Langkah-langkah Gampang Ganti Password Gmail

TahooTech – Ingat, selalu ganti password Gmail sobat secara rutin agar terhindar dari upaya peretasan dari pihak tak bertanggung jawab.

Gmail sejauh ini merupakan penyedia email paling sukses yang melayani seluruh dunia secara gratis dan sangat mudah digunakan. Mungkin akan sedikit susah bagi orang yang sering lupa kata sandi, karena terlalu ribet. Tapi, tenang saja ada langkah-langkah gampang ganti password Gmail agar tidak mudah lupa.

Secara teknis, Anda dapat menggunakan ruang sebanyak yang dinginkan di Gmail untuk menerima dan mengirim email. Karena setiap layanan penyedia email, Gmail juga perlu memasukkan email dan kata sandi Anda untuk mengakses akun.

Jika Anda lupa kata sandi untuk akun Gmail, maka dapat diasumsikan bahwa Anda tidak akan dapat masuk ke salah satu layanan yang disediakan oleh Google.

Meskipun begitu, akun Google sangat fleksibel dan Anda akan masuk ke layanan Google lainnya seperti YouTube, G+ Hangout, Google Drive, dan lain-lain secara otomatis jika Anda masuk ke akun Gmail.

Untungnya, jika Anda lupa kata sandi akun Gmail sendiri, Google masih mengetahuinya. Gmail sangat ramah kepada pengguna dan menyediakan banyak cara untuk mengingat kembali sandi Anda.

Sebelum melanjutkan dengan langkah-langkah untuk mengubah Kata Sandi Akun Gmail, Anda harus menyadari bahwa kata sandi baru juga berlaku untuk semua layanan Google lainnya seperti YouTube, Google Drive dan lain sebagainya.

Setelah Anda mengubah Kata Sandi di Gmail, Anda akan dapat mengakses semua layanan Google menggunakan kata sandi baru. Tidak perlu mengubah kata sandi untuk layanan Google lainnya.

Akun Gmail akan secara otomatis mengeluarkan Anda dari layanan Google di PC dan perangkat seluler. Karenanya, Anda akan diminta untuk masuk kembali di semua perangkat Anda.

Cara Ganti Password Gmail di Desktop

Ganti Password Gmail

  1. Saat Anda masuk ke Gmail di desktop Anda, klik ikon roda gigi di sudut kanan atas dan klik Pengaturan.
  2. Dari daftar opsi teratas, klik Akun dan Impor.
  3. Di sebelah Ubah pengaturan akun, pilih Ubah kata sandi.
  4. Gmail kemudian akan membuka jendela baru. Pertama, verifikasi itu dengan mengetikkan kata sandi Anda saat ini. Kemudian, klik Next.
  5. Masukkan kata sandi baru Anda di kedua bidang yang diperlukan. Perhatikan bahwa panjangnya minimal delapan karakter. Saat Anda memilih kata sandi baru, klik Ubah Kata Sandi. Akun Google Anda kemudian akan mengonfirmasi kata sandi Anda telah diubah.

Cara Ganti Password Gmail di Iphone

Ganti Password Gmail

  1. Buka aplikasi Gmail iPhone, ketuk tiga garis horizontal di sisi kiri atas layar dan gulir ke Pengaturan.
  2. Lalu, pilih akun Gmail yang ingin Anda sesuaikan.
  3. Di bawah Akun, pilih Kelola Akun Google Anda.
  4. Dari opsi di atas, gulir ke Keamanan.
  5. Di bawah Masuk ke Google, pilih Kata Sandi.
  6. Sama seperti di desktop, ketikkan kata sandi Anda saat ini dan klik Next.
  7. Selanjutnya, Anda akan diminta memasukkan kata sandi baru. Sama seperti di desktop, Anda akan diberi tahu setidaknya delapan karakter.
  8. Kemudian pilih Ubah Kata Sandi. Anda kemudian akan diperlihatkan layar konfirmasi bahwa kata sandi Anda berhasil diubah.

Atur Ulang Kata Sandi Gmail Menggunakan Email Pemulihan pada PC

Ganti Password Gmail

Gmail memiliki berbagai cara untuk mengonfirmasi identitas Anda sehingga dapat memastikan Anda adalah pemilik asli dan bukan seseorang yang hanya meretas akun Anda.

