Cara Deactive Akun Instagram dan Alasan Menonaktif

Melalui Instagram pengguna dapat berbagi foto dan video yang sangat menghibur dengan aneka fitur yang selalu dikembangkan.

Namun, seiring waktu berjalan bermain Instagram menjadi tak lagi menarik bagi sebagian orang, bahkan ada yang ingin menonaktifkan akunnya. Bagaimana cara deactive akun Instagram jika tak lagi diminati?.

Alasan Kenapa Pengguna Menonaktifkan Akun Instagram

Setiap orang memiliki alasan tertentu ketika memutuskan untuk menggunakan media sosial seperti Instagram. Begitu pula ketika ingin menonaktifkan akunnya, tentunya ada alasan-alasan dibaliknya. Apa saja diantaranya ?

1. Bosan

Cara Deactive Akun Instagram dan Alasan Menonaktif
greatmind.id

Rasa bosan menjadi alasan terkuat untuk menonaktifkan akun Instagram. Rutinitas yang itu itu saja, posting dan mengecek siapa yang memberi like atau berkomentar, kadang membuat pengguna Instagram berpikir untuk berhenti sementara.

2. Akun Diretas

Cara Deactive Akun Instagram dan Alasan Menonaktif
ekrut.com

Bermain Instagram tidak lepas dari kemungkinan bahaya hacker. Banyak terjadi akun-akun yang di hack atau diretas untuk kepentingan negatif dan berdampak buruk bagi si pemilik akun, akibatnya sang pemilik harus rela menonaktifkan akunnya.

3. Tidak Percaya Diri

Cara Deactive Akun Instagram dan Alasan Menonaktif
orami.co.id

Jumlah follower Instagram yang sedikit dapat menimbulkan rasa tidak percaya diri. Sehingga pemiliknya memutuskan untuk menghentikan sementara atau bahkan menutup akun Instagram.

4. Boros Kuota

Cara Deactive Akun Instagram dan Alasan Menonaktif
Investor.id

Bermain Instagram dan juga media sosial lainnya tentu membutuhkan internet tanpa henti. Pada beberapa situasi hal ini berdampak pada borosnya penggunaan kuota internet dan akibatnya ya tidak dapat menabung.

5. Buang Waktu

Cara Deactive Akun Instagram dan Alasan Menonaktif
idntimes.com

Kegiatan bermain di Instagram memang mengasyikan. Sejak bangun tidur hingga kembali menutup hari, para penggunanya sibuk dengan scroll up and down, memberikan like atau komentar.

Bagi orang-orang yang memiliki kesibukan, kegiatan ini dianggap buang-buang waktu dan sangat tidak bijaksana.

Beberapa hal diatas cukup untuk menjadi alasan kenapa seseorang ingin menutup atau menonaktifkan akunnya untuk sementara waktu. Lantas bagaimana caranya untuk menonaktifkan akun? berikut ini langkahnya:

Cara Deactive Akun Instagram

Cara Deactive Akun Instagram dan Alasan Menonaktif
Google Adsense Youtube

Sebelum menonaktifkan atau melakukan deactive pada akun Instagram, perlu diketahui perbedaan antara menonaktifkan dan menghapus akun.

Menonaktifkan akun artinya bersifat sementara dimana pengguna dapat mengaktifkan kembali akunnya pada waktu tertentu.

Sedangkan menghapus akun artinya pengguna akan menghapus akun secara permanen dan tidak dapat diaktifkan kembali.

Resiko yang harus ditanggung oleh pengguna ketika menghapus akun Instagram nya adalah, semua file dan dokumentasi berupa foto dan video yang tersimpan di dalam akun akan hilang dan tidak dapat dibuka kembali.

Karena itu sebaiknya berpikir dengan mantap sebelum memutuskan untuk menghapus akun. Jika masih ada keinginan untuk membuka akun kembali, sebaiknya pilih opsi deactive saja. Caranya adalah :

  • Masuk ke browser di PC atau HP, buka halaman Instagram.
  • Login dengan menggunakan akun Instagram.
  • Masuk ke menu profil, klik Edit Profil.
  • Cari di bagian kanan bawah pilihan : “Temporarily Disable My Account” artinya “Nonaktifkan Sementara Akun Saya”
  • Pilihlah sebuah alasan kenapa ingin menonaktifkan akun Instagram.
  • Masukan password kemudian klik pilihan “Temporarily Disable My Account”.
  • Akun sudah dinonaktifkan sementara.

Jika masih ingin menggunakan Instagram, akun tersebut dapat diaktifkan kembali. Caranya sangat mudah, hanya dengan login menggunakan username dan sandi yang biasa digunakan.

Setelah melakukan login maka akun sudah diaktifkan dan dapat digunakan seperti semula.

Jika ternyata pengguna kembali merasa bosan, bisa dapat melakukan proses deactive dengan cara yang sama namun harus menunggu selama 7 hari setelah akun diaktifkan kembali. Gunakan kesempatan tersebut dengan bijak.

Demikian ulasan tentang cara deactive akun instagram. Gunakan Instagram dan semua media sosial dengan ramah dan bijak agar lebih banyak energi positif yang disebar di dunia maya demi kenyamanan bersama.