Cara Cek Battery Health iPhone

Banyak pengguna iPhone yang sering mengeluhkan mengenai performa gadgetnya yang mengalami penurunan. Salah satu keluhan yang paling sering dihadapi yaitu kesehatan baterai.

iPhone yang kesehatan baterainya sudah menurun ditandai dengan daya pada baterai cepat habis bahkan mati secara mendadak.

Lalu, bagaimana cara cek battery health iPhone dan apa saja penyebab kesehatan baterai iPhone menurun, berikut penjelasannya:

Penyebab Kesehatan Baterai iPhone Menurun

Cara Cek Battery Health iPhone
makemac.grid.id

Secara umum, penurunan kesehatan baterai pada iPhone tergantung pada lama waktu penggunaan. Semakin lama digunakan maka kapasitas baterai akan berkurang.

Apple selaku produsen iPhone telah memberitahukan bahwa kesehatan baterai iPhone akan mengalami penurunan pada angka 80% setiap 500 kali siklus pengisian daya.

Oleh karena itu, semakin sering iPhone digunakan dan melakukan pengisian daya, maka kesehatan baterai semakin cepat menurun.

Selain itu kesalahan dalam penggunaan juga mempengaruhi performa baterai cepat menurun, seperti:

  • Penggunaan charger yang tidak original.
  • Sering mengisi daya baterai ketika daya di bawah 20% atau sudah hampir habis.
  • Menggunakan ketika sedang dalam pengisian daya.
  • Kecerahan layar terlalu tinggi.
  • iOS belum diupdate ke versi terbaru.
  • iPhone sering panas.

Cara Cek Battery Health iPhone

Cara Cek Battery Health iPhone
liputan6.com

Baterai pada iPhone dapat dikatakan masih normal apabila dalam persentase 80%-100%. Akan tetapi jika sudah 70% kebawah, akan muncul notifikasi pada manajemen kinerja dan disarankan untuk melakukan penggantian baterai.

Berikut cara cek battery health iPhone

  • Dari layar utama iPhone, buka menu pengaturan. Biasanya terdapat pada halaman pertama aplikasi.
  • Pada menu pengaturan, scroll ke bawah pilih menu baterai.
  • Pada menu tersebut, Anda dapat mengetahui grafik aktivitas penggunaan daya baterai selama 24 jam dan juga histori penggunaan daya baterai selama 6 hari yang lalu.
  • Informasi mengenai kesehatan baterai pilih “kesehatan baterai” yang berada di atas grafik. Dari menu tersebut Anda dapat mengetahui kapasitas maksimum pada baterai iPhone tersebut.

Cara Mempertahankan Kesehatan Baterai iPhone

Cara Cek Battery Health iPhone
selular.id

Anda dapat mempertahankan kesehatan baterai agar tetap awet meskipun memakainya setiap hari. Berikut ini beberapa langkah kecil yang bisa diterapkan agar kesehatan baterai tidak cepat menurun:

1. Menurunkan Kecerahan Layar

Cara ini adalah yang paling sederhana dan efektif dalam mempertahankan kesehatan baterai.

Dengan mempertahankan layar dalam kondisi kecerahan  yang rendah, tentu akan menjadikan daya baterai tidak mudah terkuras agar baterai bisa digunakan lebih lama dan lebih awet.

2. Menggunakan WiFI

Penggunaan data seluler membutuhkan daya yang cukup besar dalam melakukan pencarian sinyal. Jadi, gunakan WiFi sebisa mungkin guna menghemat penggunaan daya baterai.

3. Mengaktifkan Pengisian Daya Optimal

Aktifkan fitur pengisian Daya Optimal yang terdapat pada bagian kesehatan baterai. Perlu diingat pula untuk tinggal menggunakan iPhone ketika dayanya sedang diisi. Hal ini bertujuan agar baterainya segera penuh.

4. Selalu Mengupdate iOS

iOS biasanya berisi peningkatan penggunaan baterai untuk setiap versi terbaru yang dikeluarkan, sehingga hal ini cukup membantu dalam mempertahankan kesehatan baterai. Pastikan pengguna selalu mengupdate iOS begitu muncul pemberitahuan update.

5. Nonaktifkan Notifikasi yang Tidak Diperlukan

Ponsel akan selalu menyala apabila ada notifikasi yang masuk. Untuk itu, guna mengoptimalkan kesehatan baterai, Anda dapat mematikan notifikasi yang dianggap tidak penting.

6. Mengaktifkan Mode Daya Rendah

Saat daya baterai hampir habis, pastikan untuk menyalakan mode daya rendah. iPhone biasanya memberitahukan apakah Anda akan mengaktifkan mode tersebut atau tidak ketika daya baterai hampir habis.


Itulah beberapa ulasan mengenai penyebab kesehatan baterai menurun dan cara cek battery health iPhone. Apabila kesehatan baterai iPhone sudah buruk, sebaiknya untuk melakukan penggantian baterai.

Pastikan melakukan penggantian dengan baterai original agar awet dan selalu dalam performa yang terbaik.

You May Also Like