7 Aplikasi Screenshot PC dan Laptop Terbaik Saat ini

Aplikasi tangkap layar rekomendasi, layak coba deh.

TahooTech – Ketika ingin mengabadikan sesuatu di layar PC atau laptop, menggunakan bantuan aplikasi screenshot PC mungkin adalah salah satu pilihan yang tepat.

Sebenarnya setiap PC atau Laptop sudah memiliki aplikasi khusus untuk mengambil screenshot yakni Snipping Tool. Aplikasi bawaan ini sebenarnya sudah memiliki berbagai fitur yang memadai.

Namun, masih ada berbagai macam aplikasi yang bisa sobat gunakan untuk screenshot di PC dan laptop. Beberapa aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika sobat TahooTech membutuhkan aplikasi tersebut, berikut kami hadirkan beberapa rekomendasi aplikasi screenshot PC dan Laptop terbaik yang bisa sobat gunakan.

Rekomendasi Aplikasi Screenshot PC dan Laptop Terbaik

Aplikasi yang akan dibagikan memberikan kemudahan bagi sobat untuk melakukan screenshot atau tangkapan layar baik itu digunakan untuk membuat tutorial ataupun untuk keperluan lainnya.

1. Snipping Tools — Windows

Aplikasi pertama yang kami bagikan adalah Snipping Tools yang mungkin sudah tidak asing sobat dengarkan. Aplikasi yang satu ini adalah aplikasi bawaan dari Windows yang tersedia di Windows 7, 8, dan 10.

Untuk mengambil screenshot menggunakan aplikasi ini sobat hanya perlu melakukan beberapa langkah. Pertama silahkan pilih opsi New, seleksi area yang ingin sobat screenshot, dan klik Save.

Kekurangan yang dimiliki aplikasi ini adalah tidak tersedianya tombol Hotkey (tombol keyboard untuk melakukan screenshot) yang membuat sobat tidak bisa mengambil screenshot dengan cara praktis dan cepat, sehingga tidak bisa melakukan screenshot dengan cepat. Sobat harus melakukan pengaturan terlebih dahulu, untuk bisa melakukannya.

Kekurangan berikutnya adalah ketersedian fitur yang terbatas. Snipping Tools hanya menyediakan fitur garis sederhana dan Highlight, sobat tidak bisa menambahkan teks dan opsi croping dan efek blur.

Baca juga: 6 Cara Mempercepat Kinerja Laptop, Anti Lemot Club

2. Lightshot

Aplikasi Screenshot PC

Berikutnya ada Lightshot yang merupakan salah satu aplikasi screenshot paling ringan dan sederhana di dunia. Ukuran file dari aplikasi ini kurang dari 5 MB dan sobat sudah bisa menggunakannya untuk screenshot.

Jika sobat suka dengan cara yang cepat, maka Lightshot adalah aplikasi yang tepat. Aplikasi ini tidak disertai dengan tampilan antarmuka, saat ingin mengambil screenshot layar sobat tinggal menekan tombol Prntscr atau melalui system Tray.

Berikutnya sobat tinggal seleksi bagian yang ingin di screenshot. Setelah itu, sobat tinggal edit dan tambahkan beberapa aksesoris sesuai keinginan seperti teks, arrow, dan frame.

Setelah selesai, sobat tinggal menyimpannya atau mengunggah ke server Lightshot. Silahkan download aplikasi ini melalui tautan.

Download Lightshot untuk Windows | Download Lightshot untuk Mac

3. Jing TechSmith

Aplikasi Screenshot PC

Aplikasi screenshot PC dan Laptop berikutnya adalah Jing yang sangat cocok bagi sobat yang tidak suka bertele-tele yang suka dengan sesuatu hal yang simpel.

Aplikasi ini dikembangkan oleh salah satu perusahaan yang tidak asing lagi namanya yakni TechSmith. Mode capture yang dimiliki aplikasi ini hanya ada satu macam saja yaitu Region. Namun, aplikasi ini tetap bisa mengambil screenshot foto dan video.

Yang membuat aplikasi ini menjadi unik adalah kehadiran bubble dengan warna orange yang terletak pada bagian sisi kanan PC atau laptop. Dengan aplikasi ini sobat bisa mengambil screenshot, mengakses History dan Settings dengan cepat.

Setelah memilih bagian yang akan diambil screenshot-nya, sobat takan diarahkan ke panel editor Jing yang sederhana. Disini sobat bisa menambahkan teks, frame, dan arrow. Jika ingin mencoba aplikasi ini, silahkan download melalui tautan.

