Cara Ganti Password WiFi Provider Populer di Indonesia

Ganti rutin password WiFi biar gak dicolong tetangga.

TahooTech – Mengganti password WiFi yang digunakan adalah salah satu cara yang bisa dilakukan agar tidak ada orang lain yang mengaksesnya tanpa sepengetahuan kita.

Dengan mengganti password maka keamanan WiFi yang digunakan akan terjaga dengan baik.

Namun, mungkin bagi sebagian orang yang menggunakan WiFi masih banyak yang belum tahu mengenai cara ganti password WiFi yang digunakannya.

Semakin sering password WiFi sobat ganti, maka WiFi yang sobat gunakannya juga akan terhindar dari peretasan.

Beberapa layanan WiFi yang banyak digunakan saat ini diantaranya, IndiHome, First Media, Speedy, MyRepublic, dan MNC Play Media.

Di postingan ini, kami akan membagikan kepada sobat TahooTech mengenai cara ganti password WiFi dari layanan tersebut.

Cara Ganti Password WiFi IndiHome

Cara Ganti Password WiFi

IndiHome mungkin saat ini menjadi layanan WiFi yang paling populer di Indonesia. Layanan ini dihadirkan oleh Telkom Indonesia, untuk menghadirkan akses internet cepat kepada para penggunanya.

Ada beberapa pilihan layanan IndiHome yang dibedakan dari kecepatan akses internet yang diperoleh.

Agar akses WiFi IndiHome sobat tetap terjaga, maka ada baiknya jika secara rutin mengganti passwordnya, cara mengatasinya juga sangat mudah, silahkan ikuti setiap langkahnya dibawah ini.

  1. Pastikan terlebih dahulu jika sobat sudah terhubung dengan WiFi IndiHome. Jika sudah terhubung, silahkan buka browser yang sering sobat gunakan di Laptop, PC, atau HP. Setelah itu pada kolom url akses IP: 192.168.1.1, kemudian tekan Enter.
  2. Setelah itu, akan terbuka halaman yang meminta sobat memasukkan username dan password agar bisa mengakses pengaturan WiFi IndiHome. Pada bagian username ketik Admin dan password isi dengan Admin juga. Jika salah, coba gunakan telecomadmin pada username dan admintelecom pada password.
  3. Berikutnya klik tombol Login dan pilih Network.
  4. Terakhir, silahkan klik Security di menu WLAN yang letaknya di halaman Network. Untuk ganti password WiFi IndiHome, akses kolom WPA PassPhrase, ganti password sesuai yang sobat inginkan dan klik Submit.

Baca juga: 7 Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Laptop dan Android

Cara Ganti Password WiFi First Media

Cara Ganti Password WiFi

First media adalah layanan yang disediakan oleh LINK NET yang menyediakan akses internet bagi setiap pelanggannya.

Untuk akses internet WiFi, First media menyediakan beberapa paket layanan seperti Family Plus HD, D’Elite HD, Elite X1 4K, Supreme X1 4K, Maxima X1 4K, Ultimate X1 4K, dan Infinite X1 4K.

Agar layanan internet cepat yang disediakannya tidak terganggu oleh orang yang sering menggunakan WiFi tanpa sepengetahuan sobat, berikut cara ganti password WiFi untuk layanan ini.

  • Pertama-tama pastikan jika gadget yang sobat gunakan sudah terhubung dengan layanan internet First Media. Jika sudah terhubung, silahkan buka browser dan masukkan IP: 192.168.0.1 pada kolom pencarian dan tekan Enter atau Masuk.
  • Berikutnya, sobat akan masuk pada halaman web cisco. Pada bagian kolom username dan password kosongkan saja dan langsung klik Log in.
  • Lalu, pilih menu Setup.
  • Langkah terakhir, di bagian menu PassPhrase sobat tinggal mengganti password WiFi. Jika sudah diubah, silahkan klik Save Setting agar password yang baru tersimpan. Setelah itu, password WiFi First Media berhasil diubah.

Baca juga: 5 Cara Download Video YouTube Di Android yang Simpel

Cara Mengganti Password Biznet

Cara Ganti Password WiFi

Berikutnya adalah layanan WiFi Biznet yang paling banyak digunakan oleh berbagai macam perusahaan.

Namun, Biznet juga menghadirkan layanan yang dikhususkan untuk akses internet dari rumah atau apartemen, yaitu Biznet Home.

