Cara Cek Lokasi Hp Hilang Menggunakan Layanan Google

Kehilangan Hp tentu akan memunculkan rasa panik. Namun tidak perlu khawatir, sekarang dengan perkembangan teknologi, Hp yang hilang dapat dengan mudah diketahui lokasinya.

Salah satu cara cek lokasi Hp hilang yang termudah adalah dengan menggunakan layanan dari Google. Langkah yang bisa dilakukan untuk mencari lokasi Hp yang hilang adalah sebagai berikut ini:

1. Find My Device

Cara Cek Lokasi Hp Hilang Menggunakan Layanan Google
cnnindonesia.com

Find My Device merupakan layanan dari Google untuk melacak lokasi Hp maupun perangkat lain yang hilang. Layanan Google ini tidak perlu dipasang pada Hp.

Untuk menggunakannya, Hp hanya harus terhubung ke internet dan akun Google. Berikut ini cara menemukan lokasi Hp yang hilang menggunakan Find My Device:

  • Buka Find My Device lewat mesin pencari atau melalui laman find.
  • Masuk ke akun Google yang terhubung dengan Hp yang hilang.
  • Jika akun Google tersebut terhubung di beberapa Hp, pilih merek Hp yang hilang saja.
  • Setelah berhasil masuk, informasi mengenai lokasi Hp yang hilang akan dimunculkan pada Google Maps.

Pada Find My Device juga disertai dengan beberapa fitur lain yaitu Play Sound, Secure Device, dan Eraser Device. Jika tidak memiliki laptop, Hp orang lain dapat digunakan untuk melacak lokasinya.

Karena selain melalui mesin pencari, aplikasi Find My Device dapat dipasang pada Hp. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Play Store.

Fitur peta kecil ditambahkan pada halaman pencarian Google jika melakukan sejumlah pencarian lokasi secara spesifik. Ini dapat membantu pencarian lokasi Hp yang hilang lebih cepat.

Untuk menggunakannya, pengguna dapat mencari “Dimana lokasi Hp saya?” atau semacamnya pada mesin pencarian. Setelah itu Google akan menampilkan peta lokasi tempat Hp tersebut berada.

2. Google Maps Timeline

Cara Cek Lokasi Hp Hilang Menggunakan Layanan Google
TapSmart.com

Google Maps Timeline ini sebenarnya tidak berfokus untuk melacak lokasi Hp yang hilang. Sebagai gantinya, data riwayat lokasi dapat digunakan untuk mencari rute perjalanan sebelumnya.

Data riwayat lokasi ini dapat mengidentifikasi lokasi Hp yang terakhir direkam. Artinya, meskipun Hp dimatikan atau baterainya habis, Hp yang hilang masih dapat ditemukan lokasinya.

Seperti sebelumnya, Hp yang hilang (sebelum dimatikan) harus terhubung ke internet dan akun Google. Selain itu Location Reporting dan Location History juga perlu diaktifkan melalui pengaturan Hp.

Cara cek lokasi Hp hilang menggunakan Google Maps Timeline adalah sebagai berikut:

  • Buka Google Maps pada Hp lain.
  • Masuk ke akun Google yang terhubung dengan Hp yang hilang.
  • Setelah masuk, sentuh gambar profil akun Google di bagian atas.
  • Pada menu baru yang ditampilkan, pilih “Your Timeline“.
  • Selanjutnya akan ditampilkan informasi lokasi mana yang telah dikunjungi Hp yang hilang tersebut.
  • Untuk menemukan hari atau bulan lain, sentuh “Today” pada bagian atas.  Geser ke kiri atau kanan pada kalender, lalu ketuk hari yang diinginkan.
  • Menu yang ada di atasnya juga dapat mencari “Trips, Insight, Places, Cities, World” yang telah dikunjungi dengan membawa Hp yang hilang.

Selain melalui aplikasi Google Maps, layanan ini juga dapat dibuka melalui laman resminya. Pada bagian sebelah kiri, akan ditampilkan informasi riwayat lokasi lengkap pada hari itu, termasuk nama semua lokasi yang direkam. Sementara pada sebelah kanan, semua lokasi tersebut ditampilkan pada peta.

3. Google Photos

Cara Cek Lokasi Hp Hilang Menggunakan Layanan Google
liputan6.com

Jika Hp hilang karena dicuri, lokasi Hp yang hilang dapat ditemukan melalui fitur “Backup & Sync” dari Google Photos.

Gambar dan lokasi pengambilan gambar akan terunggah di Google Photos. Sehingga semisal pencuri menggunakan fitur kamera pada Hp, maka gambar yang telah diambil otomatis akan terunggah di Google Photos.

Seperti cara-cara sebelumnya, Hp harus terhubung pada koneksi internet dan sudah mengaktifkan “Backup & Sync“.

Perlu perhatikan juga bahwa cara ini dapat dilakukan hanya apabila pencuri mengambil gambar dengan kamera Hp yang dicuri. Berikut ini cara mengetahui lokasi Hp hilang menggunakan Google Photos:

  • Kunjungi laman https://photos.google.com/.
  • Masuk ke akun Google yang digunakan pada Hp yang hilang.
  • Periksa apakah ada gambar baru yang diambil setelah Hp hilang.
  • Jika ditemukan, klik pada gambar tersebut.
  • Lalu klik bagian info pada di sebelah kanan bagian atas.
  • Terakhir akan muncul informasi gambar termasuk lokasi pengambilan gambarnya.

Cara ini juga dapat digunakan melalui aplikasi di Hp. Biasanya Google Photos sudah terpasang otomatis pada Hp. Jika belum terpasang, aplikasi ini dapat diunduh melalui Play Store.


Itulah cara cek lokasi Hp hilang menggunakan layanan Google. Semua caranya dapat dilakukan melalui laptop atau Hp milik orang lain.

Dengan beberapa layanan Google tersebut, Hp yang hilang, mati, atau dicuri dapat ditemukan dengan cepat dan mudah.