Cara Aktivasi Microsoft Office dengan Mudah

TahooTech – Bagaimana sih cara aktivasi Microsoft Office yang benar? Berikut Mimin jelaskan secara singkat dan padat. 

Untuk membuat pekerjaan semakin mudah, tentunya sobat TahooTech perlu memiliki aplikasi yang mumpuni.

Salah satu aplikasi yang mampu menunjang itu adalah Aplikasi Office. Maka dari itu, sebaiknya Anda perlu mengetahui cara aktivasi Office dengan mudah.

Perangkat lunak Office telah menjadi salah satu produk Microsoft yang paling banyak digunakan, dan sekarang menjadi tulang punggung dari berbagai kegiatan yang dilakukan di komputer atau laptop.

Microsoft Office 2019 sekarang sudah tersedia, dan hadir dengan beberapa fitur baru dan keamanan yang ditingkatkan.

Sebagian besar orang memang pindah ke Office 365, yang merupakan produk berlangganan berbasis Cloud. Kunci aktivasi dikaitkan dengan akun email Anda, dan Anda harus memperbarui langganan jika diminta.

Tetapi, jika Anda masih belum siap untuk Cloud dan lebih suka lisensi seumur hidup daripada berlangganan, Office 2019 adalah jalan keluar untuk Anda. Berikut ini adalah informasi cara aktivasi Office dengan mudah.

Cara Aktivasi Microsoft Office

Cara Aktivasi Microsoft Office

Tidak yakin tentang versi atau status aktivasi salinan Microsoft Office Anda? Langkah-langkah ini bisa menjawab ketidakpastian Anda.

  1. Buka aplikasi Office apa pun (Word, Excel, PowerPoint, dll)
  2. Buka File> Akun

Status aktivasi program terlihat tepat di bawah tajuk Informasi Produk. Jika tertulis Produk Diaktifkan, itu berarti Anda memiliki salinan Microsoft Office yang dilisensikan secara sah.

Tapi, kotak berwarna kuning yang bertuliskan Dibutuhkan Aktivasi Produk menandakan bahwa Anda perlu mengaktifkan salinan Microsoft Office Anda.

Cara Melihat Aktivasi Dengan CMD

Cara Aktivasi Microsoft Office

Metode lain untuk memeriksa status aktivasi akan menggunakan CMD. Ikuti langkah-langkah ini untuk memeriksa status aktivasi menggunakan CMD.

  1. Temukan folder instalasi Microsoft Office (mis., C: \ Program Files (x86) \ Microsoft Office \ Office16).
  2. Buka jendela perintah baru.
  3. Masukkan CD <jalur instalasi kantor> (dari langkah 1).
  4. Sekarang jalankan cscript ospp.vbs / dstatus.

Setelah menjalankan skrip ini, Anda akan dapat melihat status lisensi saat ini. Selain itu, Anda bahkan dapat melihat tanggal kadaluwarsa. Lima karakter terakhir dari kunci produk Anda dan detail serupa lainnya.

Cara Melihat Aktivasi Dengan Salinan Office

Cara Aktivasi Microsoft Office
support.microsoft.com

Berikut metode lain yang bisa dicoba. Metode ini sebagian besar berlaku untuk Office 2019/2016. Sebelum mengetahui langkah-langkahnya, asumsikanlah bahwa Anda memiliki salinan Microsoft Office yang tidak berlisensi diinstal pada komputer Anda.

1. Masuk ke Office Menggunakan Akun Microsoft

Jika Anda telah membeli lisensi atau menginstal ulang Office di komputer baru, Anda tidak perlu kunci produk apa pun. Alih-alih, yang perlu Anda lakukan adalah masuk menggunakan Akun Microsoft yang sama dengan yang Anda gunakan untuk membeli lisensi.

Office akan secara otomatis mengambil lisensi yang memenuhi syarat dari akun Anda. Jika Anda memiliki beberapa lisensi Office yang dikaitkan dengan akun Anda, Office akan mendaftar semuanya, dan Anda dapat memilih lisensi yang ingin Anda gunakan untuk aktivasi.

Ini adalah cara yang lebih sederhana dan aman untuk mengaktifkan salinan Office Anda. Dengan mengikuti ini, Anda tidak perlu menyimpan kunci produk di suatu tempat.

2. Buka aplikasi Office apa pun (Word, Excel, dll.)

Akan muncul tulisan yang meminta Anda untuk masuk, klik tombol Masuk. Atau Anda dapat pergi ke File> Akun> Aktivasi Produk.

Masukkan kredensial untuk akun yang memiliki lisensi Office yang terikat padanya. Pilih salah satu lisensi yang ditampilkan dalam daftar. Ini hanya berlaku jika Anda memiliki banyak lisensi.