Paket internet yang ditawarkan layanan ini cukup bervariasi yakni mulai harga Rp 300 ribu per bulan dengan kecepatan akses internet hingga 75 Mbps.

Untuk memasang layanan Biznet ada biaya instalasi sebesar Rp 750 ribu dan biaya sewa perangkat sampai Rp 900 ribu.

Agar keamanan layanan ini aman, maka cara ganti password WiFi Biznet sangat penting sobat ketahui, langkahnya ada di bawah ini.

  1. Pertama, pastikan dulu jika sobat sudah terhubung dengan WiFi Biznet, kemudian buka browser dan masukkan IP: 192.168.100.1 pada kolom URL dan tekan Enter.
  2. Selanjutnya masuk ke form login, lalu masukkan username dan passwordnya. Untuk username isi admintelecom dan passwordnya admintelecom. Jika sudah, silahkan tekan tombol Login
  3. Setelah berhasil login, masuk ke menu LAN.
  4. Lalu, ceklis bagian Enable WLAN dan ceklis juga Enable SSD pada bagian SSD Configuration Details. Jika semuanya sudah di ceklis, pada kolom WPA PreShareKey sobat bisa merubah password WiFi-nya. Setelah itu, tinggal klik Apply.

Cara Mengganti Password MyRepublic

Cara Ganti Password WiFi

MyRepublic adalah perusahaan asal Singapura, yang masuk di pasar Indonesia sejak tahun 2015.

Layanan MyRepublic termasuk salah satu layanan penyedia WiFi murah dengan harga langganan hanya Rp 329 ribu/bulan dengan kecepatan akses internet hingga 30 Mbps.

Harga yang ditawarkan tersebut sudah termasuk biaya sewa perangkat, namun belum termasuk biaya instalasi sebesar Rp 500 ribu dan PPN 10%.

Untuk mengamankan layanan ini, usahakan sobat sering mengganti passwordnya dengan mengikuti setiap langkah dibawah ini.

  1. Langkah pertama, sambungkan perangkatmu dengan internet WiFi MyRepublic.
  2. Setelah itu, buka browser dan masukkan IP: 192.168.1.1 pada kolom url dan tekan Enter.
  3. Nantinya akan muncul form login untuk masuk ke pengaturan MyRepublic.
  4. Silahkan masukkan username dan password lama, lalu klik login. Setelah berhasil login, buka menu Network.
  5. Terakhir silahkan masuk ke menu WLAN Setting dan pilih sub menu Advanced. Pada bagian Security Mode sobat dapat mengganti password WiFi MyRepublic dengan password yang baru.

Cara Mengganti Password MNC Play Media

Cara Ganti Password WiFi

MNC Media juga tidak mau ketinggalan dalam menghadirkan layanan WiFi murah yang bisa digunakan di rumah.

Layanan internet yang dihadirkannya berbasis fiber, sama seperti layanan IndiHome. Paket WiFi yang ditawarkan juga cukup murah yakni Rp 290 ribu/bulan dengan kecepatan internet 10 Mbps.

Namun, biaya ini belum termasuk biaya PPn 10%, biaya instalasi pertama Rp 200 ribu, dan biaya tambahan jika material instalasi kurang mencukupi.

  1. Pertama pastikan perangkatmu terhubung dengan internet MNC Play, lalu buka borwser dan ketik IP: 192.168.1.1 pada kolom URL dan tekan Enter.
  2. Setelah itu, muncul form login untuk masuk ke pengaturan WiFi MNC Play Media. Silahkan masukkan username dan password lama, lalu klik Login.
  3. Kemudian, buka menu Network dan pada sub menu WLAN klik bagian Security.
  4. Lalu, di bagian WPA PassPhrase silahkan sobat masukkan password WiFi terbaru, lalu klik Submit.

Nah, itulah beberapa informasi yang dapat kami bagikan mengenai bagaimana cara ganti password WiFi beberapa layanan WiFi yang terbaik dan termurah saat ini.

Mengganti password dengan rutin adalah salah satu upaya tersendiri yang bisa sobat TahooTech lakukan agar nantinya bisa memperoleh akses internet terbaik dari layanan WiFi yang digunakan.

Selain itu, juga menghindari adanya pihak yang ingin mencuri akses internet WiFi sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like