Cara Cek Frekuensi Jaringan 4G Di Hp

Jika ingin membeli Hp keluaran terbaru terlebih dulu pengguna harus mengecek frekuensi jaringan yang di support oleh Hp tersebut.

Setiap daerah memiliki cover jaringan yang berbeda-beda. Lalu adakah  cara cek frekuensi jaringan 4G di Hp? Mengingat sekarang ini perkembangan teknologi semakin maju, perihal jaringan juga tidak ketinggalan.

Sebelum adanya jaringan 4G, 3G sudah dianggap sangat cepat dalam mengakses internet. Terlebih lagi sekarang ini sudah ada jaringan 4G sangat rugi jika dilewatkan.

Berikut ini kelebihan jaringan 4G dibandingkan jaringan di bawahnya dan wajib diketahui pengguna.

Kelebihan Jaringan 4G

Jaringan 4G memberikan layanan akses internet dengan kecepatan hingga 1GB/detik. Namun tidak semua jenis Hp menyediakan fitur 4G.

Pengguna perlu membeli Hp dengan spesifikasi tinggi jika ingin menikmati layanan ini. Namun tidak perlu diragukan lagi, dengan menggunakan jaringan 4G semua dapat diakses dengan mudah.

Misalnya menonton video YouTube dengan kualitas HD, bermain game tanpa lag, dan memiliki kecepatan downlink hingga 300 Mbps.

Selain itu jaringan 4G juga dapat meminimalisir terjadinya gangguan sehingga jaringan akan terus stabil. Inilah cara cek frekuensi yang bisa dilakukan di HP.

Cara Cek Frekuensi Jaringan 4G Di Hp

Cara Cek Frekuensi Jaringan 4G Di Hp

Sebelum masuk ke cara cek frekuensi jaringan 4G di Hp terlebih dahulu pastikan bahwa Hp yang digunakan mendukung layanan 4G.

Selanjutnya cek paket data yang ada didalamnya. Terakhir yang wajib dipastikan adalah cover jaringan yang tersedia di daerah lokasi tempat tinggal.

1. Masuk Ke Situs

Cara Cek Frekuensi Jaringan 4G Di Hp

Pertama, kunjungilah situs willmyphonework.net. Situs tersebut dapat membantu mencari jenis Hp yang cocok digunakan sesuai dengan negara yang dipilih. Sederhananya pengguna dapat mengecek frekuensi jaringan yang tersedia di Hp dengan operator.

2. Pilih Brand

Cara Cek Frekuensi Jaringan 4G Di Hp

Setelah membuka situs, selanjutnya akan diarahkan ke halaman drop down menu. Halaman tersebut menampilkan banyak pilihan brand Hp, sebelumnya cek terlebih dahulu kelebihan yang dimiliki, terutama pada bagian frekuensi jaringan. Hp spesifikasi tinggi akan menawarkan banyak layanan dan fitur yang lebih lengkap.

3. Pilih Negara

Cara Cek Frekuensi Jaringan 4G Di Hp

Langkah selanjutnya yaitu pilih negara. Cari nama negara Indonesia lalu cek apakah sudah sesuai dengan Hp yang dibeli atau belum.

Jangan asal memilih Hp tanpa mengetahui frekuensi jaringan yang dimiliki. Jika sudah sesuai cek juga cover jaringan yang dimiliki di daerah tempat tinggal, itu juga perlu untuk dilakukan.

4. Pilih Jenis Operator

Cara Cek Frekuensi Jaringan 4G Di Hp

Setelah memilih negara tunggu beberapa saat hingga menu drop down menampilkan pilihan operatornya. Pengguna dapat menyesuaikan dengan pilihan operator yang tersedia.

Mulai dari Telkomsel, XL, Indosat, Tri dan Smartfren. Apabila daerah tempat tinggal cocok dengan kartu Telkomsel maka pengguna cukup mengklik opsi tersebut.

5. Klik Tombol Search

Cara Cek Frekuensi Jaringan 4G Di Hp

Setelah memilih jenis operator yang digunakan, langkah selanjutnya adalah mengklik tombol search. Tunggu beberapa saat lalu akan muncul list jaringan yang disediakan operator.

Langkah ini bertujuan agar pengguna mengetahui apakah jaringan yang disediakan operator sesuai dengan frekuensi yang tersedia pada Hp. Selain jaringan 4G pengguna juga dapat melihat kompatibilitas jaringan 3G dan 2G.


Itulah tadi cara cek frekuensi jaringan 4G di hp yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Cara yang diberikan hanya untuk dilakukan ketika ingin membeli  Hp baru.

Namun, jika ingin mengecek frekuensi jaringan pada Hp yang sudah ada, pengguna cukup mengunduh aplikasi Network Cell Info Lite pada Play store.