3. Aktifkan Office menggunakan Kunci Produk

Jika Anda membeli Lisensi Office dari toko fisik atau online, Anda akan menerimanya dalam bentuk kunci produk. Office dapat langsung diaktifkan oleh kunci produk. Tetapi, sebaiknya Anda menautkan kunci produk dengan akun Anda terlebih dahulu dan kemudian Masuk dengan akun yang sama. Untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini. Pastikan sebelumnya Anda sudah menyiapkan kunci produk.

Buka office.com/setup. Masuk menggunakan akun Microsoft Anda. Sekarang masukkan kunci produk dengan panjang 25 karakter . Pilih negara dan bahasa Anda. Klik Selanjutnya.

Setelah ini, Anda akan diarahkan ke Halaman Layanan dan Langganan Microsoft. Temukan produk yang baru saja Anda aktifkan dan klik Instal Sekarang untuk mengunduh pengaturan. Jalankan pengaturan untuk menginstal Office di komputer Anda. Saat diminta, Masuk menggunakan Akun Microsoft yang sama.

4. Aktifkan menggunakan Office Activation Wizard

Ketika salinan Office telah habis masa percobaan atau tidak diaktifkan, pengguna diminta dengan Wisaya Aktivasi. Atau jika Anda telah mengubah beberapa perangkat keras di komputer Anda, Anda akan masuk ke masalah aktivasi yang dapat diatasi menggunakan Wisaya Aktivasi.

Wisaya Aktivasi sangat membantu, dan semua instruksi disebutkan dalam kotak dialog itu sendiri. Jika Anda ingin mengaktifkan Office melalui internet, lalu pilih Saya ingin mengaktifkan perangkat lunak melalui Internet, lalu pilih Berikutnya.

Atau Anda dapat memilih opsi telepon jika Anda ingin menghubungi Dukungan Microsoft dan mengaktifkan produk melalui telepon. Jika Anda tidak dapat mengaktifkan produk Anda, yang terbaik adalah menghubungi Dukungan Microsoft mengenai hal ini.

Cara Aktivasi Office Menggunakan Mac

Cara Aktivasi Microsoft Office
support.microsoft.com

Mac berjalan sedikit berbeda dari PC biasa. Mungkin ada beberapa kebingungan yang terjadi jika Anda tidak terbiasa dengan cara kerja Mac. Berikut beberapa petunjuk tentang cara mengaktifkan Microsoft Office untuk Mac.

  1. Sebelum dapat mengaktifkan Office di Mac Anda, Anda harus memastikan bahwa telah menginstal perangkat lunak Office. Jika sudah melakukan ini, Anda sudah selangkah lebih maju. Anda cukup mengklik ikon “Launchpad” yang ada di Dock Anda untuk menampilkan semua aplikasi .
  2. Klik aplikasi Office apa saja (Microsoft Word, Excel, dll.) Untuk memulai proses aktivasi. Anda mungkin harus sedikit gulir ke bawah untuk menemukan salah satu aplikasi ini.
  3. Setelah Anda melakukan ini, jendela “Apa yang Baru” akan terbuka. Anda kemudian dapat mengklik “Memulai” dan melanjutkan ke proses masuk.
  4. Masukkan alamat email Anda yang dikaitkan dengan akun Office untuk Mac Anda lalu klik “Next”.
  5. Anda kemudian akan diminta untuk memasukkan kata sandi yang terkait dengan alamat email yang Anda masukkan pada langkah sebelumnya. Kemudian klik “Masuk”.
  6. Sistem akan memeriksa apakah Anda memiliki lisensi yang valid, sebelum mengaktifkan produk Anda.
  7. Setelah produk Anda diaktifkan, Anda selesai! Anda dapat mengklik “Mulai Menggunakan” untuk mulai menggunakan aplikasi yang telah Anda buka.

Catatan:

  • Mengenai Langkah 3: Jika Anda tidak melihat kotak “Apa yang Baru”, Anda mungkin perlu mengaktifkan Office untuk Mac dari dalam aplikasi itu sendiri.
  • Mengenai Langkah 4: Email yang dimasukkan dapat digunakan untuk Akun Microsoft Anda atau akun Office for Business Anda.
  • Mengenai Langkah 5: Layar “masukkan kata sandi” ini dapat bervariasi tergantung pada penyedia email.
  • Mengenai Langkah 6: Jika Anda memiliki banyak lisensi, Anda harus memastikan telah mengikuti langkah-langkah di bagian berjudul “Aktifkan dengan beberapa lisensi” yang dapat ditemukan di sini.
  • Mengenai Langkah 7: Setelah Anda mengaktifkan Office untuk Mac, Anda dapat menambahkan aplikasi Office Anda ke dock untuk memudahkan akses dan memulai.

Proses aktivasi Microsoft Office sangat sederhana dan aman. Pastikan sobat TahooTech mengikuti instruksi yang tepat sesuai situasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like