Download Jing TechSmith Windows | Download Jing TechSmith Mac

4. Skitch

Aplikasi Screenshot PC

Skitch juga menjadi salah satu aplikasi screenshot PC dan laptop terbaik menurut kami untuk mengambil screenshot foto atau video.

Aplikasi ini bahkan dulu sangat populer sebelum kehadirannya tidak lagi mendukung pada Windows untuk versi terbarunya.

Versi terbaru dari aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh pengguna Mac OS X. Khusus untuk pengguna Windows hanya bisa menggunakan aplikasi ini hingga versi 2.8 yang dirilis pada November 2016.

Namun, aplikasi screenshot yang dikembangkan oleh Evernote ini sangat menarik. Terdapat tiga mode yang dihadirkan yakni, Region, Full Screen, dan Blank.

Setelah pengambilan screenshot, penggunakan akan diarahkan pada jendela editor yang menyediakan berbagai tools yang memadai untuk melakukan pengeditan, seperti highlight, arrow, frame, teks, dan lain-lain.

Sementara dari segi efek, Skitch mendukung fitur cropping dan bluring. Untuk yang ingin menggunakannya, silahkan download melalui tautan.

Download Skitch Windows | Download Skitch Mac

5. PicPick — Windows

Aplikasi Screenshot PC

Aplikasi screenshot yang bisa digunakan di PC dan laptop adalah PicPick. Aplikasi ini memiliki tools yang sangat lengkap untuk mendukung pengambilan screenshot layar.

Mode penyeleksian yang dimilikinya sangat beragam. Misalnya, Window Control, Scrolling Window, Fixed Region, dan lain-lain.

Tools yang disediakan aplikasi PicPick diantaranya Arrow, beberapa bentuk bangunan, dan Highlight.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga tersedia dalam 40 bahasa dan mengadopsi beberapa efek yang menyerupai Adobe Photoshop seperti Invert, GrayScale, Pixelate, Frame, Blur, Watermark, dan banyak lagi.

Selain menyimpan hasil screenshot di laptop sobat juga bisa membagikan langsung ke sosial media seperti Facebook, Twitter, Skype, email, atau mengunggahnya ke Imgur. Silahkan download aplikasi ini melalui tautan.

Download PicPick Windows.

6. FastStone Capture

FastStone Capture juga menurut kami adalah salah satu yang terbaik. Aplikasi ini kami menjadi aplikasi yang saat ini penulis gunakan untuk mengambil screenshot layar.

Aplikasi ini cukup minimalis kaena menyembunyikan sejumlah besar alat dan opsi pada antarmuka kecil yang dimilikinya.

FastStone Capture memiliki beberapa pilihan screenshot yakni layar penuh, jendela aktif, wilayah persegi panjang, area terpilih yang dipilih secara bebas, bahkan jendela geser.

Sobat juga bisa melakukan editing pada hasil screenshot karena tersedia editor yang cukup lengkap dan mudah digunakan. FastStone Capture juga mendukung berbagai format seperti TIFF, JPEG dan PNG, dan lainnya. Untuk yang ingin mendownload aplikasi ini silahkan klik tautan.

Download FastStone Capture

7. ShareX

Aplikasi Screenshot PC

Rekomendasi kami yang terakhir adalah ShareX. Jika dilihat sekilas tampilan antarmuka yang dimilikinya cukup simpel dan elegan. Namun, ternyata fungsinya bisa diadu dengan aplikasi screenshot lainnya.

Aplikasi ini memiliki kelebihan dengan hadirnya mode Text Capture yang membuat sobat bisa screenshot teks dan konversi menjadi teks yang bisa disalin. Selain itu, ada pilihan Show cursor yang bisa sobat pilih agar kursor tidak hilang pada saat melakukan screenshot.

ShareX merupakan salah satu aplikasi screenshot terlengkap yang ada saat ini dengan ukuran kurang dari 15 MB. Jika berminat menggunakannya silahkan download langsung melalui tautan.

Download ShareX untuk Windows


Itulah beberapa aplikasi screenshot PC yang kami rekomendasikan untuk sobat TahooTech coba gunakan di PC atau Laptop.

Dari semua aplikasi di atas semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sobat tinggal mencari mana aplikasi yang paling mudah digunakan, paling praktis, dan lengkap fiturnya.

Jika ditanyakan mana yang terbaik? untuk saat ini FastStone Capture yang menjadi pilihan penulis. Aplikasi ini sangat mudah digunakan karena bisa mengambil berbagai macam screenshot dan bisa diedit sesuka hati dengan tampilan antarmuka yang mudah digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like