kembali ke tab “Hapus Akun Google Anda”.
  3. Klik tab “Hapus Akun Google Anda”. Setelah mencadangkan akun Google kamu, klik kembali ke tab yang memiliki halaman tempat kamu mengonfirmasi bahwa kamu ingin menghapus akun.
  4. Gulir ke bawah dan periksa Gambar berjudul Windows10checked.png. Keduanya ada di bagian bawah halaman “Hapus Akun Google Anda”.
  5. Klik Hapus Akun. Item ini adalah tombol biru di bagian bawah layar. Langkah ini akan menghapus akun kamu dan menghapus data dari server Google. Kamu akan keluar dan dikembalikan ke layar masuk Google.
  6. Pulihkan akun yang dihapus (opsional), jika kamu berubah pikiran atau secara tidak sengaja menghapus akun yang salah. Kamu memiliki 20 hari untuk memulihkan akun kamu lagi.

Kunjungi accounts.google.com/signin/recovery. Cobalah masuk dengan akun yang baru saja kamu hapus. Klik tautan “Coba kembalikan akun“. Masukkan kata sandi terakhir yang kamu gunakan untuk akun tersebut.


Demikianlah langkah-langkah hapus akun Gmail yang dapat sobat TahooTech coba sendiri. Semoga berguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like