Google menggunakan wizard pemulihan kata sandi yang sangat sistematis yang menanyakan serangkaian pertanyaan kepada Anda untuk mengenali identitas Anda dan membiarkan Anda mengubah kata sandi.

Berikut ini cara mengatur ulang kata sandi Gmail dengan menggunakan email Pemulihan Anda. Ini hanya akan berfungsi jika Anda telah mengatur email pemulihan sebelum mengunci.

Jika Anda telah mengatur email pemulihan, gunakan saja langkah-langkah ini untuk mengatur ulang Kata Sandi Gmail .

  1. Buka gmail.com dan klik “Saya Lupa Kata Sandi”.
  2. Anda akan diminta memasukkan kata sandi sebelumnya yang dapat Anda ingat. Jika Anda dapat memasukkan kata sandi ini dengan benar, maka Gmail akan lebih mudah mengenali dan memberi Anda tugas yang lebih mudah untuk mengatur ulang kata sandi Anda. Jika Anda tidak mengingat kata sandi terakhir, Anda dapat meng-klik “Coba pertanyaan lain” sehingga Gmail dapat memberikan serangkaian pertanyaan berbeda untuk menyetel ulang kata sandi.
  3. Selanjutnya, Gmail akan mengirim kode keamanan di email pemulihan Anda yang harus Anda masukkan pada halaman yang diminta. Kode keamanan akan berisi 6 digit dan akan dikirim pada email yang Anda pilih sebagai email pemulihan saat mendaftar di Gmail.com
  4. Masukkan kode keamanan dan Gmail akan memberi Anda opsi untuk mengatur kata sandi baru untuk akun Anda.
  5. Gunakan kata sandi baru untuk masuk ke akun Gmail Anda dan ingatlah untuk menuliskan kata sandi baru di selembar kertas sehingga Anda tidak lupa lagi nanti.

Sekarang, jika Anda lupa email pemulihan Anda maka bagian ini tidak akan sangat membantu. Dalam hal ini Anda harus mencoba beberapa pertanyaan berbeda. Teruslah membaca untuk mencari tahu cara alternatif untuk mengatur ulang kata sandi Gmail.

Setel Ulang Kata Sandi Gmail dengan Menjawab Pertanyaan Keamanan

Ganti Password Gmail

Metode ini sangat berguna jika Anda lupa email pemulihan juga. Dalam hal ini, Anda harus menjawab pertanyaan keamanan yang telah Anda siapkan saat membuat akun Gmail untuk pertama kalinya.

Untuk mengatur ulang kata sandi Gmail, Anda harus menjawab setidaknya satu pertanyaan dengan benar sehingga Anda dapat melewati sesi keamanan dan mengatur ulang kata sandi.

  1. Klik “Saya ingin pertanyaan yang berbeda” dan tunggu sampai halaman dimuat.
  2. Pilih “Jawab Pertanyaan Keamanan” dan tekan berikutnya untuk melihat kuis pop.
  3. Anda akan diminta memasukkan jawaban pertanyaan keamanan Anda seperti “Apa nama gadis ibu Anda”, “Apa nomor Kartu Tanda Penduduk Anda”, “Apa nomor Surat Izin Mengemudi Anda”, “Apa hewan kesayangan Anda”, dan seterusnya. Ini sepenuhnya tergantung pada pertanyaan apa yang Anda jawab saat mendaftar.
  4. Jika Anda berhasil memasukkan jawaban, maka Gmail akan memberi Anda opsi untuk menyiapkan kata sandi baru yang dapat Anda gunakan untuk login lagi.

Menyetel ulang kata sandi Gmail bukan tugas mustahil jika Anda tahu apa yang harus dilakukan. Ingatlah untuk mengubah kata sandi Gmail Anda secara teratur untuk menghindari upaya peretasan pada akun Anda.

Disarankan agar Anda menyimpan kata sandi di lokasi yang aman dan nyaman sehingga Anda dapat mengambilnya setiap kali Anda lupa kata sandi. Misalnya ditulis di secarik kertas dan disimpan di lemari. Atau bisa saja menuliskannya di catatan telepon selular. Jika itu terlalu menyusahkan, Anda boleh menggunakan kata sandi yang mudah diingat.

Bagaimana Sobat TahooTech? Apakah informasi langkah-langkah gampang ganti password Gmail ini bisa berguna? Semoga bisa diaplikasikan ketika Anda memerlukannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like